Tuan Rumah Event Dunia, Manajemen Bandara Lombok Sambangi Maskapai 

Dorong perbanyak rute domestik dan internasional ke Lombok

Praya, IDN Times - Manajemen Bandara Internasional Lombok menyambangi kantor maskapai penerbangan di Jakarta untuk mendorong reaktivasi rute dan pembukaan rute baru ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Langkah ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan lalu lintas penerbangan dari dan ke Lombok.

NTB menjadi tuan rumah sejumlah event dunia seperti MotoGP, World Superbike (WSBK) dan Motocross Grand Prix (MXGP). Manajemen PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok melakukan pembicaraan dan pendekatan kepada pihak maskapai, bertempat di kantor masing-masing maskapai di Jakarta, 24-27 Januari 2023.

1. Sambangi Garuda Indonesia hingga Virgin Airlines

Tuan Rumah Event Dunia, Manajemen Bandara Lombok Sambangi Maskapai General Manager PT. AP I Bandara Internasional Lombok Rahmat Adil Indrawan menyambangi kantor maskapai Scoot di Jakarta. (dok. Humas Bandara Lombok)

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok Rahmat Adil Indrawan memaparkan terkait peluang dan potensi Lombok di tahun 2023 kepada pihak maskapai. Mulai dari maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air Group, Indonesia AirAsia, Transnusa, Scoot, dan Virgin Airlines.

"Kami menjelaskan kepada pimpinan maskapai tentang potensi penerbangan dari dan ke Lombok. Beberapa rute domestik yang kami upayakan agar dilakukan reaktivasi rute dan pembukaan rute baru di antaranya tujuan Jakarta Halim Perdanakusumah (HLP), Bandung (BDO), serta Bali (DPS). Sedangkan untuk penerbangan internasional antara lain rute ke Kuala Lumpur, Malaysia (KUL) dan Perth, Australia (PER)," ujar Rahmat Adil Indrawan, Selasa (7/2/2023).

Baca Juga: Meski Turun, Harga Tiket Pesawat Bali - Lombok Dinilai Masih Mahal 

2. Harapkan semakin banyak penerbangan domestik dan internasional

Tuan Rumah Event Dunia, Manajemen Bandara Lombok Sambangi Maskapai Penumpang Bandara Internasional Lombok. (dok. Humas Bandara Lombok)

Adil berharap melalui upaya ini akan semakin banyak maskapai dan rute penerbangan,  baik domestik maupun internasional yang beroperasi di Bandara Lombok. Sehingga, dapat mendukung peningkatan ekonomi dan pariwisata NTB.

"NTB tahun ini menjadi tuan rumah berbagai event internasional bergengsi, seperti MotoGP,  WSBK, MXGP, dan berbagai event kelas dunia lainnya,” terangnya.

3. Layani 1.979.767 penumpang pada 2022

Tuan Rumah Event Dunia, Manajemen Bandara Lombok Sambangi Maskapai Kru dan ofisial pembalap WSBK 2022 saat tiba di Bandara Internasional Lombok pada November lalu. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sepanjang tahun 2022, Bandara Internasional Lombok telah melayani sebanyak 1.979.767 penumpang. Kemudian sebanyak 21.015 pergerakan pesawat dan 10.737.867 kilogram kargo. Jika dibandingkan dengan data di tahun 2021, Bandara Internasional Lombok tercatat hanya melayani 1.079.196 penumpang.

Kemudian sebanyak 12.935 pergerakan pesawat dan 8.332.294 kilogram kargo. Sehingga ada peningkatan pergerakan penumpang sebesar 85 persen, pergerakan pesawat naik 62 persen, dan kargo meningkat 29 persen.

Baca Juga: Buruan Serbu! Pelajar NTB Dapat Tiket Murah WSBK Seharga Rp20.000 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya