DPC PDI-P Lotim Ingin Koalisi pada Pilbup Sepaket dengan Pilgub 2024

Semua bakal calon memiliki peluang sama untuk diusung

Lombok Timur, IDN Times - Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Lombok Timur (Lotim) telah membuka pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur untuk menghadapi Pilkada serentak 2024. Pihaknya masih menunggu para bakal calon bupati untuk mengembalikan formulir dan mendaftar.

PDIP Lotim menjaring bakal calon yang sehaluan dengan garis-garis perjuangan partai. Selain itu akan memilih koalisi yang linier dengan pilkada gubernur NTB. Dengan demikian, penjaringan dukungan dari masyarakat bisa lebih mudah.

1. 13 bakal calon telah ambil formulir

DPC PDI-P Lotim Ingin Koalisi pada Pilbup Sepaket dengan Pilgub 2024Pengurus DPC PDIP Lotim, saat menerima pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati (IDN Times/Ruhaili)

Ketua DPC PDIP Lombok Timur, Ahmad Sukro mengatakan sejak pendaftaran dibuka pada pekan lalu, total sebanyak 13 orang bakal calon yang telah mengambil formulir. Sementara yang telah menyerahkan berkas pendaftaran baru tiga bakal calon.

Dua pasangan bakal calon yaitu Warisin-Edwin dan Rumaksi-Amrul, serta satu bakal calon bupati yaitu H. Nasruddin. Bakal calon bupati, Syamsul Lutfi telah mengambil formulir, tetapi masih belum menyerahkan berkas pendaftaran.

"Sebenarnya ada tiga paket pasangan yang ambil formulir, Pasangan H Iron - H Edwin merupakan pasangan pertama mendaftar, karena timnya H Iron paling intens komunikasinya," sebutnya.

Baca Juga: Pemkab Lotim Siapkan Rp10 Miliar untuk Intervensi Harga Jagung

2. Inginkan koalisi linier dengan Pilgub

DPC PDI-P Lotim Ingin Koalisi pada Pilbup Sepaket dengan Pilgub 2024Pasangan Iron-Edwin saat menyerahkan berkas pendaftaran ke Partai PDIP (IDN Times/Ruhaili)

Sukro mengatakan PDI-P tak ingin kalah dan harus menjadi pemenang di Pilkada Lotim 2024. Dalam penjaringan bakal calon ini, ia akan benar-benar memilih bakal calon dengan ketat, yaitu yang diinginkan dan dibutuhkan masyarakat serta mampu membangun Lotim.

Selain itu, dalam menjalin koalisi, ia menghendaki untuk berkoalisi linier dengan partai pengusung Pilgub. Dalam mengusung calon kepala daerah, baginya adalah harus bersedia bersinergi dan sejalan dengan garis perjuangan PDI-P. Komunikasi politik juga harus terus terjalin setelah calon yang diusung terpilih sebagai kepala daerah.

"Kita berharap koalisi linier dengan Pilgub, agar nyaman kita berjuang dan bertarung. Kami di PDI-P dididik bukan dengan sifat pengkhianat dalam berjuang dengan siapa pun teman koalisi. Ketika sudah sepakat, maka kita akan perjuangkan meskipun itu bukan kader," ucapnya.

3. Semua bakal calon memiliki peluang yang sama

DPC PDI-P Lotim Ingin Koalisi pada Pilbup Sepaket dengan Pilgub 2024Sejumlah bakal calon yang datang mendaftarkan diri ke DPC PDIP Lotim(IDN Times/Ruhaili)

Sukro mengatakan bahwa semua bakal calon yang mendaftarkan diri di partainya memiliki peluang yang sama untuk diusung. Ia pun mengakui survei internal partai telah mengerucut ke pasangan tertentu meskipun enggan membeberkan calon tersebut. Tetapi Sukro mengakui ada tiga nama bakal calon yang memiliki elektabilitas tinggi, yaitu Haerul Warisin, Rumaksi dan Syamsul Lutfi. 

"Ada tiga nama bakal calon yangmemiliki elektabilitas tinggi, termasuk paslon Iron-Edwin. Dia banyak disebut juga di masyarakat," akunya.

Ia mengatakan meskipun memiliki survei cukup tinggi, tetapi kriteria khusus bakal calon yang akan dipilih yaitu yang sejalan dengan garis perjuangan partai. Bagiamana memperhatikan dan mengabdikan diri dengan masyarakat. 

"Intinya harus sejalan dengan garis dan perjuangan partai, kalo elektabilitas masih bisa katrol," tutupnya.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Lombok, Warga Panik

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya