Guru di Bima Diminta Maksimalkan Program Merdeka Belajar

Peningkatan karakter siswa dan mutu pendidikan

Mataram, IDN Times - Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri meminta kepada para tenaga pendidik atau guru untuk memaksimalkan penerapan Program Merdeka Belajar dalam rangka meningkatkan karakter siswa maupun mutu pendidikan.

"Ruang untuk belajar dan berbagi di antara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform merdeka mengajar," katanya saat acara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional dilaporkan Antara di Lapangan Kara Kecamatan Bolo, Sabtu (25/11/2023). 

1. Peringatan Hari Guru 2023

Guru di Bima Diminta Maksimalkan Program Merdeka BelajarPresiden Jokowi dalam puncak peringatan HUT ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Ia mengatakan, peringatan hari Guru 2023 ini mengangkat tema, Transformasi Guru Mewujudkan Indonesia Maju. Pada tahun pertama merdeka belajar menghapus ujian nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya.

"Pemerintah menerapkan asesmen nasional agar semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman inklusif dan menyenangkan. Lingkungan belajar
yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid," katanya.

Baca Juga: Dua Kelompok Warga Bima Saling Serang Pakai Parang dan Panah

2. Kurikulum merdeka belajar ditunggu para guru

Guru di Bima Diminta Maksimalkan Program Merdeka BelajarIlustrasi guru. (Dok. Pribadi/Ahmad Syaiful Bahri)

Ia mengatakan, kurikulum merdeka belajar adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid terkait pengurangan pada jumlah materi dan penekanan pada pemahaman yang mendalam.

Selain itu, program merdeka belajar juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan siswa kebutuhan murid.

Baca Juga: Dua Kelompok Warga Bima Saling Serang Pakai Parang dan Panah

3. Jutaan guru di Indonesia saling terhubung

Guru di Bima Diminta Maksimalkan Program Merdeka BelajarBupati Bima saat meninjau Kantor Dinas Peternakan, salah satu aset yang akan diserahkan ke Pemkot Bima, Kamis (9/6/2022).(Juliadin/IDN Times)

Jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar.

Setelah seluruh rangkaian upacara, acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang menandai berakhirnya kegiatan peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI tingkat Kabupaten Bima tahun 2023.

Baca Juga: Pj Wali Kota Bima: Aksi Blokir Jalan Bikin Investor Takut ke Bima

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya