Tata Lapak PKL Pantai Ampenan, Pemkot Mataram Siapkan Rp500 Juta

Lapak PKL saat ini akan dijadikan tempat duduk pengunjung

Mataram, IDN Times - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp500 juta untuk penataan lapak pedagang kaki lima (PKL) di objek wisata Pantai Ampenan. Harapannya agar lapak pedagang bisa lebih representatif.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi mengatakan lapak PKL yang akan ditata adalah sentra Kuliner Wisata Ampenan yang selama ini terkesan tertutup.

"Lapak tersebut akan kita buka agar pedagang bisa masuk, dan lapak PKL yang ada saat ini akan kita jadikan tempat duduk pengunjung," katanya seperti dikutip dari ANTARA pada Kamis (5/1/2023).

1. Masih proses tender

Tata Lapak PKL Pantai Ampenan, Pemkot Mataram Siapkan Rp500 Jutagoogle

Menurut dia, kegiatan penataan lapak PKL dengan anggaran Rp500 juta yang bersumber dari APBD Kota Mataram itu saat ini dalam tahap persiapan untuk tender. Setelah ada pemenang, kegiatan fisik bisa dimulai.

Dalam perencanaan, selain akan membongkar tembok lapak Kuliner Wisata Ampenan tersebut, juga akan dilakukan pembongkaran terhadap los-los lapak di bagian dalam.

"Penataannya akan kita sesuaikan, untuk memudahkan pedagang dan pembeli. Desainnya seperti food court, dengan satu kasir, tapi pembeli bisa pesan di lapak pedagang mana saja," katanya.

Baca Juga: Soal Korupsi Bibit Sapi, Inspektorat NTB Terima Permintaan Audit

2. Sudah komunikasi dengan pedagang

Tata Lapak PKL Pantai Ampenan, Pemkot Mataram Siapkan Rp500 Jutainstagram (@fidyaeka)

Selain itu, tambahnya, Dispar juga akan melakukan penataan terhadap lapak PKL bagian utara, untuk mengakomodasi pedagang yang tidak bisa terakomodasi di lapak bagian selatan karena jumlah pedagang lebih dari 100 orang.

Lebih jauh Denny mengatakan, untuk melakukan penataan lapak PKL tersebut, telah dilakukan komunikasi dengan para pedagang dan pedagang memberikan respon positif.

"Mereka mau mengikuti apa yang kita rencanakan sebab niat baik pemerintah hanya untuk kenyamanan bagi masyarakat saja. Dalam hal ini, pemerintah tidak ada keuntungan," katanya.

3. Tentang Pantai Ampenan

Tata Lapak PKL Pantai Ampenan, Pemkot Mataram Siapkan Rp500 Jutawartantb.com

Pantai Ampenan merupakan salah satu pantai di Kota Mataram. Di sini biasanya wisatawan menikmati matahari terbenam sambil ditemani ombak pantai.

Bukan itu saja, di Pantai Ampenan juga terdapat banyak lapak PKL yang menyediakan aneka kuliner. Mulai dari ragam seafood, sate ikan, sate ayam, jagung bakar, aneka minuman dan area bermain anak.

Pantai Ampenan menjadi salah satu destinasi wisata wajib yang dapat dikunjungi saat ke Kota Mataram. Lokasinya pun tidak jauh dari pusat kota.

Baca Juga: Pendapatan Pemprov NTB Tahun 2022 Sebesar Rp5,29 Triliun

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya