Comscore Tracker

Nama Bunga-bunga Unik di Dunia, Ada Forget Me Not hingga Baby's Breath

Salah satunya pernah dipakai saat pernikahan Kade Middleton

Ilmuwan dunia memperkirakan sekitar 369.400 tanaman di dunia memiliki bunga. Banyak di antaranya yang sudah kita kenal dan sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Baik yang tumbuh di halaman, taman, hutan hingga menjadi hiasan.

Di antara banyaknya jenis bunga yang ada, terdapat sejumlah bunga yang memiliki nama yang unik, bahkan memiliki kesan aesthetic. Beberapa di antaranya ialah bunga forget me not, baby's breath, dan lily of the valley.

Tak hanya memiliki keindahan yang mengundang decak kagum, bunga-bunga tersebut juga menyimpan makna yang mendalam serta manfaat dan kegunaan yang beragam. Berikut pembahasannya.

1. Bunga forget me not

Nama Bunga-bunga Unik di Dunia, Ada Forget Me Not hingga Baby's Breathunsplash.com/Julia Zyablova

Sekilas saat mendengar forget me not, yang mungkin akan terbayangkan bukanlah sebuah bunga. Mendengar forget me not seperti mendengar sebuah seruan atau perintah untuk tidak melupakan seseorang. Nyatanya forget me not memang adalah nama bunga yang juga dikenal dengan sebutan Myosotis yang berasal dari keluarga Boraginaceae.

Seperti namanya, forget me not adalah bunga yang memiliki makna untuk tidak akan melupakan. Bunga ini juga menjadi lambang cinta sejati dan kesetiaan. Bunga ini cocok diberikan kepada orang tersayang dengan harapan agar tidak akan pernah dilupakan.

2. Lily of the valley

Nama Bunga-bunga Unik di Dunia, Ada Forget Me Not hingga Baby's Breathunsplash.com/Zoritsa Valova

Bunga lily of the valley punya nama ilmiah yaitu Convallaria majalis. Sebutan lain untuk bunga ini adalah May bells, Our Lady's tears, dan Mary's tears.  Ada legenda menyebutkan bahwa lily of the valley adalah bunga yang muncul dari air mata Hawa ketika dia diasingkan dari Taman Eden.

Bunga lily of the valley memiliki kegunaan di antaranya sebagai karangan bunga yang banyak digunakan para pengantin dalam pernikahannya sebab disebut-sebut bahwa bunga ini merupakan simbol kebahagiaan pasangan yang baru saja bersatu dalam pernikahan. Ratu Victoria, Putri Astrid dari Swedia, Grace Kelly, dan Kate Middleton terlihat menggunakan bunga ini menjadi karangan bunga pernikahan mereka. 

Baca Juga: Mengenal Kekayaan Alam Flora Taman Nasional Gunung Rinjani

3. Baby's breath

Nama Bunga-bunga Unik di Dunia, Ada Forget Me Not hingga Baby's Breathunsplash.com/Becca Tapert

Baby’s breath adalah sebutan untuk Gypsophila paniculata, yakni bunga yang bisa jadi sering dilihat dalam sebuah karangan bunga. Sebab bunga ini banyak digunakan para florist untuk diselipkan di antara bunga lainnya dalam sebuah buket bunga. Selain itu, bunga ini sering menjadi hiasan dekorasi ala rustic dan juga banyak dijadikan mahkota bunga yang disematkan di sela-sela rambut wanita. 

Bunga baby's breath apabila diterjemahkan berarti bunga napas bayi yang bisa jadi merupakan awal mula bunga baby's breath dikenal sebagai bunga yang melambangkan kesucian juga kepolosan. Bunga ini juga kerap dimaknai sebagai lembaran baru dan harapan baru, pas menjadi buket bunga dalam acara pernikahan.

5. Sunflower

Nama Bunga-bunga Unik di Dunia, Ada Forget Me Not hingga Baby's Breathunsplash.com/Lotte de Jong

Dikenal dengan nama Latin Helianthus Annuus L, sunflower atau yang lebih akrab dikenal dengan bunga matahari ini memiliki banyak arti. Bunga matahari di antaranya melambangkan kegembiraan, kekaguman, kejujuran, dan persahabatan. 

Apabila bunga mawar sudah terlalu mainstream untuk mengungkapkan cinta atau diberikan untuk orang tersayang, bunga matahari bisa menjadi alternatif lainnya agar lebih berkesan dan tak terlupakan. 

6. Snowdrop

Nama Bunga-bunga Unik di Dunia, Ada Forget Me Not hingga Baby's Breathunsplash.com/Yoksel 🌿 Zok

Bunga snowdrop memiliki nama ilmiah galanthus. Bunga seputih salju ini memiliki ragam makna di antaranya kepolosan, kemurnian, keberuntungan dan simpati. Bunga ini juga tumbuh subur pada awal musim semi, sehingga diartikan sebagai harapan.

Itulah sejumlah nama bunga yang unik beserta makna dan kegunaannya. Beberapa bunga tersebut dapat dijadikan sebagai pelengkap dalam hari spesialmu, seperti misalnya acara pernikahan atau bisa juga dijadikan sebagai hadiah untuk orang tersayang.

Baca Juga: Mengenal Ragam Fauna Taman Nasional Gunung Rinjani, Apa Saja? 

Eka Fitriani Photo Community Writer Eka Fitriani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya