Dinkes Mataram Tunggu Distribusi Vaksin Kanker Serviks dari Pemerintah

Vaksin untuk mencegah kanker leher rahim

Mataram, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengatakan masih menunggu pendistribusian vaksin HPV (human papillomavirus) untuk pencegahan kanker leher rahim (cervical cancer) pada wanita.

“Selain belum menerima vaksin, kami juga belum menerima surat edaran terkait program pemerintah vaksinasi kanker serviks. Jadi kita tunggu saja,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr H Usman Hadi seperti diberitakan Antara, Jumat (2/6/2023).

1. Dukung program pemerintah

Dinkes Mataram Tunggu Distribusi Vaksin Kanker Serviks dari PemerintahIlustrasi vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Pernyataan tersebut disampaikan menanggapi kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang akan memberikan vaksin HPV secara gratis kepada anak perempuan sekolah dasar (SD) kelas V-VI.

Usman mengatakan, pihaknya sangat mendukung program tersebut sebagai salah satu langkah antisipatif untuk mencegah kasus kanker serviks sejak dini pada perempuan.

Baca Juga: Mahasiswa Desak Kapolda NTB Bebaskan 15 Pendemo yang Ditahan di Bima

2. Koordinasi dengan Disdik Mataram

Dinkes Mataram Tunggu Distribusi Vaksin Kanker Serviks dari PemerintahIlustrasi pelajar (IDN Times/Mardya Shakti)

Oleh karena itu, untuk mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram, untuk mendata calon target vaksin HPV.

“Jika surat edaran sudah kami terima, kami akan segera berkoordinasi dengan Disdik, untuk mendata siswa sekolah dasar kelas V-VI sebagai target penerima vaksin HPV sesuai ketentuan yang telah ditetapkan,” ujarnya.

3. Kerja sama dengan TP PKK Mataram

Dinkes Mataram Tunggu Distribusi Vaksin Kanker Serviks dari PemerintahIlustrasi Berkas (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Menyinggung data kasus kanker serviks di Kota Mataram, Kemenkes belum bisa memberikan angka pasti karena datanya masih diverifikasi dan divalidasi.

Namun demikian, dalam upaya pencegahan kasus kanker serviks di Kota Mataram, Dinkes bekerja sama dengan TP PKK Kota Mataram melalui kader posyandu dan kader kesehatan bergerak bersama melakukan sosialisasi pencegahan.

Termasuk saat jambore kader PKK yang berlangsung di Kota Mataram pada 29-30 Mei 2023, penyuluhan tentang kanker serviks menjadi salah satu cabang yang dilombakan.

“Harapannya melalui sosialisasi, penyuluhan dan pemberian vaksinasi HPV gratis yang akan dilaksanakan mampu mencegah angka kejadian kanker serviks pada wanita,” demikian Usman Hadi.

Baca Juga: BMKG Catat NTB Digoyang 465 Gempa Bumi dalam Sebulan 

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya