11 Barang Pembalap MotoGP di Mandalika Akan Dilelang

Barang itu diberikan kepada panitia, sehingga harus dilelang

Mataram, IDN Times - Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Sudarmanto menyebutkan ada 11 barang pembalap MotoGP Mandalika yang akan dilelang pada April mendatang.

11 jenis barang tersebut terdiri dari empat item yaitu sarung tangan, kaos, topi dan helm. Barang-barang tersebut diberikan oleh pembalap kepada panitia yang merupakan penyelenggara negara sehingga harus dilelang.

"Sudah ada empat item dengan 11 jenis barang yang siap dilelang," kata Sudarmanto di Mataram, Selasa (29/3/2022).

1. Dilelang secara online bulan April

11 Barang Pembalap MotoGP di Mandalika Akan Dilelangdjkn kemenkeu

Sudarmanto mengatakan lelang barang-barang MotoGP sedang direncanakan dengan matang.

Barang-barang itu merupakan barang yang langka. Rencananya, lelang barang MotoGP ini akan berbarengan dengan lelang barang UMKM pada bulan April mendatang.

"11 jenis barang MotoGP ini dilelang secara online. Gak ada target transaksi. Karena barang ini merupakan hobi, sehingga nilainya tak terhingga," jelasnya.

Baca Juga: Tuan Rumah PON 2028, NTB-NTT Sudah Dapat Dukungan 20 Provinsi

2. Lakukan taksiran harga terendah

11 Barang Pembalap MotoGP di Mandalika Akan DilelangIlustrasi uang (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Untuk menentukan harga terendah, nantinya akan dilibatkan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan pihak terkait lainnya. Namun ia menyebutkan untuk helm pembalap MotoGP harganya bisa sampai Rp6 juta.

"Nanti kita tetapkan harga terendahnya. Nanti kita umumkan, kita sedang minta taksiran harga terendahnya. Dan ini akan dilelang secara nasional," jelasnya.

Mengenai spek dan detail jenis barang-barang MotoGP yang dilelang, kata Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) NTB ini, akan diumumkan ketika mulai lelang.

3. Hasil balapan MotoGP Mandalika

11 Barang Pembalap MotoGP di Mandalika Akan DilelangPembalap Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder memacu kecepatan sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut berlangsung pada 18-20 Maret 2022. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Pada gelaran MotoGP Maandalika, 20 Maret 2020, pembalap KTM Miguel Oliveira, keluar sebagai juara dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik. Disusul pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo di posisi kedua, dan di posisi ketiga ditempati Johann Zarco.

Selama balapan berlangsung, Fabio Quartararo langsung tancap gas di awal balapan tetapi Miguel Oliveira dan Jack Miller secara bergantian memimpin balapan di lap kedua. Oliveira berusaha untuk mengungguli Miller. Hasilnya, pada lap keenam Oliveira bisa menyalip Miller karena Miller melakukan kesalahan.

Pada lap ke-11, tersaji duel antara Alex Rins dan Johann Zarco yang keduanya sama-sama ingin merebut posisi ketiga. Namun, Quartararo berhasil melesat ke posisi keempat di lap ke-13. Quartararo semakin menunjukkan taringnya di aspal Pertamina Mandalika International Street Circuit. Ia mampu melesat ke posisi kedua, lima lap jelang finis. Oleh sebab itu, ia menjadi pembalap dengan kecepatan terbaik di akhir balapan.

Berikut hasil MotoGP di Sirkuit Mandalika:
Miguel Oliveira 33 menit 27,223 detik
Fabio Quartararo +2,205 detik
Johann Zarco +3,158 detik
Jack Miller +5,663 detik
Alex Rins +7,044 detik
Joan Mir +7,832 detik
Franco Morbidelli +21,115 detik
Brad Binder +32,413 detik
Aleix Espargaro +32,586 detik

Baca Juga: 10 Perbedaan MotoGP di Indonesia dan di Luar Negeri

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya