Tak Diloloskan, Pelamar CPNS Pemprov NTB Ramai-ramai Ajukan Sanggahan

Pengumuman kelulusan pascasanggah 23-29 September 2024

Mataram, IDN Times - Pelamar CPNS Pemprov NTB ramai-ramai mengajukan sanggahan karena tidak diloloskan dalam seleksi administrasi. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB mencatat sebanyak 210 pelamar yang mengajukan sanggahan ke panitia seleksi daerah penerimaan CPNS 2024.

"Teridentifikasi, sebanyak 210 pelamar yang menyampaikan sanggahan. Kita sudah melakukan identifikasi dan klarifikasi, terhadap itu terus berproses," kata Plt Kepala BKD NTB Yusron Hadi dikonfirmasi Selasa (24/9/2024).

1. Segera finalisasi sanggahan pelamar

Tak Diloloskan, Pelamar CPNS Pemprov NTB Ramai-ramai Ajukan Sanggahanpixabay.com/analogicus

Yusron menyebutkan pada Senin (23/9/2024), sebanyak 75 sanggahan dari pelamar telah diproses. Dia menargetkan panitia seleksi CPNS 2024 akan menyelesaikan seluruh sanggahan pelamar pada hari ini.

"Sehingga segera kita gelar rapat untuk membahas finalisasi hasil sanggahan," jelas Yusron.

Baca Juga: Nomor Urut Cagub NTB: Rohmi-Firin 1, Zul-Uhel 2 dan Iqbal-Dinda 3

2. Persoalan sepele berakibat fatal

Tak Diloloskan, Pelamar CPNS Pemprov NTB Ramai-ramai Ajukan Sanggahanpixabay.com/StartupStockPhotos

Secara umum, kata Yusron, sanggahan dari para pelamar yang tidakoloa seleksi administrasi memprotes soal dokumen atau berkas yang dinyatakan tidak asli oleh panitia. Namun, panitia seleksi CPNS 2024, sudah punya bukti yang kuat tidak meloloskan pelamar yang tidak memenuhi syarat.

Bahwa mereka belum mengikuti ketentuan yang ada. Baik memposting atau membuat lamaran dan sebagainya yang menyebabkan tidak lulus administrasi. Kita secara maraton melakukan verifikasi sanggahan. Rata-rata yang tidak lolos ini karena persoalan sepele tapi fatal akibatnya.

3. Penyebab pelamar tidak lolos seleksi administrasi

Tak Diloloskan, Pelamar CPNS Pemprov NTB Ramai-ramai Ajukan Sanggahanilustrasi hasil lolos seleksi administrasi CPNS 2024 (YouTube.com/Ajeng Septin)

Yusron menjelaskan jumlah pendaftar CPNS Pemprov NTB tahun 2024 sebanyak 4.725 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.388 pelamar yang melakukan finalisasi pendaftaran. Kemudian Tim Verifikator melakukan verifikasi berkas 4.388 pelamar.

Dari hasil verifikasi, sebanyak 3.923 pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Sedangkan 465 pelamar dinyatakan tidak lolos dalam seleksi administrasi. Bagi pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi, maka diberikan kesempatan mengajukan sanggahan pada 20 - 22 September 2024.

"Pada masa sanggah, pelamar tidak bisa memperbaiki dokumen ataupun kesalahan lain yang dilakukan oleh pelamar," tegas Yusron.

Yusron menyebutkan ada lima penyebab ratusan pelamar CPNS Pemprov NTB tidak lolos seleksi administrasi. Pertama, dokumen ijazah dan transkrip nilai tidak asli atau fotocopy-an. Kedua, ijazah tidak sesuai dengan persyaratan. Ketiga, surat pernyataan, surat lamaran dan surat pengabdian tidak sesuai. Keempat, materai yang sama digunakan untuk berkas yang lain. Serta kelima, pas foto tidak berlatar merah.

Panitia seleksi CPNS 2024 akan menjawab sanggahan dari pelamar mulai 20 - 24 September 2024. Kemudian menyampaikan pengumuman pasca sanggah mulai 23 - 29 September 2024.

Baca Juga: Pemprov NTB Berikan Bonus Rp350 Juta untuk Peraih Medali Emas PON 2024

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya