Dua Balita di Mataram Terkunci di Mobil saat Ibunya Beli Kue

Evakuasi dilakukan oleh polisi dan warga

Mataram, IDN Times – Dua balita terkunci di dalam mobil saat ibunya membeli kue di Jalan Bung Karno Kelurahan Pagutan Timur Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Selasa (20/9/2022). Polisi yang kebetulan melintas di lokasi tersebut langsung datang membantu membuka mobil.

Kapolsek Pagutan, Iptu I Putu Sastrawan mengatakan saat di lokasi bahwa memang benar baru saja pukul 07.50 wita pihaknya bersama anggota Polsek Pagutan melakukan evakuasi dua  anak Balita yang terkunci di dalam mobil. Diketahui bahwa mobil itu diparkir di sekitar pertokoan.

1. Kronologis

Dua Balita di Mataram Terkunci di Mobil saat Ibunya Beli KueProses evakuasi dua balita yang terkunci di dalam mobil (istimewa)

Awal mula pada saat melakukan pengecekan personel di jalan raya setalah pelayanan pengaturan rawan pagi, polisi melihat ditemukan warga yang sedang beramai-ramai bermaksud mengeluarkan anak yang tidak sengaja terkunci di dalam mobil, terangnya

“Jadi saya melihat orang ramai-ramai, kemudian saya datangi,” ujarnya.

Ibunya yang saat itu bermaksud membeli kue di depan pertokoan jalan Bung Karno. Ibunya memang sengaja tidak mematikan mesin kendaraannya. Setelah selesai membeli kue Ibunya bermaksud membuka pintu mobil ternyata sudah dalam keadaan terkunci, ungkap Iptu Sastrawan.

2. Ibunya meminta bantuan 

Dua Balita di Mataram Terkunci di Mobil saat Ibunya Beli KueProses evakuasi dua balita yang terkunci di dalam mobil (istimewa)

Di sekitar TKP, pemilik mobil meminta bantuan untuk membuka pintu mobil. Kapolsek dan Personel Polsek Pagutan secara spontanitas bersama anggota TNI AD yang bertugas di Korem untuk memecahkan kaca mobil menggunakan sangkur yang dibawanya.

Proses evakuasi disaksikan oleh warga dan pengendara yang melintas di sekitar TKP. Ibu kedua balita itu terlihat panik, karena dua balitanya masih berada di dalam mobil yang terkunci.

Baca Juga: 75 Ribu UMKM di Loteng Sudah Terdata, 30 Ribu Diusulkan Dapat BPUM

3. Mobil berhasil dibuka 

Dua Balita di Mataram Terkunci di Mobil saat Ibunya Beli Kueyahoo.com

Tak lama kemudian, mobil berhasil dibuka. Sementara dua anak beserta ibunya sudah kembali ke rumah. Kedua balita itu tak terluka dan evakuasi berhasil dilakukan.

“Saya mengimbau kepada masyarakat terutama para ibu sebaiknya berhati-hati dan tidak bergegas terburu waktu sehingga bisa aktivitas dengan lancar,” tutup Iptu Sastrawan.

4. Tips membuka pintu mobil pakai gantungan baju

Dua Balita di Mataram Terkunci di Mobil saat Ibunya Beli Kuestrom clothing

Ada beberapa cara untuk membuka pintu mobil tanpa kunci, salah satunya dengan menggunakan gantungan baju yang terbuat dari alumunium agar mudah dibengkokkan. Biasanya cara ini digunakan pada mobil dengan kunci manual.

Pertama, kamu luruskan gantungan tersebut lalu buat tekukan di salah satu ujung kawat sepanjang 3-5 cm sehingga bisa berfungsi sebagai pengait. Setelah itu masukkan ke dalam celah antara jendela dan lapisan karet pintu.

Kemudian rasakan apakah kawat masuk hingga beberapa senti ke bawah sehingga terasa pengait masuk melalu jendela? Jika iya, balik posisi pengait sehingga mengarah masuk ke dalam mobil.

Perlu diingat, tuas kunci harus sejajar sehingga nantinya posisi pengait tegak lurus dengan tuas kunci, lalu gerakan pengait agar bisa menjangkau tuas pintu. Setelah merasa pengait telah berhasil menangkap tuas kunci dan melihatnya bergerak maka segera tarik ke atas untuk membuka pintu mobil.

5. Pakai penggaris besi

Dua Balita di Mataram Terkunci di Mobil saat Ibunya Beli Kueilustrasi penggaris (unplash.com/Ashkan Forouzani)

Membuka pintu terkunci dengan penggaris besi minimal sepanjang 60-80 cm ternyata bisa, loh. Pertama, siapkan penggaris besi, lalu selipkan penggaris melalui karet kaca mobil. Santai aja, karet pada kaca mobil sangat gampang untuk dilepas dan pasang kembali, kok.

Masukkan penggaris ke celah karet dan kaca. Setelah itu rasakan titik panel kunci sambil melihat pergerakan panel kunci. Jika terdapat pergerakan panel manual kunci bergerak, berarti itu adalah tuas panel untuk membuka pintu, itu berarti kamu berhasil membuka pintu mobil. Jika masih belum terbuka, cobalah berulang kali hingga berhasil.

Baca Juga: Korupsi RSUD KLU, Prof Mudzakir: Hanya BPK yang Berhak Hitung Kerugian

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya