Bunda Niken Dorong Desainer NTB Berinovasi Tingkatkan Kualitas Produk

Terus asah inovasi untuk berikan kualitas terbaik

Mataram, IDN Times - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah terus mendorong para desainer lokal untuk mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai event dan kurasi. Tujuannya untuk mengasah kualitas dan kemampuan dari desainer itu sendiri.

"Kami mendorong berbagai desainer lokal untuk terus melakukan inovasi, mengikuti berbagai kompetisi, kurasi dalam rangka mengasah kemampuan kita dan terus memperbaiki diri dan kualitas," jelasnya dalam siaran pers yang diterima pada Jumat (12/5/2023).

1. Proses kurasi JMFW 2024

Bunda Niken Dorong Desainer NTB Berinovasi Tingkatkan Kualitas ProdukBunda Niken melihat hasil tenunan warga (Humas Pemprov NTB)

Istri Gubernur NTB yang biasa disapa Bunda Niken ini mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan seluruh stakeholder terkait atas terpilihnya NTB sebagai salah satu titik lokasi dalam proses kurasi untuk Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024.

"Ini adalah kali pertama bagi kami mendapatkan kehormatan untuk ikut mendapatkan proses kurasi secara langsung, tentu saja ini merupakan penghargaan bagi kita semua bagi para pelaku ekonomi kreatif di NTB," tutur Bunda Niken dalam siaran persnya, Jumat (12/5/2023).

2. UMKM dari Lombok juga ikut

Bunda Niken Dorong Desainer NTB Berinovasi Tingkatkan Kualitas ProdukKetua Dekranasda NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah (Dok. Diskominfotik NTB)

Sebanyak 49 pelaku usaha yang ikut dalam proses kurasi dari 70 peserta yang mendaftar, salah satunya Indah Mutiara Lombok (IML).

"Semoga dari UMKM-UMKM yang berani maju, berani untuk mengasah dan menguji kemampuan di hadapan para kurator yang berpengalaman," Kata Bunda Niken.

Bunda Niken menyebutkan bahwa Provinsi NTB memiliki banyak kesempatan menjadi tuan rumah dalam berbagai event - event Internasional, seperti MotoGP, WSBK, MXGP dan lain sebagainya.

"Kita harus terus meningkatkan kualitas dari karya - karya kriya dan kreatif sebagai penunjang pariwisata tersebut," ungkap Bunda Niken.

3. Potensi UMKM lokal

Bunda Niken Dorong Desainer NTB Berinovasi Tingkatkan Kualitas ProdukHumas Pemprov NTB

Pada kesempatan yang sama, Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Kemenparekraf/Baparekraf, Yuke Sri Rahayu menjelaskan bahwa JMFW sebagai bagian ekosistem pengembangan modest dan muslim Indonesia. Tujuannya untuk mempromosikan dan meningkatkan daya saing fashion modest dan muslim Indonesia di pasar Internasional.

"Potensi UMKM Lokal, kreativitas dan keteguhan yang dimiliki pelaku UMKM menjadi potensi yang harus dimanfaatkan dalam merealisasikan visi dan misi Presiden untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat fashion modest dunia tahun 2024," u

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya