PB NW Tak Setuju Edwin Jadi Pasangan Haerul Warisin pada Pilkada Lotim

Gerindra Lotim: nama paslon belum final

Lombok Timur, IDN Times - Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) mendukung penuh kebijakan Partai Gerindra mengusung Haerul Warisin (HW) dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lombok Timur (Lotim) 2024. Saat ini, sejumlah parpol di Lotim sedang menimbang-nimbang kader terbaiknya untuk maju pada pilkada Lotim.

HW merupakan Ketua DPC Gerindra Lotim. Untuk pasangan calon wakil bupati, PB NW masih menimbang siapa yang paling layak mendampingi HW.

1. Tolak Edwin Jadi Wakil HW

PB NW Tak Setuju Edwin Jadi Pasangan Haerul Warisin pada Pilkada LotimKetua PB NW, TGKH Lalu Gede Zainuddin Atsani (IDN Times/Ruhaili)

Sejak 2023 lalu, HW seringkali dipasangkan dengan Edwin Hadiwijaya sebagai bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Lotim. Penentuan pasangan calon ini tidak diterima oleh PB NW. Sebab PB NW merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas) yang selama ini bekerja sama dan mendukung Partai Gerindra.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua PB NW, TGKH Lalu Gede Zainuddin Atsani menanggapi persiapan Pilkada Lotim 2024. Menurutnya, menentukan pasangan calon pada Pilkada harus melalui mekanisme musyawarah pada internal partai, bukan hanya asal tunjuk dan dipasangkan. Untuk itu, pihaknya meminta partai harus berkordinasi bersama dengan NW.

"Kalau memang itu keputusan partai, mengusung Haerul Warisin oke lah, tapi jelas NW menerima calon dan bukan pasangan calon. Karenanya kita pinginnya diajak terlibat dalam menentukan paslon ini," ungkapnya.

Untuk pertarungan Pilkada Lotim 2024, NW sendiri sudah punya kader terbaik untuk mendampingi HW.  Karena pihak NW sudah punya calon wakil dari organisasi yang telah disiapkan sejak tahun 2023 lalu.

Zainuddin berharap, Partai mempertimbangkan apa yang menjadi keinginan dari organisasi. Hal ini demi tercapainya kemenangan bersama pada Pilkada 2024 ini.

 "Karena saat ini target kami maju untuk menang, bukan sebagai penggembira saja," tegasnya.

Baca Juga: Pajak Galian C dan Restoran Bandel di Lotim akan Ditagih Kejaksaan

2. Gerindra tegaskan pasangan HW-Edwin belum final

PB NW Tak Setuju Edwin Jadi Pasangan Haerul Warisin pada Pilkada LotimSekretaris DPC Gerindra Lotim, M. Yusri (IDN Times/Ruhaili)

Menanggapi pernyataan NW, Sekretaris DPC Gerindra Lotim, M Yusri mengatakan bahwa terkait persoalan paslon Pilkada, pihak partai telah sepakat merekomendasikan HW menjadi calon Bupati Lotim. Sementara untuk wakilnya masih belum disepakati dan ditentukan.

"Kita semua kader akan tunduk dan ikuti pada keputusan partai, siapapun yang direkomendasikan," ucapanya. 

Yusri mengatakan bahwa penyandingan paslon merupakan bagian dari penjajakan untuk mengetahui tingkat respons masyarakat.  Sementara terkait dengan Edwin, itu merupakan usul sebagian kader partai, karena secara visi dan pemikiran, HW dan Edwin memiliki kesamaan. 

"Pasangan ini masih belum final, masiih penjajakan, kan perlu ada komunikasi dari calon yang kita harapkan dan inginkan," ucapnya.

3. Golkar siapkan Baiq Isvie Rupaeda

PB NW Tak Setuju Edwin Jadi Pasangan Haerul Warisin pada Pilkada LotimKetua DPRD Provinsi NTB, Isvie Rufaeda (Facebook/Isvie Rufaeda)

Sementara itu, dalam menghadapi Pemilukada Lotim 2024, Partai Golkar yang berlambang pohon beringin itu telah menyiapkan tiga kader terbaiknya. Ketiganya yaitu, Ketua DPRD Provinsi NTB, Isvie Rupaeda, Wakil Ketua DPRD Lotim, Daeng Paelori, dan Ketua DPC Golkar Lotim Hasan Rahman.

Ketiganya disebut memiliki elektabilitas yang cukup tinggi. Partai Golkar di Lotim optimistis dapat memenangkan pemilu Lotim tahun ini.

"Yang teratas survei sementara saya dan Bu Isvie," kata Daeng Paelori yang juga menjabat sebagai Dewan Penasihat DPC Partai Golkar Lotim.

Baca Juga: Dishub NTB Prediksi Jumlah Pemudik Mencapai 3 Juta Orang

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya