Tujuh Formasi CPNS Lotim Tidak Ada Pelamar

Lotim dapat 100 formasi CPNS

Lombok Timur, IDN Times - Proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah melewati tahapan pengumuman administrasi. Untuk Lombok Timur (Lotim) total jumlah pelamar sebanyak 3.358.

Dari jumlah tersebut, 2.734 orang dinyatakan memenuhi syarat dan 642 orang tidak memenuhi syarat. Ribuan pelamar yang telah lulus administrasi ini akan memperebutkan 100 formasi, yaitu 60 untuk tenaga kesehatan dan 40 untuk tenaga teknis lainnya.

Saat ini tahapan rekrutmen telah memasuki masa sanggah bagi peserta yang tidak memenuhi syarat administrasi. Masa sanggah dapat dilakukan pada 20-23 September, dan menjawab sanggah pada 24 September 2024.

1. Tujuh formasi tidak ada pelamar

Tujuh Formasi CPNS Lotim Tidak Ada PelamarKepala BKPSDM Lotim, Mugni (IDN Times/Ruhaili)

Kepala BKPSDM Lotim, Mugni mengatakan dari 100 formasi sebanyak tujuh formasi yang kosong pendaftar yaitu dua formasi untuk disabilitas dan empat formasi Dokter spesialis. Dengan rincian, dua formasi untuk dokter spesialis obstetri dan ginekologi (Obgyn), Dokter Spesialis Saraf dan Dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif.

"Satu formasi yang kosong lagi yaitu formasi uji kendaraan, tetapi ini sebelumnya hanya diminta satu orang saja, tetapi tidak lulus administrasi karena tidak memenuhi syarat," ucapnya.

Mugni mengatakan formasi yang banyak diminati di Lotim ialah formasi dengan jurusan yang bersifat umum, seperti ekonomi, hukum, komputer dan lainnya. Sementara untuk jurusan yang lebih kepada teknis spesialis kurang diminati.

"Tidak ada peminat karena memang kualifikasi pendidikan pelamar yang langka," jelasnya.

Baca Juga: Ribuan DPT pada Pilkada Lotim Tidak Memenuhi Syarat untuk Memilih

2. Siapkan dokter spesialis sendiri

Tujuh Formasi CPNS Lotim Tidak Ada PelamarKepala Dinas Kesehatan Lotim DR. Fathurahman (IDN Times/Ruhaili)

Menanggapi tidak adanya pelamar dokter spesialis, Kepala Dinas Kesehatan Lotim, DR. Fathurrohman mengatakan, penyebab kosongnya pelamar tersebut karena jumlah dokter spesialis  yang ada di Indonesia memang sangat kurang. Karena itu, pihaknya membuka formasi untuk dokter spesialis sebagai salah satu usaha untuk merekrut mereka yang berminat.

"Kita dari Pemda hanya menyiapkan formasi berharap ada yang melamar," ucapnya.

Fathurahman mengatakan karena sulitnya merekrut dokter spesialis, langkah antisipasi yang dilakukan yaitu menyekolahkan dokter putra-putri Lotim mengikuti pendidikan dokter spesialis.

"Kita sekolahkan dokter kita untuk spesialis ada 10 yang lagi sekolah, sehingga untuk 4-5 tahun kedepan kita tidak akan kekurangan dokter spesialis," imbuhnya.

3. Telah siapkan fasilitas dan tunjangan khusus

Tujuh Formasi CPNS Lotim Tidak Ada Pelamarilustrasi dokter sedang berbincang (unsplash.com/Accuray)

Lanjut Fathurahman, untuk menarik minat pelamar dokter spesialis ini, pihaknya telah menyiapkan fasilitas khusus dan tunjangan. Fasilitas yang disediakan yaitu, mobil dan rumah dinas. Selain itu ada tunjangan senilai puluhan juta rupiah setiap bulannya.

"Kita sudah siapkan fasilitas dan tunjangan untuk dokter spesialis ini, tetapi mungkin ada pertimbangan lain, sehingga memilih tempat yang lain," tutupnya.

Baca Juga: Nomor Urut Lima Calon Bupati pada Pilkada Lotim 2024, Cek Yuk!

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya