TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

FIA Inspeksi Sirkuit Mandalika untuk Persiapan Balap Roda Empat 

MGPA akan kirimkan dokumen pembangunan Sirkuit Mandalika

Circuit Inspector FIA Scot Elkins melakukan inspeksi di Sirkuit Mandalika dalam rangka persiapan balap roda empat pada Maret 2022 lalu. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Lombok Tengah, IDN Times - Circuit Inspector Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) Scot Elkins melakukan inspeksi ke Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (24/3/2022).

Inspeksi FIA ke Sirkuit Mandalika dalam rangka menuju homologasi jelang persiapan balapan roda empat dari ajang World GT Challenge hingga Formula 1.

"FIA mengirimkan Scot Elkins untuk melihat Pertamina Mandalika International Street Circuit dalam rangka mendapatkan homologasi untuk kendaraan roda empat," kata Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria usai mendampingi Circuit Inspector FIA di Mandalika.

Baca Juga: Tak Sesuai Ekspektasi, UMKM Rugi Besar saat Jualan di MotoGP Mandalika

1. FIA tinjau seluruh lintasan Sirkuit Mandalika

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria (IDN Times/Muhammad Nasir)

Circuit Inspector FIA terbang langsung dari Jakarta menuju ke Lombok yang selanjutnya langsung meluncur menuju Sirkuit Mandalika siang ini. Setibanya di Mandalika, Scot Elkins langsung meninjau sepanjang lintasan sirkuit mulai dari garis start sampai balik kembali dengan berjalan kaki.

"Dia berhenti di titik-titik yang menurut dia perlu diwaspadai, dicatat. Karena dia bawa catatan. Tujuannya adalah ke depannya kalau kita berkorespondensi dengan FIA, sudah ada bayangannya standar yang mereka inginkan," jelas Priandhi.

2. MGPA akan kirim dokumen pembangunan Sirkuit Mandalika

Circuit Inspector FIA meninjau semua titik lintasan Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Hasil inspeksi FIA, kata Priandhi, tidak akan langsung disampaikan kepada publik. Setelah kunjungan Circuit Inspector FIA, pihaknya dalam waktu dua sampai tiga minggu ke depan akan mengirimkan dossier atau dokumen terkait dengan pembangunan Sirkuit Mandalika.

Seperti contohnya, rencana pelebaran lintasan, run off, gravel, dinding pagar lintasan hingga susunan ban.

"Nanti bahan-bahan itu akan kita kirimkan. Mudah-mudahan tidak terlalu banyak hal-hal kurang cocok dengan kebutuhan FIA," harapnya.

Setelah itu, pihak FIA akan menyampaikan hasil inspeksi Sirkuit Mandalika. Apa saja yang menjadi catatan dan standar yang diinginkan FIA. Sesuai aturan, antara FIA dan FIM tentunya mempunyai standar keamanan yang berbeda dalam pelaksanaan ajang balapan. 

"Apa yang harus diubah, diperbaiki dan sumbang saran. Itu kita tunggu secara resmi dari FIA. Tadi dia minta dokumen-dokumen ini dimasukkan dalam jangka waktu 2-3 minggu ke depan. Ini direview oleh FIA," imbuhnya.

Baca Juga: Gerak Cepat Tangani Marc Marquez, RSUD NTB Dapat Pujian Dorna 

Berita Terkini Lainnya