Usai WSBK, NTB dan Airasia Konkretkan Pembukaan Rute Lombok - Perth 

Lombok jadi prioritas AirAsia

Mataram, IDN Times - Pemprov NTB dan manajemen AirAsia akan kembali bertemu mengongkretkan rencana pembukaan rute penerbangan internasional Lombok - Perth, Australia usai perhelatan kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) Mandalika 2023. Pertemuan direncanakan di Lombok pada 6 Maret mendatang.

"Tanggal 6 Maret nanti baru akan kita detailkan bersama AirAsia, kapan mulainya pembukaan rute Lombok - Perth, nanti kita bertemu di sini usai WSBK," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB Lalu Moh. Faozal di Mataram, Jumat (24/2/2023).

1. Tindak lanjut dari pertemuan di Jakarta

Usai WSBK, NTB dan Airasia Konkretkan Pembukaan Rute Lombok - Perth Kepala Dishub NTB, Lalu Moh. Faozal (IDN Times/Muhammad Nasir)

Faozal menjelaskan pertemuan pada 6 Maret mendatang merupakan tindaklanjut dari pertemuan yang digelar sebelumnya di Jakarta. Pada 26 Januari 2023 lalu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah menggelar pertemuan dengan CEO Capital A yang sebelumnya bernama Airasia Group, Tony Fernandes.

Gubernur dan bos AirAsia Group itu membahas pembukaan direct flight atau penerbangan langsung beberapa rute internasional dan satu rute domestik ke Lombok. Beberapa direct flight rute internasional yang dibahas yaitu Australia - Lombok dan Seoul Korea Selatan - Lombok. Untuk rute Australia - Lombok, direct flight diharapkan dari Sydney, Melbourne dan Perth Australia. Sedangkan satu rute penerbangan domestik itu adalah Bali - Lombok.

"Pertemuan dengan CEO Capital A Tonny Fernandes untuk jadwal konkret, kapan mulai terbang," jelas Faozal.

Baca Juga: Ribut Soal Aset Gili Trawangan, Gubernur Sebut Ada 'Mafia' Lokal 

2. Akan berdampak pada kunjungan wisatawan

Usai WSBK, NTB dan Airasia Konkretkan Pembukaan Rute Lombok - Perth Wisatawan mancanegara saat berlibur ke Gili Trawangan, Senin (9/1/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB ini menambahkan pembukaan rute Lombok - Perth, sudah ada titik terangnya. Jika ini sudah terealisasi maka akan berdampak terhadap kunjungan wisatawan Australia ke NTB.

Menurutnya, kunjungan wisatawan Australia pasti akan meningkat karena konektivitas ke Lombok semakin mudah. Selain itu, pembukaan rute Lombok - Perth juga pasti akan berdampak terhadap terdongkraknya sektor lain. Faozal mengungkapkan sebelum pandemik COVID-19, penerbangan rute Lombok - Perth juga cukup bagus dari sisi tingkat keterisian penumpang.

3. Lombok menjadi prioritas AirAsia

Usai WSBK, NTB dan Airasia Konkretkan Pembukaan Rute Lombok - Perth Maskapai AirAsia pernah melayani rute Lombok - Perth pada 2019 lalu. (IDN Times/ Helmi Shemi)

Sebelumnya dalam pertemuan dengan Gubernur NTB di Jakarta pada 26 Januari 2023 lalu, CEO Capital A, Tony Fernandes menyatakan bahwa Lombok menjadi prioritas bagi maskapai AirAsia untuk dapat diperkenalkan di berbagai penjuru dunia dengan dibukanya kembali direct flight Lombok - Perth, Australia.

Ia mengatakan Gubernur NTB Zulkieflimansyah merupakan satu - satunya gubernur yang menyambangi kantor Airasia. Gubernur terus meminta agar AirAsia membuka direct flight ke Lombok. Menurut Tony Fernandes, Indonesia punya banyak daerah yang indah. Tetapi jika tidak ada direct flight maka tidak akan ada yang bisa menikmati keindahannya.

Baca Juga: Zohri Diturunkan di Porprov NTB, KLU Panen Emas di Cabor Atletik  

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya