Dinas Pertanian Lombok Tengah Dukung BPS Lakukan Sensus Pertanian

Untuk menjawab isu strategis pertanian di Lombok Tengah

Lombok Tengah, IDN Times - Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Nusa Tenggara Barat (NTB) mendukung penuh pelaksanaan Sensus Pertanian 2023, yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS). Data hasil sensus pertanian yang dilakukan setiap 10 tahun sekali ini dianggap penting untuk mengetahui kondisi pertanian di Lombok Tengah.

"Kita berharap Sensus Pertanian 2023 ini bisa menghasilkan data pertanian di Lombok Tengah yang lebih lengkap," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah Taufikurrahman seperti dikutip dari Antara pada Jumat (12/5/2023).

1. Jawab isu strategis pertanian

Dinas Pertanian Lombok Tengah Dukung BPS Lakukan Sensus PertanianIlustrasi lahan sawah (IDN Times/ Ervan)

Sensus ini meliputi tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan jasa pertanian. Taufikurrahman mengatakan tujuan sensus pertanian ini adalah menyediakan data struktur pertanian dan data yang dihasilkan dapat digunakan sebagai tolok ukur statistik pertanian serta kerangka sampel untuk survei pertanian.

"Data ini bisa digunakan untuk menjawab isu strategis pertanian dan mengetahui kondisi pertanian dan teknologi yang diterapkan," katanya.

Baca Juga: Pemda NTB Dorong Implementasi Transaksi Keuangan Daerah secara Digital

2. Siapkan seribu petugas

Dinas Pertanian Lombok Tengah Dukung BPS Lakukan Sensus PertanianILUSTRASI petani di sawah (Dhana Kencana)

Sebelumnya, BPS Lombok Tengah menyiapkan 1.000 petugas untuk melaksanakan Sensus Pertanian. Selain melakukan pendaftaran petugas sensus, BPS Lombok Tengah juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan Sensus Pertanian 2023, sehingga ketika petugas datang masyarakat bisa menyampaikan data yang diminta.

"Rekrutmen petugas Sensus Pertanian ini mulai dilakukan pada 6-15 Maret 2023," kata Kepala BPS Lombok Tengah Sawaludin Suregar.

3. Pendataan secara serentak

Dinas Pertanian Lombok Tengah Dukung BPS Lakukan Sensus Pertanianilustrasi dokumen-dokumen kertas (pexels.com/pixabay)

Sensus Pertanian ini dilakukan secara serentak di Indonesia, dimulai Juni sampai Juli 2023. Saat ini, masih dilakukan tahap sosialisasi dan rekrutmen petugas sensus, sehingga data yang dihasilkan sesuai dengan yang ditargetkan.

"Data yang dihasilkan itu lebih akurat, sehingga bisa dijadikan untuk menyusun program pemerintah," katanya.

Baca Juga: Viral Anak Kambing Bermata Satu Lahir di Lombok Tengah

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya