Nomor Urut Lima Calon Bupati pada Pilkada Lotim 2024, Cek Yuk!

Pilihan NW dan NWDI berbeda

Lombok Timur, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur (Lotim) telah menggelar rapat pleno pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lotim, Senin (23/9/24). 

Berikut hasil undian nomor urut Pilkada Lotim :

  1. Rumaksi Sjamsudin- Ahmad Sukisman Azmi (Ramah(
  2. Haerul Warisin - Edwin Hadiwijaya (Iron-Edwin) 
  3. Tanwirul Anhar-Daeng Paelori (Tanda)
  4. Syamsul Lutfi-Abdul Wahid (Lutfi-Wahid)
  5. Suryadi Jaya Purnama-TGKH-Muhammad Lalu Gede Khaerul Fatihin (SJP-TGF).

1. Calon NW dan NWDI tidak linier

Nomor Urut Lima Calon Bupati pada Pilkada Lotim 2024, Cek Yuk!Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lotim yang diusung NW dan NWDI Lutfi-Wahid No 4 dan SJP-TGF nomor 5(IDN Times/Ruhaili)

Hasil pengundian ini cukup mengejutkan, terutama bagi Paslon yang diusung oleh NW dan NWDI karena tidak linier dengan nomor urut Paslon Gubernur yang juga mereka usung.  

Calon yang diusung oleh NW di Pilkada Lotim SJP-TGF mendapatkan nomor urut 5, sementara untuk gubernur yaitu pasangan Iqbal-Dinda mendapatkan nomor urut 3. Hal yang sama juga untuk NWDI, Lutfi-Wahid nomor urut 4 dan Rohmi-Firin nomor urut 1. 

Baca Juga: Nomor Urut Cagub NTB: Rohmi-Firin 1, Zul-Uhel 2 dan Iqbal-Dinda 3

2. Sebut tidak berpengaruh

Nomor Urut Lima Calon Bupati pada Pilkada Lotim 2024, Cek Yuk!Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lotim, saat menunjukkan nomor urut masing-masing (IDN Times/Ruhaili)

Menanggapi hasil undian nomor urut paslon bupati dan wwakil bupati Lotim dan paslon gubernur dan wakil gubernur NTB, Juru Bicara Tim Pemenangan Lutfi-Wahid, Heri Sabri menyebut jika nomor urut yang tidak linier tidak menjadi persoalan bagi timnya untuk memenangkan Lutfi-Wahid. Hal itu karena masing-masing telah memiliki tim pemenangan sendiri.

Justru menurutnya ini hal yang cukup baik, karena timnya bebas dalam melakukan sosialisasi dan tidak lagi tergantung dengan nomor urut paslon gubernur. 

"Nomor urut itu tidak masalah bagi kami linier ataupun tidak itu tidak ada hubungannya, karena berdasarkan hasil survei Poltracking, kami paling unggul diangka 39 persen berbanding 19 persen untuk Ramah di posisi ke dua, kemudian Iron-Edwin di posisi ke tiga," ungkapnya.

Lanjut Sabri, pihaknya akan tetap membantu Rohmi-Firin sebab perbedaan nomor urut tersebut tidak akan menjadi persoalan. Pihaknya telah mengantisipasi hal itu dengan branding warna pakaian, bukan memberanding nomor urut.

"Kita sudah antisipasi, dengan branding warna pakaian, Rohmi-Firin jilbab ijo dan Lutfi-Wahid baju ijo," jelasnya.

3. Berdampak pada pemilih tradisional

Nomor Urut Lima Calon Bupati pada Pilkada Lotim 2024, Cek Yuk!Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lotim, saat menunjukkan nomor urut masing-masing (IDN Times/Ruhaili)

Pengamat Politik, DR. Muhammad Saleh mengatakan nomor urut pada Paslon Gubernur dan Bupati yang tidak linier hanya akan berdampak terhadap pemilih tradisional yaitu pemilih pada kelas bawah yang tingkat pendidikannya rendah. Sementara untuk kelas menengah ke atas, yaitu pemilih berpendidikan tidak akan berpengaruh. 

Tetapi jumlah prosentase pengaruhnya besar atau kecil itu tergantung bagaimana membaranding Paslon masing-masing. Saleh mengatakan manfaat nomor urut yang linier itu mempermudah kerja-kerja tim dalam melakukan sosialisasi. Sehingga lebih mudah dalam memberikan pemahaman kepada pemilih.

"Jumlah pemilih kelas rendah Lotim itu sekitar 60 persen, apakah ada pengaruh atau tidak itu tergantung branding," pungkasnya.

Baca Juga: Terobsesi Punya Anak, IRT di Lotim Culik Balita di Taman Selong

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya