PAN dan Gerindra Kunci Kursi Pimpinan DPRD Lotim

PAN siap tarung pada Pilkada 2024 dan usung kader sendiri

Lombok Timur, IDN Times – Partai Amanat Nasioanl (PAN) dan Partai Gerakan Indonesa Raya (Gerindra) mengunci kursi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Lombok Timur (Lotim). PAN dan Gerindra sama-sama memperoleh 6 kursi. PAN berhasil menyapu suara di semua daerah pemilihan (Dapil) dan sukses mendapatkan dua kursi di Dapil IV Lotim.

Sementara itu, Gerindra juga berhasil meraih kursi di semua Dapil dan sukses menpatakan dua kursi di Dapil V. Perolehan 6 kursi ini menjadikan PAN dan Gerindra untuk sementara berhasil mengunci jabatan pimpinan DPRD Lotim.

1. Siap bertarung pada Pilkada Lotim

PAN dan Gerindra Kunci Kursi Pimpinan DPRD LotimSekretaris DPD PAN Lotim, Tirmizi (dok. Tirmizi)

Sekretaris Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PAN Lotim, Tirmizi mengatakan, berkaca pada hasil pemilihan legislatif (Pileg) ini, pihaknya siap untuk bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lotim tahun 2024. Ia menegaskan bahwa PAN akan mengusung kader internal dan tidak akan mendukung calon dari luar parpol.

“Kita siap tarung pada Pilkada nanti, kita akan usung kader internal yang terbaik, karena kita punya kader bagus-bagus. Dan kita optimis bisa memenangkan Pilkada nanti,” tegas Tirmizi.

Baca Juga: Daftar Caleg yang Mendapatkan Kursi DPRD Lotim Periode 2024-2029

2. Gerindra semringah

PAN dan Gerindra Kunci Kursi Pimpinan DPRD LotimKetua KPU Lotim saat mengetok hasil Pleno (IDN Times/Ruhaili)

Sementara itu, berdasarkan hasil Pleno KPU Lotim, Partai Gerindra berhasil menjadi pemenang di Pemilihan legislatif (Pileg) DPRD Lotim di tahun 2024 ini. Parpol ini meraih 6 kursi dengan total suara 93486, kemudian disusul PAN dengan perolehan 6 kursi dengan total suara 73.432 .

Perolehan suara tertinggi yang diraih Gerindra mengantarkan partai ini berhasil merebut kursi ketua DPRD Lotim  yang saat  diduduki oleh Partai Keadilan Kesejahteraan (PKS). Selain perolehan suara tertinggi, Partai Gerindra juga mampu mengamankan dua kursi di Dapil V DPRD Lotim. Yusri mengatakan untuk Pilkada Lotim, Gerindra akan mengusung Khairul Warisin.

"Alhamdulillah untuk Pileg sekarang ini Partai Gerindra berhasil mengamankan kursi ketua DPRD Lotim, tinggal bertarung memperebutkan Lotim 1," kata Sekretaris Gerindra Lotim M. Yusri.

3. Golkar terpental dari pimpinan DPRD

PAN dan Gerindra Kunci Kursi Pimpinan DPRD Lotimwanstudio

Sementara itu, nasib apes didapatkan Partai Golongan Karya (Golkar) pada Pileg kali ini. Selama pelaksanaan Pileg, Golkar selalu mendapatkan kursi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lotim.

Berbeda dengan kali ini, Golkar harus rela lengser dari kursi pimpinan. Hal itu karena Golkar hanya mampu meraih 4 kursi karena gagal di Dapil III. Posisi Golkar diambil alih oleh Nasdem. 

Baca Juga: Daftar Caleg Dapil Lotim yang Dapat Kursi DPRD Provinsi NTB 2024-2029

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya