Survei Poltracking: Elektabilitas Rohmi Teratas, Gita Terendah

Elektabilitas empat Bacagub NTB di Pilkada 2024

Mataram, IDN Times - Elektabilitas Bakal Calon Gubernur (Bacagub) NTB Sitti Rohmi Djalilah teratas dari hasil survei Poltracking Indonesia. Dalam simulasi semi terbuka, elektabilitas Rohmi unggul dengan angka 23,8 persen.

Angka ini menyalip elektabilitas Zulkieflimansyah yang berada di angka 21,3 persen, diikuti Lalu Muhammad Iqbal 13,8 persen. Elektoral Rohmi tetap unggul, ketika dilakukan simulasi 4 nama Bacagub NTB, yakni Sitti Rohmi Djalillah elektabilitasnya 33 persen. Diikuti Zulkieflimansyah 29,5 persen, Lalu Muhammad Iqbal 17 persen dan Lalu Gita Ariadi 2,1 persen.

“Poltracking Indonesia menyelenggarakan survei provinsi NTB dengan pengambilan data lapangan dilakukan pada tanggal 31 Mei sampai 7 Juni 2024,” kata Direktur Riset Poltracking Indonesia, Arya Budi, Kamis (27/6/2024).

1. Survei tatap muka dengan 800 responden

Survei Poltracking: Elektabilitas Rohmi Teratas, Gita TerendahSurvei Poltracking

Survei tatap muka dengan metode stratified multistage random sampling ini memiliki 800 responden dengan margin of error kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Klaster survei menjangkau 10 kabupaten/kota di Provinsi NTB secara proporsional berdasarkan data jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2024. Sedangkan stratifikasi survei ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih.

Metode sampling representasi seluruh populasi pemilih secara lebih akurat. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan teknologi aplikasi terhadap responden yang telah terpilih secara acak.

“Setiap pewawancara mewawancarai 10 responden untuk setiap satu desa/kelurahan terpilih,” bebernya.

Baca Juga: Amankan Tiket Pilgub NTB, Rohmi-Firin segera Rampungkan Koalisi Parpol

2. Kepuasan publik atas kinerja Rohmi dan Zulkieflimansyah

Survei Poltracking: Elektabilitas Rohmi Teratas, Gita TerendahBakal pasangan calon Gubernur NTB, Rohmi Firin (dok. Istimewa)

Elektoral Rohmi yang mengungguli Zulkieflimansyah juga konsisten saat memotret tingkat approval rating pemerintahan Provinsi NTB. Sebanyak 66,2 persen publik mengatakan puas terhadap kinerja Sitti Rohmi Djalilah sebagai Wakil Gubernur NTB 2018-2023.

Sedangkan Zulkieflimansyah selaku Gubernur NTB 2018-2023, kepuasan publik di angka 61 persen.

“Untuk approval rating kinerja pemerintah provinsi secara bersama, Gubernur dan Wakil Gubernur diperoleh angka 64,3 persen,” sebutnya.

3. Berbagai kemungkinan masih berpotensi terjadi

Survei Poltracking: Elektabilitas Rohmi Teratas, Gita TerendahBaliho Rohmi - Firin. (dok. Istimewa)

Dikatakan, temuan ini merupakan potret terbaru dari survei yang dilakukan pada 31 Mei hingga 7 Juni 2024. Berbagai kemungkinan masih berpotensi terjadi, tergantung dinamika dan konstelasi kandidat.

Masih ada waktu lima bulan menjelang Pilgub NTB yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Sedangkan tingkat pengetahuan publik terhadap pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di NTB berada di angka 62,5 persen dan potensi partisipasi tinggi dengan angka 95,2 persen.

Baca Juga: DJP Nusra Kumpulkan Rp1,49 Triliun Pajak di NTB dalam Lima Bulan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya