Comscore Tracker

Tak Seram Seperti Squid Game, Ini Permainan Tradisional Seru dari NTB 

Permainan menyenangkan dan mengesankan

Mataram, IDN Times - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan memiliki banyak kebudayaan dan kegiatan tradisional yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Tidak hanya tari-tarian, terdapat beragam permainan tradisional yang dapat dijumpai di tengah masyarakat, khususnya anak-anak.

Permainan tradisional kerap dimainkan oleh anak-anak dan biasanya akan dimainkan di luar ruangan. Berikut ini kami rangkum beberapa permainan tradisional asal NTB yang seru, tidak kalah seru dari permainan di drama korea Squid Game, lho.

1. Dengkleng

Tak Seram Seperti Squid Game, Ini Permainan Tradisional Seru dari NTB Permainan Tradisional Dengkleng

Pada dasarnya, permainan tradisional ini hampir serupa di setiap wilayah, namun memiliki nama yang berbeda. Seperti Dengkleng yang dimainkan dengan membuat kotak-kotak disertai nomor menggunakan kapur di tanah.

Untuk memulai bermain Dengkleng, seorang pemain harus melempar batu terlebih dahulu ke nomor 1 hingga 9 secara bertahap. Kemudian pemain lompat dengan satu kaki dan tidak boleh menginjak garis. Jika berhasil sampai nomor 9, pemain dapat melempar batu lagi ke nomor yang dipilih, Sementara untuk dapat menggambar bintang, bagi yang memiliki banyak bintang itulah pemenangnya.

2. Belompongan

Tak Seram Seperti Squid Game, Ini Permainan Tradisional Seru dari NTB Permainan Tradisional Belompongan

Baca Juga: 5 Wisata Gunung yang Wajib Kamu Kunjungi di NTB

Belompong memiliki arti sebagai menggelinding, hal ini dikarenakan permainan tradisional satu ini dimainkan dengan cara menggiringkan sebuah bola ke arah tonggak. Biasanya banyak anak-anak yang memainkan belompongan di sore hari. 

3. Kideng

Tak Seram Seperti Squid Game, Ini Permainan Tradisional Seru dari NTB Permainan Tradisional Kideng

Maksud dari kata Kideng yaitu mencari sesuatu yang diinginkan secara berhati-hati. Cara bermain Kideng cukup sederhana namun cukup sulit, sebab seseorang yang ditunjuk untuk bermain harus menebak sesuatu dengan mata tertutup.

Pada saat bermain, pemain tersebut harus berpikir secara tenang sambil mencari secara hati-hati, agar dapat menjawab dengan benar. 

4. Selodor

Tak Seram Seperti Squid Game, Ini Permainan Tradisional Seru dari NTB Permainan Tradisional Selodor

Permainan tradisional asal NTB selanjutnya yaitu bermain selodor yang memiliki arti sebagai tutup. Cara bermain kudung cukup mudah, pihak penjaga harus menutup jalan agar lawan tidak ada yang bisa melalui jalan tersebut dan tidak bisa lolos.

Baca Juga: Tarian-tarian Tradisional dari NTB yang Memukau

5. Baluba

Tak Seram Seperti Squid Game, Ini Permainan Tradisional Seru dari NTB Tempurung kelapa

Selanjutnya terdapat Baluba yang berasal dari NTB, lebih tepatnya salah satu permainan bagi rakyat daerah Sumbawa. Luba memiliki arti sebagai bagian bawah dari tempurung kelapa, jadi pemain akan memainkan Baluba dengan Luba.

6. Balogo

Tak Seram Seperti Squid Game, Ini Permainan Tradisional Seru dari NTB Tempurung kelapa

Permainan tradisional yang menggunakan tempurung kelapa lainnya yaitu Bologo. Logo dari kata Bologo memiliki arti sebagai alat yang digunakan untuk bermain Balogo, yaitu tempurung kelapa.

Permainan yang satu ini sering dimainkan oleh rakyat daerah Sumbawa yang diadaptasi dari Kampung Lape Atas.

7. Mpaa Sila

Tak Seram Seperti Squid Game, Ini Permainan Tradisional Seru dari NTB Permainan Tradisional Mpaa Sila

Terdapat Mpaa Sila yang menjadi salah satu permainan tradisional asal NTB, serta permainan ini dipungut dari Kampung Rasanggaru. Maksud dari kata Mpaa Sila yaitu main silat, jadi Anda akan menggunakan peda atau pedang.

Jika bermain dengan tangan kosong, maka akan disebut sebagai Gantao. Istilah Ganto kemungkin sama dengan Kuntao, jadi untuk bermain Mpaa Sila dilakukan bersama Gantao.

8. Kolo

Tak Seram Seperti Squid Game, Ini Permainan Tradisional Seru dari NTB Permainan Tradisional Kolo

Permainan Kolo berasal dari kata Ku-Olo yang memiliki arti sebagai taruh. Cara bermain Kolo yaitu seorang pemain akan mengatur batu sebagai alat utama permain Kolo, setelah itu akan berteriak “Ku-olo”.

Teriakan Ku-olo tersebut terdengar seperti Kolo, maka dari itu nama permainan ini kerap disebut sebagai Kolo dan tidak memiliki kaitan dengan arti Kolo yang sesungguhnya yaitu burung.

Demikian ulasan mengenai permainan tradisional asal Nusa Tenggara Barat yang sering dimainkan oleh warga sekitar di ruangan terbuka, kebanyakan permainan cukup sederhana dengan menggunakan batu, tetapi dapat membuat pemain menjadi lebih aktif. Permainan ini juga seru dan tentu saja tidak seram seperti permainan tradisional yang ada di drama Squid Game.

Baca Juga: Pakaian-pakaian Adat Tradisional NTB yang Memukau

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya