Tarik Banyak Penonton, NTB Gandengkan Event Balap Dunia dengan MICE 

Kegiatan kementerian/lembaga akan diadakan di NTB

Mataram, IDN Times - Empat kejuaraan balap dunia akan digelar di Provinsi NTB pada 2023 mendatang. Keempatnya yaitu World Superbike (WSBK), Motocross Grand Prix (MXGP) seri Sumbawa dan Lombok serta MotoGP Mandalika. Untuk menarik lebih banyak penonton dari luar daerah, NTB menggandengkan event balap dunia tersebut dengan pariwisata MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition).

"Kejuaraan balap dunia itu kita akan gandengkan dengan event MICE," kata Sekretaris Daerah Provinsi NTB Lalu Gita Ariadi dikonfirmasi di Mataram, Jumat (16/12/2022).

1. Kegiatan rapat kementerian/lembaga akan diadakan di NTB

Tarik Banyak Penonton, NTB Gandengkan Event Balap Dunia dengan MICE Hotel berbintang Prime Park Hotel yang berada di jantung Kota Mataram (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gita mengatakan menjelang perhelatan kejuaraan balap dunia itu, kegiatan rapat-rapat kementerian/lembaga akan diadakan di NTB. Sehingga akan semakin banyak tamu yang ikut menonton dari luar NTB.

Pada event sebelumnya, tidak banyak kementerian/lembaga yang mengadakan kegiatan di NTB. Karena pada waktu itu, harga kamar hotel melambung tinggi. Selain itu, harga tiket pesawat ke Lombok juga mahal.

"Besok ketika digelar event dunia ini, harga hotel normal, harga tiket pesawat penerbangan normal. Maka sebanyak-banyaknya tamu dari luar NTB kita gerakkan," kata mantan Komisaris ITDC ini.

Baca Juga: 150.000 Warga NTB Berpotensi Kena Penyakit Jantung 

2. ASN dan masyarakat NTB harus lebih akrab dengan sport tourism

Tarik Banyak Penonton, NTB Gandengkan Event Balap Dunia dengan MICE Atlet berlaga pada Ironman 70.3 Lombok (Istimewa)

Dengan banyaknya event-event sport tourism yang digelar tahun depan, Gita meminta aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat NTB semakin akrab dengan olahraga. ASN dan masyarakat NTB harus menjadi tuan rumah yang baik.

"Saya meminta ASN supaya kita menjadi tuan rumah yang baik. Belajar menjadi panitia yang baik. Termasuk juga suporter yang baik. Kita mulai belajar dari sekarang ASN dan masyarakat akrab dengan olahraga. Sehingga kita menjadi tuan rumah yang baik," ujarnya.

3. Jadwal event balap dunia di NTB

Tarik Banyak Penonton, NTB Gandengkan Event Balap Dunia dengan MICE Ketua IMI NTB dr. Lalu Herman Mahaputra (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi NTB, dr. Lalu Herman Mahaputra menjelaskan WSBK Mandalika akan digelar pada bulan Maret di Sirkuit Mandalika. Kemudian MXGP telah diputuskan sebanyak dua seri di NTB, yaitu seri pertama di Sirkuit Samota Sumbawa pada akhir bulan Juni dan seri Lombok di Sirkuit Eks Bandara Selaparang pada 2 Juli 2023. Sedangkan MotoGP 2023 akan dgelar di Sirkuit Mandalika pada pertengahan bulan Oktober 2023.

Pria yang biasa disapa Dokter Jack ini mengatakan Sirkuit Mandalika bukan hanya akan menggelar event balap kelas dunia. Tetapi juga akan diperbanyak event balap skala nasional dan lokal.

Pembalap mobil off-road ini juga mengatakan akan menjajaki kerja sama dengan MGPA untuk penyiapan motor dan mobil balap di Sirkuit Mandalika. Sehingga para pembalap nasional maupun lokal tinggal menyewa motor dan perlengkapan balap yang telah disediakan.

Hal ini dilakukan untuk dapat melahirkan pembalap-pembalap yang bisa berkompetisi di level internasional, seperti WSBK dan MotoGP. "Karena kalau beli motor dan mobil balap secara perorangan mahal sekali karena pajak. Itu kita minta untuk bisa membebaskan pajaknya. Kita lagi diskusikan antara IMI NTB dan MGPA. Itulah salah satu cara memancing pembalap untuk mengeksplor Sirkuit Mandalika," katanya.

Baca Juga: Pembangunan Proyek Kereta Gantung Rinjani Ditargetkan Tuntas 2025 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya