Terseret Arus, Warga Sumsel Tenggelam di Pantai Sumbawa Barat

Korban ditemukan tim SAR setempat

Sumbawa Barat, IDN Times - Pelancong bernama Ibrahim Ghozali (28) terseret arus hingga tewas tenggelam saat berenang di Pantai Lawar Sekongkang Bawah, Sumbawa Barat Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (18/2/2023) pukul 17.00 Wita.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Mataram Muhdar menjelaskan, korban merupakan warga Desa Wonosari, Kecamatan Prabumulih Utara, Sumatra Selatan (Sumsel). Korban diketahui tinggal di wilayah setempat.

1. Korban ditemukan di dasar laut

Terseret Arus, Warga Sumsel Tenggelam di Pantai Sumbawa BaratTim SAR gabungan saat melakukan pencarian. (dok. SAR Mataram)

Muhdar mengaku menerima laporan korban hilang hingga menerjunkan tim SAR ke tempat lokasi kejadian. Tim SAR terdiri personel SAR Sumbawa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa Barat, TNI, Polri, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), warga setempat, dan unsur lainnya.

Setelah dilakukan pencarian dari permukaan air dan melalui penyelaman di sekitar lokasi kejadian, akhirnya korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. "Ditemukan di dasar laut pukul 10.30 Wita, masih di sekitar lokasi kejadian," kata Muhdar, Minggu (19/2/2023).

Proses selanjutnya, tim SAR pun langsung mengevakuasi jasad korban menuju Pelabuhan Benete Sumbawa Barat. Mayat selanjutnya diserahkan ke petugas medis setempat. 

Baca Juga: Satu TKI NTB Tewas Akibat Gempa Turki, Jenazah Tiba 23 Februari 

2. Korban dievakuasi dan diserahkan ke petugas medis

Terseret Arus, Warga Sumsel Tenggelam di Pantai Sumbawa BaratEvakuasi jenazah korban terseret arus di Pantai Lawar, Desa Sekongkang Bawah, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, Minggu (19/2/2023). (dok. SAR Mataram)

Sebelumnya, kasus warga bernama Kamisun (37) terseret ombak pun menimpa pemancing asal Dusun Gunung Timba Desa Denggen Timur, Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. 

Korban terseret ombak di Teluk Ujung, Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak, Lombok Tengah, dan ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Rabu (8/2/2023), setelah tiga hari pencarian.

Korban bersama rekannya memancing ikan dari lereng tebing, Teluk Ujung TWA Gunung Tunak. Namun, tiba-tiba korban dihempas ombak sekitar pukul 23.00 Wita dan jatuh ke arah laut. Setelah itu, korban hilang terseret ombak.

3. Bocah 8 tahun terseret arus saat hujan deras

Terseret Arus, Warga Sumsel Tenggelam di Pantai Sumbawa BaratPencarian bocah yang terseret air di gorong-gorong saat hujan deras di Lombok Timur. (dok. SAR Mataram)

Selain itu, pada Minggu 12 Februari 2023 lalu, bocah umur 8 tahun atas nama Faisal dilaporkan tenggelam di sungai yang berada di wilayah Banjar Kemuning Kecamatan Selong, Lombok Timur.

Korban berasal dari Kelayu Presak Timur Kecamatan Selong, Lombok Timur.

Korban berkunjung ke rumah neneknya, yang berada di sebelah Kantor Lurah Selong. Bocah yang masih duduk di kelas 2 sekolah dasar (SD) ini bermain bola saat hujan deras. Maksud hati mengambil bola yang jatuh ke gorong-gorong, ia pun terpeleset dan terseret arus air yang deras, di mana alirannya menuju ke sungai.

Tim SAR gabungan dikerahkan melakukan pencarian, namun korban belum ditemukan.

Baca Juga: Harga Ramah di Kantong, Kafe di Mataram ini Usung Konsep Green Living 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya