10 Fakta Sirkuit Mandalika, Ratusan Makam Dipindahkan saat Pembangunan

Biaya pembangunan track saja sebesar Rp900 miliar

Lombok Tengah, IDN Times - Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika sedang menjadi perbincangan hangat usai meninggalnya pembalap Jepang Haruki Noguchi (22). Pembalap dari Tim SDG MS HARC-PRO Honda itu mengalami kecelakaan fatal pada race 2 putaran 4 Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 di Sirkuit Mandalika, Minggu (13/8/2023).

Usai kecelakaan, Haruki Noguchi langsung dibawa ke Medical Centre Sirkuit Mandalika. Setelah kondisinya stabil, pembalap muda asal Negeri Sakura tersebut dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB di Kota Mataram, karena ia mengalami cedera berat di bagian kepala. Ia sempat mendapatkan perawatan intensif selama empat hari sebelum mengembuskan napas terakhir pada Rabu (16/8/2023) pukul 17.35 WITA.

Banyak warganet yang mengaitkan peristiwa itu dengan hal mistis di sirkuit tersebut. Berikut 10 fakta mengenai Sirkuit Mandalika yang dibangun di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, NTB.

1. Ratusan kuburan leluhur dipindahkan demi pembangunan Sirkuit Mandalika

10 Fakta Sirkuit Mandalika, Ratusan Makam Dipindahkan saat PembangunanSirkuit Mandalika di NTB (IDN Times/Umi Kalsum)

Ratusan kuburan nenek moyang atau leleuhur warga yang berada di dalam KEK Mandalika dipindahkan demi pembangunan Sirkuit Mandalika. Jumlahnya sebanyak 191 makam.  Sementara itu, sebanyak 120 kepala keluarga di Dusun Ujung Desa Kuta yang terdampak pembangunan Sirkuit Mandalika direlokasi ke Dusun Ngolang Desa Kuta.

Kementerian PUPR membangun sebanyak 120 unit rumah khusus tipe 36 untuk masyarakat Dusun Ujung yang terdampak pembangunan Sirkuit Mandalika di Dusun Ngolang Desa Kuta pada lahan seluas 2 hektare. Pada lahan relokasi tersebut, dilengkapi fasilitas pendukung seperti taman bermain anak, tempat ibadah dan air bersih.

2. Sengketa lahan di Sirkuit Mandalika masih ada

10 Fakta Sirkuit Mandalika, Ratusan Makam Dipindahkan saat PembangunanSalah seorang warga, Sibawaih yang mengaku lahannya belum dibebaskan di KEK Mandalika pada 2022 lalu. Tampak Sibawaih sedang bercocok tanam singkong pada lahan di dekat Sirkuit Mandalika. (dok. Istimewa)

Juru Bicara Pejuang Lahan KEK Mandalika M. Samsul Qomar menyebutkan seluas 340 hektare lahan di KEK Mandalika masih bermasalah. Pada 2017, sengketa lahan KEK Mandalika dilakukan penyelesaian dengan memberikan uang kerohiman kepada warga.

Pada waktu itu, ada 109,6 hektare lahan bermasalah pada 13 titik di KEK Mandalika yang dilakukan penyelesaian. Dari ratusan hektare lahan yang bermasalah seluas 10 hektare di dalam Sirkuit Mandalika. Warga yang belum dibayar lahannya di dalam Sirkuit Mandalika antara lain Sibawai, Mangim 65 are, Amaq Layar 75 are, Lalu Syukri 77 are dan lainnya.

3. Biaya pembangunan track Sirkuit Mandalika sebesar Rp900 miliar

10 Fakta Sirkuit Mandalika, Ratusan Makam Dipindahkan saat PembangunanRace control Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 kilometer milik BUMN PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dibangun PT. Pembangunan Perumahan/PTPP (Persero) Tbk. ITDC dan PTPP menandatangani Perjanjian Kerja Sama untuk pembangunan Sirkuit Mandalika senilai Rp900 miliar di Gedung Mandiri Club, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

ITDC juga menandatangani Termsheet Fasilitasi Sindikasi Perbankan yang melibatkan anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), antara lain Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN untuk mendukung pembangunan Sirkuit Mandalika.

Untuk diketahui bahwa Rp900 miliar itu merupakan biaya pembangunan track saja. Jika digabungkan dengan biaya pembuatan fasilitas penunjang di seluruh sirkuit, maka totalnya mencapai Rp1,7 triliun lebih.

4. Sirkuit Mandalika memiliki 17 tikungan

10 Fakta Sirkuit Mandalika, Ratusan Makam Dipindahkan saat PembangunanTikungan 10 Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan 4,31 kilometer dengan lebar 15 meter. Sirkuit Mandalika dilengkapi dengan 17 tikungan serta memiliki speed trap atau gaya dorong pemicu pembalap untuk memaksimalkan kecepatan saat berlaga yang cukup lebar dan tinggi.

Trek ini dilengkapi dengan dua service road, yaitu service road inner dengan panjang 3,8 kilometer dan lebar 14 meter. Kemudian service road outer dengan panjang 4,32 kilometer dan lebar 14 meter, serta pit lane dengan panjang 835 meter dan lebar 14 meter.

5. Salah satu sirkuit terindah di dunia

10 Fakta Sirkuit Mandalika, Ratusan Makam Dipindahkan saat PembangunanSirkuit Mandalika (instgram/motogp)

Sirkuit Mandalika dibangun pada lahan seluas 52,5 hektare yang berada di dalam KEK Mandalika.

Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun dengan menawarkan pemandangan indah bukit dan pantai di selatan Pulau Lombok. Tak heran jika Sirkuit Mandalika disebut-sebut sebagai salah satu sirkuit terindah di dunia.

Baca Juga: Kecelakaan di Tikungan 10 Sirkuit Mandalika, Pembalap Jepang Meninggal

6. Dekat dengan Pantai Kuta Mandalika

10 Fakta Sirkuit Mandalika, Ratusan Makam Dipindahkan saat PembangunanSirkuit Mandalika tikungan 10 terlihat indah dari Bukit Pantai Seger Kuta Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sirkuit Mandalika letaknya cukup dekat dengan Pantai Kuta Mandalika, destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.

Di dekat Sirkuit Mandalika juga ada Bukit Pantai Seger, Pantai Tanjung Aan dan Bukit Merese.

7. Sudah tiga kali menjadi tuan rumah kejuaraan World Superbike

10 Fakta Sirkuit Mandalika, Ratusan Makam Dipindahkan saat PembangunanPembalap Aruba.it Racing Ducati Alvaro Bautista usai race 1 WSBK Mandalika, Sabtu (12/11/2022). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Setelah tuntas dibangun pada akhir 2021, Sirkuit Mandalika sudah tiga kali menjadi tuan rumah kejuaraan balap dunia World Superbike (WSBK), yaitu 2021, 2022 dan 2023. Pada 2021, WSBK Mandalika digelar pada 19 - 21 November. Kemudian pada 2022 digelar pada 11 - 13 November, sedangkan pada 2023, WSBK Mandalika digelar pada 3 - 5 Maret.

Sedangkan untuk gelaran MotoGP, baru satu kali digelar di Sirkuit Mandalika pada 18 - 20 Maret 2022. Pada tahun 2023, MotoGP Mandalika dijadwalkan pada 13 - 15 Oktober mendatang. Pada 11 - 13 Agustus 2023, Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah kejuaraan balap Asia Road Racing Championship (ARRC) putaran 4 tahun 2023.

8. Diaspal ulang menjelang MotoGP dan WSBK 2022

10 Fakta Sirkuit Mandalika, Ratusan Makam Dipindahkan saat PembangunanPekerjaan track improvement Sirkuit Mandalika mulai dilakukan untuk persiapan WSBK 2022. (dok. ITDC)

Sebelum perhelatan MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika dilakukan pengaspalan ulang pada sektor sebelum tikungan 17 sampai tikungan 5. Sebelumnya, para pembalap MotoGP menjajal Sirkuit Mandalika dalam tes pra-musim pada 11 - 13 Februari 2022.

Begitu juga sebelum perhelatan WSBK Mandalika pada 11 - 13 November 2022, sejumlah titik lintasan Sirkuit Mandalika diaspal ulang. Karena ada beberapa titik lintasan Sirkuit Mandalika yang menurut para pembalap daya cengkeramannya kurang bagus. Perbaikan Sirkuit Mandalika ini dinamakan project track improvement.

9. Juara dunia MotoGP 6 Kali, Marc Marquez pernah kecelakaan fatal pada MotoGP Mandalika 2022

10 Fakta Sirkuit Mandalika, Ratusan Makam Dipindahkan saat PembangunanPembalap Repsol Honda Marc Marquez, mengalami highside di Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022) / Instagram @marcmarquez93

Pada perhelatan MotoGP Mandalika 2022, pembalap Repsol Honda Marc Marquez mengalami kecelakaan empat kali di Sirkuit Mandalika pada sesi pemanasan. Motor yang ditunggangi juara dunia MotoGP 6 kali tersebut hancur.

Marquez juga sempat dievakuasi ke RSUD NTB sebagai rumah sakit rujukan pembalap MotoGP yang mengalami kecelakaan menggunakan helikopter Basarnas. Akibat kecelakaan fatal tersebut, Marquez tidak melanjutkan balapan.

10. Heboh aksi Rara si pawang hujan

10 Fakta Sirkuit Mandalika, Ratusan Makam Dipindahkan saat PembangunanRara si pawang hujan (Foto: IG MotoGP)

Gelaran perdana balap MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 2022 bikin heboh kru, pembalap dan penonton karena aksi Rara Istiati Wulandari di depan paddock Sirkuit Mandalika. Pada waktu itu, balapan MotoGP Mandalika tertunda hingga satu jam akibat hujan lebat.

Balapan MotoGP yang seharusnya dimulai pukul 15.00 WITA diundur hingga pukul 16.15 WITA. Aksi Rara dengan membunyikan lonceng dan memukul-mukul mangkuk berwarna keemasan bikin hujan menjadi reda. Penyelenggara memanfaatkan jasa Rara sebagai pawang hujan saat event MotoGP Mandalika 2023.

Itulah 10 fakta yang berkaitan dengan Sirkuit Mandalika yang ada di Lombok Tengah, Provinsi NTB. Apakah kamu pernah menonton balap di sirkuit ini?

Baca Juga: Rute Baru dan Harga Tiket Kapal Penyeberangan Lombok - Situbondo

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya