Tiga Anak di Dompu Digigit Anjing Rabies saat Bermain

Ketiganya mendapatkan gigitan di sejumlah anggota tubuh

Dompu, IDN Times - Tiga anak di Desa Saneo, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat berinisial E (7), F (5) dan H (13) jadi korban keganasan seekor anjing diduga terjangkit rabies (penyakit anjing gila). Mereka terkena gigitan di sejumlah anggota badannya.

"Korban mengalami luka gigitan pada bokong, kaki dan wajah," kata Kapolsek Woja, Polres Dompu, Ipda Zainal seperti dikutip dari ANTARA pada Senin (20/3/2023).

Merasa prihatin terhadap insiden yang menimpa sejumlah bocah ini, Kapolsek dengan tegas meminta anggota untuk melakukan pengejaran sekaligus pemusnahan terhadap anjing-anjing ganas tersebut.

"Insiden yang serupa beberapa kali terjadi di Desa Saneo. Tidak menutup kemungkinan apabila tidak dimusnahkan akan makin banyak lagi korban dan menular ke anjing milik warga lainnya," katanya.

1. Digigit saat bermain

Tiga Anak di Dompu Digigit Anjing Rabies saat Bermainilustrasi anak-anak bermain (freepik.com/jcomp)

Peristiwa itu berawal saat korban E sedang bermain di depan rumahnya, tiba-tiba dari arah belakang datang seekor anjing langsung menggigit korban.

Untungnya, orang tua korban yang tak jauh dari TKP melihat hal tersebut langsung melemparkan batu ke arah anjing tersebut. Namun, anjing tersebut lari dan malah menggigit paha kaki kanan korban lainnya, yakni H alias F.

"Dono saat itu sedang berdiri di pinggir jalan depan rumahnya," katanya.

Baca Juga: Ayah yang Perkosa Anak Kandungnya di Dompu Diduga Kabur ke Bima

2. Digigit di bagian wajah

Tiga Anak di Dompu Digigit Anjing Rabies saat BermainIlustrasi anjing. (Instagram.com/bawabali_official)

Tak berhenti di situ, warga yang menyaksikan kejadian di sekitar TKP langsung melakukan pengejaran terhadap anjing tersebut. Akan tetapi, yang terjadi, anjing ganas ini malah kembali menyerang Fyang baru selesai BAB di pinggir sungai.

"F digigit oleh anjing tersebut di bagian wajah," katanya.

3. Sebanyak 11 kasus gigitan

Tiga Anak di Dompu Digigit Anjing Rabies saat Bermainilustrasi gigitan anjing (unsplash.com/@jwwhitt)

Atas kejadian yang dialami, selanjutnya ketiga orang korban tersebut dibawa ke Puskesmas Dompu Barat untuk di berikan perawatan medis.

"Ketiga korban gigitan anjing tersebut sudah diberikan Vaksin Anti Rabies (VAR) oleh pihak medis Puskesmas Dompu Barat," katanya.

Berdasarkan data Puskesmas Dompu Barat sejak awal Maret 2023, jumlah kasus gigitan anjing rabies di Kecamatan Woja sejauh ini sudah berjumlah 11 kasus.

"Di 2022 kasus gigitan anjing rabies berjumlah 25 kasus," katanya.

Baca Juga: Seorang Gadis di Dompu Diduga Tersambar Petir saat Makan Rujak

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya