Tips agar Cepat Dapat QR Code Pertalite di Pertamina, Begini Caranya!

27.499 kendaraan di NTB telah terdaftar

Mataram, IDN Times - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) merespons konsumen Pertalite yang sudah mencoba mendaftar subsidi tepat namun tak kunjung mendapatkan QR Code. Pertamina Patra Niaga membagikan tips agar pendaftaran berlangsung cepat dan segera mendapatkan QR Code.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi mengatakan kecepatan pendaftaran masing-masing kendaraan berbeda-beda. Ada yang pada saat mencoba langsung berhasil mendapatkan QR Code, tetapi ada yang harus merevisi berkali-kali karena kurang cermat dalam mengupload dokumen yang harus disiapkan.

"Tapi kita bagikan tips agar pada saat penerapan nantinya tidak ada yang ketinggalan dan tidak bisa bertransaksi seperti biasanya,” kata Ahad, Selasa (3/9/2024).

1. Dokumen yang harus disiapkan

Tips agar Cepat Dapat QR Code Pertalite di Pertamina, Begini Caranya!ilustrasi tas dokumen yang anti air dan tahan api (pexels.com/RDNE Stock project)

Ahad mengatakan dari sisi kesiapan dokumen, konsumen harus menyiapkan beberapa dokumen. Antara lain STNK, KTP serta foto kendaraan tampak samping dan depan. Semua dokumen harus jelas bisa terlihat dan terbaca.

Pada saat memfoto, kualitas dokumennya juga harus diperhatikan tidak ada yang rusak dan kabur tulisannya sehingga semua data dapat terbaca.

"Pertamina Patra Niaga menggunakan teknologi AI dan dibantu verifikasi apabila tidak dapat terbaca sempurna maka akan dikembalikan. Dan hal ini yang akan memakan waktu,” jelas Ahad.

Baca Juga: 33 Pasangan Cakada di NTB Dinyatakan Fit, Rata-rata Idap Kolesterol

2. Solusi bagi yang mengalami kesulitan

Tips agar Cepat Dapat QR Code Pertalite di Pertamina, Begini Caranya!Ilustrasi mengisi bbm (IDN Times/Istimewa)

Ahad menambahkan jika masyarakat merasa kesulitan, Pertamina menyediakan layanan konsultasi di seluruh SPBU dan beberapa booth yang dibuka baik kerjasama dengan Pemda maupun mandiri.

Bagi yang kesulitan dipersilakan mendatangi SPBU terdekat maupun booth subsidi tepat yang tersedia di area publik. "Saat ini, total kendaraan se - NTB yang telah mendapatkan QR Code mencapai 27.499 kendaraan.

“Animo pendaftar sebenarnya jauh lebih banyak dari itu, namun masyarakat harus teliti dalam mengupload dokumen, ketepatan dan kecermatan menjadi kunci," tandas Ahad.

3. Terlihat ribet di awal

Tips agar Cepat Dapat QR Code Pertalite di Pertamina, Begini Caranya!Ilustrasi (IDN Times/Istimewa)

Seorang konsumen Pertalite di SPBU Dasan Cermen Kota Mataram, Saleh (30), mengatakan telah mendapatkan QR Code. Dia menuturkan pengalaman mendaftarkan kendaraannya untuk mendapatkan QR Code Pertalite.

"Untuk pendaftaran program Subsidi Tepat Pertalite ini mungkin terlihat ribet di awal, tapi asal semua dokumen siap, proses pendaftaran mudah lalu tinggal upload semua dokumen isi data diri," tutur Saleh.

Tetapi di sisi lain, kata Saleh, program ini menguntungkan karena akan sangat tepat sasarannya bagi pengguna yang berhak. Salah satunya dia yang berprofesi sebagai driver kendaraan online.

Salah seorang pemilik rental kendaraan, Zagan (25) mengaku dimudahkan karena ada fitur khusus untuk mendaftarkan kendaraan dalam jumlah banyak.

"Dengan adanya program ini jadi mempermudah usaha saya. Saya asal nyoba aja, ternyata bisa mendaftarkan beberapa kendaraan atas nama satu pemilik,” kata Zagan.

Baca Juga: Relawan Jokowi Dukung Iqbal-Dinda di Pilgub NTB, Ini Alasannya!

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya