Selamat! Kades Terpilih di Lotim Dilantik Paling Lambat pada Mei 2023

Kades terpilih dilantik Bupati secara kolektif

Lombok Timur, IDN Times - Proses pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Lombok Timur yang berlangsung pada Rabu (15/3/2023), telah melewati proses masa sanggah. Dari 53 desa yang melaksanakan pemilihan, tidak ada calon Kades yang kalah melayangkan gugatan hasil pemilihan ke panitia Pilkades Kabupaten. 

Karena tidak ada sanggahan atau gugatan maka, tahap akhir dari rangkaian pemilihan kepala desa serentak tinggal menunggu hari pelatikan. Sebab semua rangkaian tahapan telah tuntas dilaksanakan.

1. Paling lambat dilantik bulan Mei

Selamat! Kades Terpilih di Lotim Dilantik Paling Lambat pada Mei 2023Penulis

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Lombok Timur, Salmun Rahman mengatakan, 53 calon kepala desa terpilih tinggal menunggu pelatikan. Karena hingga saat ini, tidak ada gugatan keberatan atas hasil perhitungan suara yang diterima oleh panitia pilkades tingkat kabupaten. 

Berdasarkan regulasi, bahwa kepala desa terpilih yang akan dilantik oleh bupati paling lambat 74 hari terhitung sejak terpilih pada pemilihan kepala desa. Dalam hal ini paling lambat bulan Mei mendatang. 

"Semua sudah beres dan tidak ada kendala, tinggal menunggu hasil penelitian dari Bapak Bupati," terangnya Senin (27/3/2023).

Baca Juga: Diduga Depresi Usai Melahirkan, Ibu Muda di Lombok Lompat ke Sumur

2. Dilantik secara kolektif

Selamat! Kades Terpilih di Lotim Dilantik Paling Lambat pada Mei 2023Penulis

Pelantikan Kades terpilih yang akan dilantik pada bulan Mei 2023 mendatang dilakukan oleh Bupati Lombok Timur. Pelantikan nantinya akan dilakukan secara kolektif seperti pada pelantikan Kades terpilih pada periode sebelumnya. Namun untuk waktu dan tempatnya belum bisa ditentukan karena tidak menutup kemungkinan pelatikan tidak di Kantor Bupati.

"Mei ini, InsyaAllah kita sudah lantik Kades terpilih dan semua clear," tegasnya. 

3. Kades terpilih diimbau jaga silaturahmi

Selamat! Kades Terpilih di Lotim Dilantik Paling Lambat pada Mei 2023Facebook Info Pilkades Presak

Untuk menghilangkan ketegangan yang terjadi antara masing-masing kubu calon Kades, serta menghindari perpecahan yang terjadi karena dampak Pilkades, Salmun mengimbau kepada seluruh Kades terpilih, sebelum pelaksanaan pelatikan agar tetap menjaga silaturahmi dengan semua elemen masyarakat. Terutama dengan calon yang kalah, agar situasi dan kondisi kemanan tetap kondusif.

"Kita bekerja membangun desa itu tidak bisa sendiri, karenanya mari tetap jaga tali silaturahmi dengan semua pihak di desa," ucapnya.

Baca Juga: 'Disini Coffee', Rekomendasi Tempat Bukber Berkonsep Syariah di Lotim

Ruhaili Photo Community Writer Ruhaili

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya