Bupati Lotim Harap Proyek SPAM Selatan Tetap Terlaksana

Bupati pastikan tidak ada masyarakat yang dirugikan

Lombok Timur, IDN Times - Sejak ditolak masyarakat wilayah sumber mata air yaitu Desa Tete Batu Selatan, Kembang Kuning dan Jeruk Manis, proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Selatan  hingga saat ini masih belum terlaksana. Seluruh komponen proyek sudah siap dan tinggal dieksekusi pelaksanaannya. Tetapi proyek tidak kunjung direalisasikan karena masih terkendala penolakan dari masyarakat yang hingga saat ini belum menemukan solusi. 

Menanggapi persoalan ini, Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy menggelar rapat bersama para pihak seperti Balai Prasarana Permukiman wilayah (BPPW) NTB, sejumlah rekanan, PUPR, PDAM, serta Camat di wilayah yang menjadi lokasi proyek yang didanai bank dunia tersebut, Senin (3/4/2023). Dalam rapat tersebut, Sukiman menegaskan proyek SPAM Wilayah Selatan harus terlaksana, karena ini merupakan solusi terbaik untuk mengatasi persoalan kesulitan air bersih yang dialami warga selatan. 

1. Mencari solusi terbaik

Bupati Lotim Harap Proyek SPAM Selatan Tetap TerlaksanaHumas Protokol Lotim

Rapat yang berlangsung di ruang rapat bupati tersebut dimaksudkan mencari jalan keluar persoalan yang ditemui di lapangan. Persoalan penolakan dari masyarakat, dibutuhkan pendekatan dan koordinasi lebih instensif dengan semua pihak.

"Yang perlu ditekankan kepada masyarakat yang ada di sumber mata air itu, yaitu Jeruk Manis, Kembang Kuning, dan Tetebatu Selatan bahwa penggunaan mata air tersebut tidak akan mengganggu kebutuhan air mereka," tegasnya.

Baca Juga: Tunjangan Penghasilan Pegawai ASN Lotim Dijanjikan Cair April 2023

2. Menuntaskan persoalan lahan pembangunan IPA

Bupati Lotim Harap Proyek SPAM Selatan Tetap TerlaksanaHumas Protokol Lotim
Persoalan lain yang belum terselesaikan yaitu, belum terkonfirmasinya pemanfaatan sejumlah kecil lahan SMK Kotaraja sebagai tempat pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA).
 
Sukiman menyebut Adanya miskomunikasi antara para pihak, seperti Pemerintah Provinsi NTB dan pihak SMK. Pemda mengaku sudah mengirimkan surat terkait lahan SMK untuk pembuatan IPA kepada pemerintah provinsi dan tembusan ke SMK. 
 
"Terkait lahan ini,  harus kembali berkoordinasi dengan para pihak terkait," imbuhnya.
 
Sementara itu, kepada pihak rekanan, Sukiman meminta rekondisi atau mengembalikan kondisi jalan maupun infrastruktur lain yang terkena dampak dari proses pengerjaan SPAM tersebut, seperti bekas penggalian pipa.

3. SPAM Selatan solusi terbaik mengatasi kesulitan air bersih

Bupati Lotim Harap Proyek SPAM Selatan Tetap TerlaksanaIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Proyek SPAM ini dinilai merupakan solusi terbaik untuk mengatasi kebutuhan air bersih warga Selatan Lombok Timur. Proyek ini memanfaatkan air baku dari tiga sumber yaitu Barangpanas II (Jeruk Manis), Gawah Buak (Kembang Kuning), dan Sungai Lingkung (Tetebatu Selatan).

Ketiga sumber tersebut telah memiliki rekomendasi teknis (Rekomtek) dari BWS. Dengan demikian dipastikan bahwa pemanfaatan sumber air ini tidak berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan air lokasi sumber dan sekitarnya, sebab BWS telah memperhatikan neraca air dan keseimbangannya.

Baca Juga: Potensi Pendapatan Daerah dari 153 Galian C di Lotim Rp134 Juta Sehari

Ruhaili Photo Community Writer Ruhaili

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya