Syamsul Lutfhi Deklarasi Siap Maju pada Pilkada Lotim 2024

Pertarungan tiga mantan wakil bupati Lotim

Lombok Timur, IDN Times - Jelang Pilkada Lotim 2024 mendatang, bakal calon Bupati Lotim sudah mulai mengerucut. Sejauh ini sudah ada dua nama yang telah memastikan diri siap bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu di Gumi Selaparang.

Mereka adalah Haerul Warisin dan Rumaksi Shamsudin. Keduanya merupakan mantan wakil bupati Lotim. Selain itu, mantan wakil bupati Lotim periode 2008-2013  Syamsul Lutfi menyatakan diri maju pada Pilkada Lotim 2024.

Dengan majunya Samsul Lutfi ini, pertarungan antara sesama mantan Wakil Bupati Lotim tidak terelakkan. Selain itu, atmosfer pertarungan Pilkada 2018 lalu nampaknya akan kembali terulang.

1. Minta jemaah dan pengurus NWDI rapatkan barisan

Syamsul Lutfhi Deklarasi Siap Maju pada Pilkada Lotim 2024Ribuan santri NWDI saat menghadiri acara Hultah NWDI tahun 2021 lalu (IDN Times/Ruhaili)

Setelah menyatakan diri siap maju, Ketua Umum Pengurus Daerah NWDI Lotim ini mengajak semua pengurus dan kader untuk merapatkan barisan agar tidak mudah digoyahkan oleh pihak tertentu demi meraih kemenangan nantinya.

“Terkait momen Pilkada Lombok Timur, saya menyatakan kembali maju menjadi calon bupati Lotim. Oleh karena itu, giroh perjuangan harus dikuatkan,” katanya saat di konfirmasi, Minggu (21/4/2024).

Hal itu ditegaskan karena kondisi di internal NWDI yang dianggap tidak terlalu baik, berkaca pada Pemilihan Legislatif lalu. Banyak kader terbaik NWDI yang gagal lolos.

Untuk itu, kondisi internal menurutnya perlu dibenahi. Karenanya ia mengingatkan agar jemaah dan kader NWDI untuk merapatkan barisan. 

"Kita perlu memperkokoh persatuan semua elemen-elemen organisasi, terutama di Lombok Timur. Semua unsur atau elemen harus terlibat aktif membenahi keadaan. Makanya harus berani refleksi dan jujur dengan keadaan kita sekarang,” tegasnya.

Baca Juga: Bawaslu Panggil Pj Gubernur NTB, Buntut Kehadiran di DPP Golkar

2. Pertarungan Pilkada 2018 Lotim terulang kembali

Syamsul Lutfhi Deklarasi Siap Maju pada Pilkada Lotim 2024Ilustrasi pilkada serentak.ANTARA

Sebanyak tiga nama tokoh politik Lotim sudah menyatakan diri siap bertarung, yaitu Haerul Warisin, Syamsul Lutfi dan Rumaksi Syamsudin.

Ketiga nama tersebut sebelumnya telah bertarung pada Pilkada Lotim 2018. Saat itu, Warisin dan Lutfi sebagai calon Bupati dan Rumaksi menjadi wakil Bupati Lotim berpasangan dengan Sukiman Azmi.

3. Pertarungan sengit

Syamsul Lutfhi Deklarasi Siap Maju pada Pilkada Lotim 2024Ilustrasi Pilkada Serentak 2024 (ANTARA/Afif/fqh)

Pada saat itu, Sukiman - Rumaksi memenangkan pertarungan dengan memperoleh 41,41 persen suara, disusul Warisin di posisi kedua dengan 27,73 persen dan Syamsul Lutfi di posisi ketiga dengan 25,62 persen.

Ketiga bakal calon ini merupakan mantan wakil bupati Lotim. Harul Warisin merupakan mantan wakil bupati 2013-2018, Shamsul Lutfi mantan Wakil Bupati Lotim periode 2008-2013 dan Rumaksi mantan wakil Bupati 2018-2023.

Ketiganya kini menyatakan diri maju sebagai bupati Lotim. Mereka tidak lagi mau menjadi wakil bupati.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya