BPPB Menyalurkan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir di Bima

Membantu korban banjir di Bima 

Mataram, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan logistik dan peralatan untuk penanganan dampak banjir yang terjadi di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada minggu pertama April 2023.

"Dalam upaya penanganan darurat bencana alam hidrometeorologi yang terjadi di Kabupaten Bima, BNPB hari ini menyalurkan bantuan tanggap darurat kepada Pemerintah Kabupaten Bima, berupa bantuan logistik dan peralatan," kata Rudy Supriadi JF dilaporkan Antara, Sabtu (8/4/2023).

1. Prosesi penyerahan bantuan kepada korban

BPPB Menyalurkan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir di BimaIlustrasi korban banjir. Dokumen IDN Times

Bantuan tersebut diserahkan Penata Penanggulangan Bencana Ahli Madya pada Direktorat Dukungan Infrastruktur Darurat, BNPB, Rudy Supriadi JF, kepada Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri, di Kabupaten Bima. 

Ia menyebutkan bantuan yang diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Bima senilai Rp250 juta dialokasikan untuk dana BNPB berikan bantuan penanganan dampak banjir Bima siap pakai, operasional posko dan Rp100 juta berupa bantuan logistik dan peralatan yang dibutuhkan selama tanggap darurat dan pemulihan.

Baca Juga: Bima Dilanda Cuaca Ekstrem dan Tanah Longsor, 12 Desa Terdampak Banjir

2. Bantuan logistik diserahkan kepada korban

BPPB Menyalurkan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir di BimaIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

BNPB juga menyerahkan bantuan logistik berupa 2.000 lembar matras dan 2.000 lembar selimut serta 5 unit genset.

"Semoga dapat cepat disalurkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat terdampak bencana," ucap Rudy.

Sementara itu, Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri mengatakan bantuan tanggap darurat kepada Pemerintah Kabupaten Bima akan digunakan secara optimal untuk penanganan banjir di sejumlah kecamatan terdampak.

3. Bupati Bima mengucapkan terima kasih

BPPB Menyalurkan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir di BimaBupati Bima saat meninjau Kantor Dinas Peternakan, salah satu aset yang akan diserahkan ke Pemkot Bima, Kamis (9/6/2022).(Juliadin/IDN Times)

Bupati yang didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima Isyra, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada BNPB atas bantuan yang diterima.

"Setelah bantuan diterima, akan langsung dikoordinasikan dengan perangkat daerah terkait yaitu BPBD, Dinas Sosial, Dinas Perkim, serta unsur-unsur lain untuk segera bertindak secepatnya dalam rangka penyaluran bantuan bagi masyarakat terdampak," ucapnya.

Baca Juga: Pemkot Bima Siapkan Rp21 Miliar untuk Bayar THR dan TPP ASN

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya