Wisatawan Asal Irlandia Tewas di Perairan Gili Trawangan Lombok

Korban ditemukan pada kedalaman 12 meter

Lombok Utara, IDN Times - Seorang wisatawan asal Irlandia atas nama Valentine Lee (26), ditemukan tewas di Perairang Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (21/2/2024) sore.

Kasatreskrim Polres Lombok Utara Iptu Gufron Subeki menjelaskan korban ditemukan di perairan Gili Trawangan pada kedalaman 12 meter. "Korban ditemukan oleh dive master bernama Mujir," kata Gufron.

1. Ditemukan tanpa alat renang

Wisatawan Asal Irlandia Tewas di Perairan Gili Trawangan LombokGili Trawangan Lombok Utara. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gufron menjelaskan korban menginap di Vila Coconut Dream Gili Trawangan. Mujir menemukan korban sekitar pukul 15.30 WITA, kemudian mengevakuasi korban ke atas boat.

Ketika jenazah dinaikkan ke atas boat, dari mulut dan hidung korban mengeluarkan darah. Setelah itu, kapten boat atas nama Suhadi mengevakuasi mayat korban ke kantor kepolisian di Pelabuhan Gili Trawangan.

"Jadi tamunya ditemukan di dalam air tidak membawa alat-alat berenang," ungkap Gufron.

Baca Juga: Cukup Bayar Rp50 Ribu, Bisa Rasakan Sensasi Keliling Sirkuit Mandalika

2. Jenazah korban dibawa ke RS Bhayangkara

Wisatawan Asal Irlandia Tewas di Perairan Gili Trawangan Lombokilustrasi otopsi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Selanjutnya pada pukul 17.20 WITA, petugas Basarnas dan Polairud Lombok Utara mengevakuasi jenazah korban. Jenazah korban dievakuasi menggunakan speed boat milik Polairud ke Pelabuhan Teluk Nara Lombok Utara untuk penanganan lebih lanjut.

"Jenazah korban kita bawa ke RS Bhayangkara Mataram untuk mengetahui penyebab kematian korban," ucap Gufron.

3. Wisatawan asing tewas tenggelam di Gili Trawangan

Wisatawan Asal Irlandia Tewas di Perairan Gili Trawangan LombokWisatawan menuju Gili Trawangan dari Pelabuhan Bangsal Lombok Utara. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Peristiwa tewas tenggelamnya wisatawan asing di Perairan Gili Trawangan beberapa kali terjadi. Pada 8 Agustus 2023 lalu, seorang wisatawan asal Prancis atas nama Yamina Belkoniene (59) ditemukan tewas mengapung di Perairan Gili Trawangan, sekitar pukul 10.40 WITA.

Korban diduga tenggelam dan mengapung di depan Vila Unggul Perairan Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang Lombok Utara.

Gili Trawangan merupakan destinasi wisata tujuan utama wisatawan asing. Setiap hari ada ribuan wisatawan asing yang berkunjung ke Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air menggunakan kapal cepat dari Bali.

Baca Juga: Tarik Banyak Penonton, NTB Minta Tiket MotoGP 2024 Jangan Mahal-mahal

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya