Tiga Pejabat Pemprov NTB Mundur karena Maju Pilkada

Salah satu persyaratan bagi ASN yang maju Pilkada 2024

Mataram, IDN Times - Tiga pejabat Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) mengajukan pengunduran diri sebagai aparatur sipil negara (ASN) gegara maju sebagai calon kepala daerah pada Pilkada serentak 2024.

Surat keterangan telah mengajukan pengunduran diri menjadi salah satu syarat saat mendaftar ke KPU sebagai bakal calon kepala daerah di Pilkada 2024.

KPU membuka pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah mulai Selasa - Kamis, 27 - 29 Agustus 2024. Lalu siapa saja tiga pejabat Pemprov NTB yang telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai ASN? Apakah ada nama eks Pj Gubernur NTB yang sekarang menjabat Sekda NTB Lalu Gita Ariadi yang digadang-gadang maju Pilgub NTB 2024?

1. Nama-nama pejabat Pemprov NTB yang mundur sebagai ASN

Tiga Pejabat Pemprov NTB Mundur karena Maju Pilkadailustrasi pegawai negeri sipil atau ASN (unsplash.com/Mufid Majnun)

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB Yusron Hadi menyebut tiga pejabat Pemprov NTB yang sudah mengajukan pengunduran diri sebagai ASN gegara maju Pilkada 2024.

Ketiga pejabat itu adalah Inspektur Inspektorat NTB Ibnu Salim, Kepala Dinas PUPR NTB Mohammad Rum dan Kepala Bidang Bina Konstruksi Dinas PUPR NTB Kusmalahadi Syamsuri.

"Yang sudah menyampaikan surat kepada kita pak Rum, pak Ibnu Salim dan pak Kus. Proses selanjutnya kita minta pertimbangan teknis ke BKN. Selanjutnya nanti diberikan SK pensiun," kata Yusron dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Selasa (27/8/2024).

Baca Juga: KPU NTB Sepi, Tak Ada Pasangan Cagub-Cawagub Daftar pada Hari Pertama

2. Bagaimana dengan Sekda NTB Lalu Gita Ariadi?

Tiga Pejabat Pemprov NTB Mundur karena Maju PilkadaSekda NTB Lalu Gita Ariadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Lalu, bagaimana dengan Sekda NTB Lalu Gita Ariadi? Yusron mengatakan sampai hari ini belum ada surat pengunduran diri yang diajukan eks Pj Gubernur NTB tersebut. Sebelumnya, Lalu Gita Ariadi digadang-gadang maju Pilgub NTB 2024.

Lalu Gita Ariadi maju sebagai Calon Gubernur NTB berpasangan dengan eks Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy yang dikenal dengan pasangan Gasman. Baliho pasangan Gasman telah menyebar di seluruh pelosok wilayah di Pulau Lombok.

Namun, hingga saat ini, pasangan Gasman belum mendapatkan dukungan partai politik pengusung untuk maju Pilgub NTB 2024. "Pak Sekda sejauh ini masih kita tunggu. Belum ada pengajuan pengunduran diri," tutur Yusron.

3. Dua pejabat ambil cuti sembari menunggu SK pensiun dari BKN

Tiga Pejabat Pemprov NTB Mundur karena Maju Pilkadailustrasi ASN (Dok. Humas Pemkot Bandung)

Sebagaimana diketahui, Inspektur Inspektorat NTB Ibnu Salim maju sebagai Calon Wakil Bupati Lombok Barat. Ia berpasangan dengan Sumiatun yang menjadi Calon Bupati Lombok Barat.

Kemudian, Kepala Dinas PUPR NTB Mohammad Rum maju sebagai Calon Wali Kota Bima. Sebelumnya, Rum menjabat sebagai Penjabat Wali Kota Bima. Sedangkan Kepala Bidang Bina Konstruksi Dinas PUPR NTB Kusmalahadi Syamsuri maju sebagai Calon Wakil Bupati Lombok Utara berpasangan dengan Najmul Akhyar sebagai Calon Bupati Lombok Utara.

Kusmalahadi telah mengajukan pengunduran diri sebagai ASN sejak beberapa bulan lalu. Bahkan sudah keluar SK dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sedangkan Ibnu Salim dan Mohammad Rum mengajukan pengunduran diri pekan kemarin.

"Surat pengunduran dirinya baru masuk pekan kemarin. Sekarang lagi proses kita usulkan ke Jakarta. Sesuai dengan Peraturan KPU, pada saat mendaftar harus sudah mempersiapkan surat usulan pengunduran diri. Mudah-mudahan setelah itu bisa segera terbit SK pensiunnya," kata Yusron.

Untuk mengisi kekosongan jabatan Inspektur Inspektorat NTB dan Kepala Dinas PUPR NTB, kata Yusron, akan segera ditunjuk Pelaksana Harian (Plh). Sembari menunggu SK pensiun keluar dari BKN, kedua pejabat eselon II Pemprov NTB itu mengambil cuti.

"Nanti akan diisi pelaksana harian dulu sementara menunggu SK pensiunnya. Baru nanti dijabat Pelaksana Tugas," jelasnya.

Baca Juga: Pemprov NTB Diminta Tak Lepas Tangan Soal Hosting Fee MotoGP Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya