Pj Gubernur NTB Bersyukur atas Perhatian Golkar dalam Pilkada 

Pilkada Gubernur NTB pada 27 November 2024

Mataram, IDN Times - Lalu Gita Ariadi, Penjabat Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menyatakan rasa syukurnya setelah mendapatkan perhatian dari Partai Golkar untuk ikut bertarung dalam Pilkada Gubernur pada 27 November 2024.

"Saya bersyukur. Sebelumnya, juga mungkin sudah diapresiasi kinerja kita, ada juga dukungan dari PPP dan PAN," kata Gita usai acara penutupan Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan 1445 Hijriah dilaporkan Antara di Masjid Islamic Center Mataram, Jumat (5/4/2024). 

1. Motivasi untuk memberikan kinerja terbaik

Pj Gubernur NTB Bersyukur atas Perhatian Golkar dalam Pilkada Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi panen padi di Lombok Timur. (dok. Istimewa)

Gita menyambut dukungan tersebut sebagai motivasi untuk memberikan yang terbaik dan sebagai sumber inspirasi. Namun, ia menegaskan bahwa langkah selanjutnya tergantung pada sikap partai-partai terkait.

"Yang penting saya tetap memelihara pikiran positif. Dukungan dari PPP dan PAN juga telah ada," ujarnya.

Menurut Gita, dukungan dari berbagai partai politik harus dilihat sebagai hal yang positif dan patut disyukuri. Ia mengungkapkan apresiasi yang besar terhadap setiap bentuk dukungan tersebut.

"Partai mungkin sedang menunjukkan simpati, kita harus saling menghargai. Saya melihatnya dari sisi positif dan saya bersyukur. Ternyata banyak yang memperhatikan dan memberikan penilaian," ungkap Gita.

Saat ini, Gita masih mempertimbangkan situasi serta aturan-aturan yang berlaku, terutama karena ia masih menjabat sebagai Penjabat Gubernur NTB. "Saya sudah menyampaikan bahwa zodiak saya Libra, yang melambangkan timbangan. Kita harus membuat keputusan dengan pertimbangan matang. Saya akan mempelajari aturan-aturannya terlebih dahulu," jelasnya.

Baca Juga: Ratusan Personel Polisi Siaga Amankan Perayaan Paskah di Mataram   

2. Mendagri mempersilakan Pj kepala daerah yang akan maju pilkada

Pj Gubernur NTB Bersyukur atas Perhatian Golkar dalam Pilkada Mendagri Tito Karnavian melantik Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi pada 19 September 2023. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Lebih lanjut, Gita mengatakan bahwa Mendagri Tito Karnavian telah mengumpulkan seluruh Penjabat Gubernur dan memberikan arahan bahwa jika ada yang berniat melanjutkan perkhidmatan, hal tersebut dapat dilakukan selama ada dukungan dari partai politik.

"Menurut Pak Tito, itu adalah hak warga negara yang diatur oleh ketentuan. Mendagri sedang merancang mekanisme pengunduran diri pejabat jika mereka ingin maju," kata Gita.

Gita menilai bahwa partai politik tentu akan mencari kandidat terbaik, termasuk non-kader di luar partai politik.

"Kemungkinan besar mereka akan mengusung non-kader. Golkar misalnya, dalam pemilihan presiden juga tidak selalu mengusung kader. Partai politik adalah universitas politik demokratis yang mencari figur-figur terbaik," tambahnya.

3. Pj Gubernur NTB sudah masuk radar Partai Golkar

Pj Gubernur NTB Bersyukur atas Perhatian Golkar dalam Pilkada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengaku pihaknya bakal mendukung penuh untuk pemerintahan Prabowo-Gibran. (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, nama Lalu Gita Ariadi telah masuk dalam radar Partai Golkar untuk diusung dalam Pilkada Gubernur NTB pada 27 November 2024. Firad Parizka, Sekretaris DPD Golkar NTB, membenarkan bahwa Gita telah berkomunikasi jauh-jauh hari dengan partai tersebut.

"DPP terus berkomunikasi dengan DPD untuk menentukan calon yang potensial untuk direkomendasikan dalam Pilkada Gubernur, dan Gita sudah melakukan komunikasi sejak lama," ujarnya.

Firad menegaskan bahwa Golkar tidak sembarangan dalam memberikan rekomendasi terkait pencalonan kepala daerah.

"Komunikasi sudah berlangsung lama," katanya.

Penjabat Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi, memberikan keterangan pers usai penutupan Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan 1445 Hijriah di Masjid Islamic Center Mataram, Jumat malam

Baca Juga: Gegara Utang Piutang, Pria Asal Mataram ini Dibacok di Leher

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya