Pemkot Mataram akan Revitalisasi Pantai Ampenan

Usulkan anggaran sebesar Rp21 miliar

Mataram, IDN Times - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mengusulkan anggaran sebesar Rp21 miliar ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, untuk kegiatan revitalisasi objek wisata Pantai Ampenan.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi mengatakan, dengan anggaran itu objek wisata Pantai Ampenan akan direvitalisasi secara total.

"Karena itulah, anggaran yang kita usulkan Rp21 miliar ini meningkat dari usulan sebelumnya sebesar Rp7 miliar," katanya seperti dikutip dari Antara pada Selasa (18/7/2023).

1. Desain kearifan lokal

Pemkot Mataram akan Revitalisasi Pantai Ampenanwartamataram.com

Dalam desain perencanaan revitalisasi Pantai Ampenan yang diajukan ke Kemenparekraf RI, objek wisata Pantai Ampenan akan direvitalisasi dengan desain syarat kearifan lokal.

Revitalisasi diprioritaskan pada perbaikan lapak pedagang kaki lima (PKL) yang kondisinya saat ini tidak beraturan dan terkesan menutup kawasan pantai karena pedagang menambah lapak dengan bahan seadanya.

Karena itu, lapak-lapak di bagian depan akan dipindahkan pada areal lapak yang akan disiapkan di bagian selatan. Sedangkan, anjungan akan dibangun dengan lingkungan sebagai tempat pengunjung menikmati laut dan "sunset" atau matahari tenggelam.

Baca Juga: 9.287 Hektare Tanaman Tembakau di Lombok Terancam Gagal Panen 

2. Sarana bermain anak

Pemkot Mataram akan Revitalisasi Pantai Ampenandok. pribadi/Eka Fitriani

Slain itu juga akan disiapkan khusus untuk sarana permainan anak-anak, plaza sebagai tempat duduk-duduk serta tempat pertunjukan seni dan budaya akan dibuat mirip di Teras Udayana dengan desain terbuka seperti "bale lumbung" (rumah khas Suku Sasak), dan akan dibangun fasilitas tempat baca.

"Taman baca anak kita hidupkan lagi. Sebelumnya di Pantai Ampenan memang ada taman baca, tapi ditutup karena kondisi yang tidak memungkinkan," katanya.

Terkait dengan itu, pihaknya berharap usulan anggaran Rp21 miliar itu bisa terealisasi tahun 2024, agar Pantai Ampenan bisa menjadi salah satu destinasi unggulan di daerah ini.

3. Tata lapak kuliner

Pemkot Mataram akan Revitalisasi Pantai Ampenandok. pribadi/Eka Fitriani

Lebih jauh Denny mengatakan, selain telah mengajukan bantuan anggaran sebesar Rp21 miliar ke pemerintah pusat, untuk tahap pertama Dispar akan melakukan penataan pada Lapak Kuliner Ampenan yang selama ini terkesan mangkrak di tahun ini.

Untuk penataan lapak kuliner tersebut, pihaknya sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp400 juta bersumber dari APBD Kota Mataram.

"Lapak kuliner yang dibangun tertutup akan kita buka agar terlihat lebih representatif dan memberikan kenyamanan bagi pedagang dan pengunjung," katanya.

Baca Juga: Diduga Setubuhi Anak Kandung, Pria di Lombok Babak Belur Diamuk Massa 

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya