Tunggu Hasil Resmi KPU, Perindo NTB Yakin TGB Lolos ke Senayan

TGB meraih suara terbanyak di Dapil NTB II

Mataram, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Perindo NTB masih yakin bisa lolos parliamentary threshold dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Wakil Ketua DPW Partai Perindo NTB M. Samsul Qomar mengatakan pihaknya menunggu hasil resmi KPU terkait pleno hasil Pileg 2024 pada 20 Maret mendatang.

Qomar juga yakin Caleg DPR RI Dapil NTB II dari Partai Perindo M. Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) bisa lolos ke Senayan. Saat ini, TGB memperoleh perolehan suara terbanyak Caleg DPR RI Dapil NTB II dengan jumlah 104.655 suara berdasarkan real count KPU, Kamis (22/2/2024) pukul 15.00 WIB.

"Masih ada peluang lolos ke Sanayan karena survei terakhir internal kita, parliamentary threshold di angka 4,8 persen sampai dengan 5,1 persen," kata Qomar dikonfirmasi Kamis (22/2/2024).

1. Tidak buru-buru menyimpulkan

Tunggu Hasil Resmi KPU, Perindo NTB Yakin TGB Lolos ke SenayanWakil Ketua DPW Partai Perindo NTB, M. Samsul Qomar. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Menurut Qomar, untuk menentukan sebuah partai politik lolos parliamentary threshold, tidak bisa mengacu pada hasil hitung cepat atau quick count lembaga survei. Pihaknya menunggu hasil resmi dari KPU.

"Masih ada waktu sampai 20 Maret 2024 nanti sebagai pleno akhir nasional. Jadi jangan buru-buru menyimpulkan, percayakan kepada KPU dan Bawaslu untuk soal ini karena mereka yang memiliki data akurat dan lengkap," ucap Qomar.

Baca Juga: Tarik Banyak Penonton, NTB Minta Tiket MotoGP 2024 Jangan Mahal-mahal

2. Masuk tiga besar parpol di Dapil NTB II

Tunggu Hasil Resmi KPU, Perindo NTB Yakin TGB Lolos ke SenayanPerolehan suara sementara partai politik Pileg DPR RI di Dapil NTB II. (dok. KPU)

Berdasarkan hasil real count sementara KPU sampai Kamis (22/2/2024) pukul 15.00 WIB, Perindo masuk tiga besar parpol dengan perolehan suara terbanyak setelah Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Dapil NTB II. Perindo mengantongi sebanyak 117.363 suara atau 10,32 persen.

Sedangkan Gerindra mengantongi 198.903 suara atau 17,5 persen dan PKS sebanyak 118.974 suara atau 10,47 persen. Dimana, Caleg Perindo nomor urut 1 Dapil NTB II, TGB meraih suara terbanyak mencapai 104.655 suara.

Qomar mengatakan hasil real count KPU berdasarkan Sirekap bukan hasil akhir. Sampai saat ini, Perindo NTB masih melakukan tabulasi data berbasis C1 hasil asli.

"Soal perolehan partai dan Caleg itu kan masih data di bawah 80 persen C1, masih bisa berubah kecuali sudah 100 persen mungkin stagnan ndak akan ada perubahan," kata Qomar.

3. Perindo yakin raih 4 kursi di DPRD NTB

Tunggu Hasil Resmi KPU, Perindo NTB Yakin TGB Lolos ke SenayanKantor DPRD NTB. (dok. Istimewa)

Qomar menambahkan pihaknya yakin Perindo akan meraih 4 kursi di DPRD NTB pada Pileg 2024. Ia meyakini akan ada tambahan kursi di dapil provinsi maupun kabupaten/kota setelah rekapatulasi suara mencapai 100 persen atau pleno di tingkat provinsi selesai

"Kita bersabar saja, tunggu hasil akhir. Kita tidak mau ada pihak yang memframing bahwa mereka sudah menyelesaikan penghitungan mendahului lembaga penyelenggara. Kita mengikuti tahapan ini dengan baik, adapun hasil yang berseliweran itu anggap saja warna-warni pemilu dan biasa saja," tandasnya.

Baca Juga: Pileg DPR RI Dapil NTB II, Rachmat Hidayat Berpotensi Gagal ke Senayan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya