Viral! Caleg di Lombok Tarik Bantuan Semen untuk Masjid karena Kalah 

Timses ambil semen pakai mobil bak terbuka

Lombok Tengah, IDN Times - Viral sebuah video di media sosial Facebook, tiga Timses Calon Legislatif (Caleg) DPRD NTB Dapil 7 Lombok Tengah, menarik bantuan semen yang disumbangkan ke masjid Dusun Selebung I Desa Selebung, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah.

Video siaran langsung itu diunggah pemilik akun Facebook Haries Haris, telah dibagikan sebanyak 3.258 kali dan 1.220 komentar hingga Selasa (20/2/2024) pukul 15.00 WITA.

Dalam video berdurasi 42:27 menit tersebut, Caleg yang menyumbang semen untuk masjid menarik bantuannya karena kalah di desa setempat. Caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu atas nama Baiq Sri Ratna Puspa Riani. Dia menyuruh tiga timsesnya untuk mengambil kembali bantuan 30 sak semen yang telah disumbangkan ke masjid setempat.

1. Warga siap kembalikan bantuan semen

Viral! Caleg di Lombok Tarik Bantuan Semen untuk Masjid karena Kalah Bantuan semen untuk masjid yang diambil kembali timses salah satu caleg di Lombok Tengah. (Tangkapan layar)

Kepala Dusun Selebung I Desa Selebung Kecamatan Batukliang Lombok Tengah Fauzan mengatakan bahwa memang sudah ada konfirmasi dari caleg tersebut, bahwa timsesnya akan datang mengambil bantuan semen yang sudah disumbangkan. Pada Senin (19/2/2024) malam, dirinya bersama sejumlah warga sudah standby di masjid.

"Tadi malam pas saya standby di sini Timsesnya bertiga datang ke sini untuk mengambil semen. Semen yang mau diambil sudah kita siapkan, kita sudah wanti-wanti karena si calon karakternya memang begitu. Tapi karena timsesnya agak malu, sehingga tidak diambil semua," tutur Fauzan, Selasa (20/2/2024).

Caleg tersebut menyumbangkan sebanyak 30 sak semen untuk masjid setempat. Tetapi karena malu, timses caleg yang membawa mobil bak terbuka hanya mengambil tiga sak semen. Fauzan mengatakan semua bantuan semen dari caleg itu akan dikembalikan. Karena warga sudah marah dengan apa yang dilakukan caleg.

"Yang diambil hanya tiga sak saja. Tapi kita kembalikan ini, harus dikembalikan. Kalau kita pakai, masyarakat yang marah," ucap Fauzan.

Baca Juga: Harga Beras di NTB Meroket, Pj Gubernur: Intensifkan Pasar Murah!

2. MUI NTB sayangkan caleg tarik bantuan yang diberikan ke masjid

Viral! Caleg di Lombok Tarik Bantuan Semen untuk Masjid karena Kalah Ketua MUI NTB Prof. Saiful Muslim. (dok. Istimewa)

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi NTB menyayangkan caleg yang menarik bantuan semen untuk masjid karena kalah dalam pemilihan legislatif (pileg). Ketua MUI NTB Profesor Saiful Muslim mengatakan jika ada caleg yang menarik bantuan yang sudah disumbangkan untuk masjid, maka niatnya tidak benar.

"Artinya niatnya dia supaya terpilih. Nyatanya tidak dipilih. Kalau mau nyumbang, nyumbang saja," kata Muslim dikonfirmasi di Mataram, Selasa (20/2/2024).

Ia mengatakan bahwa jika niatnya beramal atau bersedekah ke masjid, dipilih atau tidak maka bantuan itu tidak akan diambil kembali.

"Kalau dia sekarang dia memberikan semen kepada orang, kemudian tidak memilih dia, lalu ditarik, wajar-wajar saja. Tapi kalau disumbangkan ke masjid, kemudian ditarik itu jelas tidak ikhlas," kata Muslim.

3. Harus menyumbang dengan ikhlas

Viral! Caleg di Lombok Tarik Bantuan Semen untuk Masjid karena Kalah Ilustrasi sumbangan sedekah (unsplash.com/Joel Muniz)

Muslim mengatakan setiap orang yang menyumbang untuk masjid harus secara ikhlas. Pemilu adalah agenda lima tahunan, di mana ada yang menang dan kalah.

"Kalau hanya lepas sumbangan, tetap tidak terpilih, dia dapat pahala. Itu baru bagus. Jangan begitu tidak dipilih, langsung sumbangan masjid juga diambil," tandasnya.

Baca Juga: Pengakuan Caleg PSI Loteng yang Diduga Merusak Kaca Rumah Tetangga

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya