Comscore Tracker

10 Potret Terbaru Pesona Gunung Rinjani, Surganya para Pendaki!

Ada danau dan pemandian air hangatnya!

Menghitung keindahan yang dimiliki Indonesia memang tak ada habisnya. Salah satu keindahan itu adalah Gunung Rinjani yang memiliki pesona yang memikat.

Sebagai destinasi wisata alam, keindahan Gunung Rinjani memang telah lama menjadi daya tarik yang tidak terelakkan bagi para wisatawan baik bagi mereka yang merupakan pendaki gunung maupun mereka yang awam perihal pendakian berbondong-bondong datang untuk menyaksikan langsung keindahan luar biasa yang dimiliki gunung yang dijuluki surganya para pendaki ini. 

Oleh sebab itu, tak mengherankan jika Gunung Rinjani menjadi tujuan favorit dan dicari-cari oleh para wisatawan. Terbukti dengan banyaknya para wisatawan dari dalam negeri hingga luar negeri, pendaki pemula maupun yang sudah mahir, tertarik untuk menaklukkan gunung yang masuk dalam 10 besar gunung tertinggi di Indonesia ini. Gunung Rinjani berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Gunung dengan ketinggian 3726 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). 

Dulu, terdapat dua jalur resmi yang umumnya digunakan wisatawan yaitu jalur Sembalun (Lombok Timur) dan Senaru (Lombok Utara). Namun kemudian jalur resmi telah berkembang dan menjadikan Gunung Rinjani semakin mudah diakses melalui segala penjuru Pulau Lombok dengan banyaknya pintu masuk untuk mencapai Gunung Rinjani. Kini total terdapat 6 pintu masuk resmi menuju Gunung Rinjani yaitu Sembalun (Lombok Timur), Senaru (Lombok Utara), Torean (Lombok Utara), Timbanuh (Lombok Timur), Aik Berik (Lombok Tengah), dan Tete Batu (Lombok Timur). 

Pendaftaran Pendakian Gunung Rinjani dilakukan secara online memilih salah satu jalur yang diinginkan pengunjung. Registrasi atau booking online dapat dilakukan melalui aplikasi eRinjani yang dapat diunduh di Playstore. Syarat registrasi bagi pengunjung di antaranya yaitu menunjukkan identitas diri, berupa KTP (Bagi WNI) dan Passport/KITAS (Bagi WNA), serta membawa surat keterangan sehat. Namun di masa pandemi covid-19 ini, syarat pendakian untuk wisatawan mancanegara wajib melakukan swab, sedangkan untuk wisatawan luar daerah menggunakan rapid test dan untuk wisatawan lokal menggunakan surat keterangan sehat. 

Mendaki Gunung Rinjani melalui pintu masuk manapun tentu saja masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda serta menawarkan suasana dan pesona yang berbeda pula. Yang sama adalah keindahannya yang mampu mengundang decak kagum bagi mereka yang berhasil menyaksikannya secara langsung.

Beberapa pemandangan memanjakan mata yang akan ditemui yaitu padang savana di Sembalun, Puncak Rinjani, Danau Segara Anak bersama Gunung Baru Jari, Air Terjun Penimbungan di jalur Torean dan masih banyak lagi. Seperti apa kilas gambaran pesona keindahan Gunung Rinjani? Berikut jawabannya!

1. Mendaki Gunung Rinjani via Sembalun cocok untuk pemula dengan panorama padang savana yang tak ada habisnya.

10 Potret Terbaru Pesona Gunung Rinjani, Surganya para Pendaki!dok. pribadi/Eka Fitriani

2. Pelawangan Sembalun adalah salah satu camping area sebelum mendaki Puncak Rinjani dengan pemandangan puncak dan Danau Segara Anak yang dekat di mata jauh di kaki. 

10 Potret Terbaru Pesona Gunung Rinjani, Surganya para Pendaki!dok. pribadi/Eka Fitriani

Baca Juga: 10 Pantai Paling Populer di Pulau Lombok yang Wajib Dikunjungi 

3. Berada di ketinggian 3726 mdpl, Puncak Rinjani (Puncak Dewi Anjani) merupakan titik tertinggi di NTB ini memberikan panorama Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa di kejauhan. 

4. Danau Segara Anak menjadi tempat healing yang tepat, tak cuma menawarkan keindahan tapi juga memberikan ketenangan. 

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru saat Berwisata di Gunung Jae Lombok, Bisa Berkemah!

5. Setelah badan lelah dan kotor di perjalanan mendaki, mandi di pemandian air hangat Aik Kalak menyegarkan jiwa raga, pemandangannya tak kalah indah! 

10 Potret Terbaru Pesona Gunung Rinjani, Surganya para Pendaki!dok.pribadi/Eka Fitriani

6. Rinjani via Senaru memberikan sensasi mendaki melewati hutan belantara hingga tebing dengan pemandangan memukau. 

10 Potret Terbaru Pesona Gunung Rinjani, Surganya para Pendaki!dok. pribadi/Eka Fitriani

7. Meski cadas, mendaki Rinjani via jalur Torean menawarkan sejuta pesona yang tak akan menyurutkan langkah kaki, viewnya seperti di luar negeri. 

8. Air Terjun Penimbungan di jalur Torean merupakan salah satu spot yang paling dicari-cari oleh para pendaki dengan pemandangan air terjun setinggi sekitar 100 meter yang berada di lereng utara Gunung Rinjani. 

10 Potret Terbaru Pesona Gunung Rinjani, Surganya para Pendaki!dok. pribadi/Sukarno

9. Berada di sisi selatan Gunung Rinjani, jalur pendakian Aik Berik mempunyai ciri khas dengan keanekaragaman flora dan faunanya serta pemandangan Danau Segara Anak dan Gunung Baru Jari yang begitu dekat. 

10 Potret Terbaru Pesona Gunung Rinjani, Surganya para Pendaki!dok.pribadi/Sukarno

10. Jalur Timbanuh merupakan jalur yang penuh tantangan dengan rute hutan, sungai hingga savana edelweiss dan hanya bisa didaki hingga Pelawangan Timbanuh dengan view lebih dekat Danau Segara Anak dan Gunung Baru Jari. 

10 Potret Terbaru Pesona Gunung Rinjani, Surganya para Pendaki!dok.pribadi/Imam Ahmad Askalani

Itulah 10 dari banyaknya pesona yang dimiliki oleh Gunung Rinjani. Jika mendaki Gunung Rinjani, jangan lupa untuk mempersiapkan fisik, mental dan perlengkapan dengan baik agar pendakian berjalan lancar sehingga kamu bisa lebih enjoy eksplor dan menyaksikan keindahan Gunung Rinjani yang tersebar di segala sisi. 

Baca Juga: 10 Gili Paling Populer di Lombok, Wajib Masuk List! 

Eka Fitriani Photo Community Writer Eka Fitriani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya