Tiket MXGP Lombok dan Sumbawa 2024 Mulai Dijual, Termurah Rp100 Ribu

Ada diskon 50 persen selama bulan Maret

Mataram, IDN Times - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap motocros atau Motocross Grand Prix (MXGP) seri Indonesia 2024. MXGP Indonesia 2024 digelar dua seri yaitu MXGP Samota Sumbawa pada 30 Juni 2024 dan MXGP Lombok pada 7 Juli 2024.

Tiket MXGP Indonesia 2024, mulai dijual pada 1 Maret yang akan tersedia di www.tiketapasaja.com. Adapun kategori tiket yang dijual adalah Festival Rp100.000, Tribune Rp350.000, VIP Rp 4.000.000 dan Paddock Pass Rp 250.000.

Chairman of MXGP Indonesia 2024, Zulkieflimansyah mengatakan ada diskon harga tiket sebesar 50 persen untuk semua kategori bagi yang membeli pada 1 - 31 Maret 2024.

"Pada periode penjualan tiket di tanggal 1-31 maret 2024, bisa mendapatkan diskon tiket MXGP sebesar 50 persen untuk semua kategori, Festival, Tribune, VIP, dan Paddock Pass," kata Zulkieflimansyah dalam keterangannya, Kamis (29/2/2024).

1. Hanya Indonesia yang jadi tuan rumah dua seri MXGP

Tiket MXGP Lombok dan Sumbawa 2024 Mulai Dijual, Termurah Rp100 RibuMXGP Lombok 2023. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mantan Gubernur NTB ini mengatakan hanya Indonesia yang menjadi tuan rumah dua seri beruntun balapan MXGP 2024 yaitu seri 11 dan 12. Seri pembuka MXGP 2024 akan dimulai pada 10 Maret di Villa La Angostura, Argentina dan ditutup pada 6 Oktober di Matterley Basin, Inggris.

Sementara Indonesia akan menggelar seri 11 di Sirkuit Samota, Sumbawa dan seri 12 di Sirkuit Selaparang, Lombok. Menurut Zulkieflimansyah, masyarakat Indonesia tidak hanya dapat menjadi saksi keseruan event MXGP 2024, namun juga dapat menjelajahi keindahan dan potensi wisata, serta keunikan budaya yang menjadi daya tarik tersendiri di Lombok dan Sumbawa.

"Saya mengundang masyarakat Indonesia dan mancanegara pecinta keindahan alam Indonesia, untuk datang dan menjadi saksi betapa eksotisnya pemandangan di Lombok dan Sumbawa," kata Zulkieflimansyah.

Baca Juga: Ribuan PPPK Pemprov NTB Hasil Rekrutmen 2023 Terima Gaji Mulai April

2. Destinasi wisata yang dapat dinikmati saat event MXGP Lombok dan Sumbawa

Tiket MXGP Lombok dan Sumbawa 2024 Mulai Dijual, Termurah Rp100 RibuMXGP Sumbawa di Sirkuit Samota 2023. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pria yang akrab disapa Bang Zul ini menyebutkan sejumlah destinasi wisata yang dapat dinikmati para penggemar MXGP baik yang ada di Lombok dan Sumbawa. Di Sumbawa, ada Pulau Kenawa yang tak berpenghuni dengan panorama padang rumput yang luas. Sangat indah memandang perpaduan antara hamparan savana dan lautan biru.

Kemudian Pulau Paserang yang mampu menghipnotis wisatawan dengan hamparan padang rumputnya. Wisatawan dapat mengeksplor keindahan pulau dengan trekking melalui jalur barat atau jalur timur. Jika memilih jalur barat, akan ada lokasi wisata lain yang bisa dinikmati yaitu panorama indah Gunung Rinjani di sepanjang jalan.

"Tempat-tempat wisata inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan atau kroser dunia MXGP," kata Bang Zul.

Sedangkan di Lombok ada air terjun Sendang Gila yang menyuguhkan air terjun di tebing bertingkat dengan udara sejuk dan pemandangan hijau dan asri. Kemudian Air Terjun Tiu Kelep yang merupakan air terjun eksotis dari pulau Lombok dan digadang-gadang sebagai air terjun paling romantis sehingga cocok sekali untuk liburan bersama pasangan.

Selain itu, ada Gili Trawangan yang terletak di Kabupaten Lombok Utara menawarkan beragam kegiatan alam menarik sekaligus pemandangannya yang sangat indah. Ada juga Gili Meno yang menawarkan suasana tenang dan sangat cocok bagi wisatawan yang ingin terhindar dari bisingnya kota.

Tak cuma itu, kearifan lokal Lombok dan Sumbawa pun merupakan keunikan yang dapat dirasakan oleh para wisatawan. Baju Adat Lamung Pene, Tari Gendang Beleg, Kerajinan Gegabah, Tenun Kain Sesek, Tari Rudat, Pacuan Kuda Sumbawa, Bela Diri Peresean atau Karapan Sapi Sumbawa.

3. Tingkatkan potensi kroser Tanah Air

Tiket MXGP Lombok dan Sumbawa 2024 Mulai Dijual, Termurah Rp100 RibuAksi pembalap MXGP di Sirkuit Samota Sumbawa 2023. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Bidang Hubungan Antar Lembaga Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Erwin Indrianto mengatakan pihaknya sebagai regulator event-event motorsport di Tanah Air melihat bahwa dengan menjadi tuan rumah perhelatan internasional tentunya dapat meningkatkan potensi para kroser di Indonesia.

MXGP Indonesia 2024 harus dapat menjadi ajang pembinaan dan tolak ukur pembalap-pembalap di Tanah Air mengembangkan diri ke event dengan kelas yang lebih tinggi.

"IMI sebagai regulator akan memberikan support maksimal kepada promotor-promotor tanah air, untuk mengembangkan berbagai kreativitas dalam memajukan dunia motorsport Indonesia di mata dunia,” ujar Erwin.

Baca Juga: Pj Gubernur NTB: MotoGP Mandalika 2024 Ditargetkan 80 Ribu Penonton

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya