Sumbangan Hewan Kurban ke PHBI NTB Turun karena Tahun Politik 

Sapi kurban Presiden Jokowi disalurkan ke Lombok Tengah

Mataram, IDN Times - Julah sumbangan hewan kurban ke Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah menurun dibandingkan tahun 2023. Pada tahun ini, PHBI NTB mengumpulkan 35 ekor hewan kurban, sedangkan tahun sebelumnya di atas 40 ekor.

Kepala Biro Kesra Setda NTB Sahnan mengatakan menurunnya sumbangan hewan kurban karena tahun politik. Ia menyebut tahun-tahun sebelumnya, hewan kurban yang terkumpul di PHBI NTB mencapai 40 - 50 ekor.

"Saya melihat karena tahun politik. Konsentrasi penggunaan anggaran itu, lembaga yang kita minta tidak fokus untuk kegiatan keagamaan tapi kegiatan politik. Sehingga jumlah hewan kurban yang terkumpul agak berkurang dari tahun sebelumnya," kata Sahnan usai pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1445 H di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB, Senin (17/6/2024).

1. Sudah menyurati OPD

Sumbangan Hewan Kurban ke PHBI NTB Turun karena Tahun Politik Kepala Biro Kesra Setda NTB Sahnan. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sahnan menyebutkan hewan kurban yang terkumpul pada tahun ini sebanyak 35 ekor. Terdiri dari 14 ekor sapi dan 21 ekor kambing. Ia menjelaskan telah bersurat ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov NTB dan lembaga-lembaga terkait lainnya.

"Kita sudah surati semua OPD tapi rupanya karena tahun politik, konsentrasi pemanfaatan anggaran agak berubah," jelas Sahnan.

Hewan kurban yang berhasil dikumpulkan PHBI NTB selanjutnya disalurkan ke organisasi keagamaan seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Nahdlatul Wathan (NW).

Kemudian Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI), masjid, pondok pesantren, majelis ta'lim dan organisasi kepemudaan. "Kita salurkan kemarin sehari penuh," jelas Sahnan.

Baca Juga: KPU NTB Buka Rekrutmen 14.893 Pantarlih Pilkada 2024

2. Pemprov NTB salurkan 65 hewan kurban

Sumbangan Hewan Kurban ke PHBI NTB Turun karena Tahun Politik ilustrasi daging (freepik.com/Racool_studio)

Sementara, Pemprov NTB sendiri menyalurkan sebanyak 65 ekor hewan kurban pada tahun 2024 ini. Terdiri dari 25 ekor sapi dan 40 ekor kambing. Hewan kurban itu disalurkan ke pondok pesantren dan lembaga keagamaan di NTB.

Hewan kurban yang berasal dari Pemprov NTB diajukan oleh ponpes atau lembaga keagamaan melalui proposal. Dari proposal yang masuk kemudian diseleksi oleh Biro Kesra Setda NTB.

3. Sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi disalurkan ke Lombok Tengah

Sumbangan Hewan Kurban ke PHBI NTB Turun karena Tahun Politik Sapi kurban Presiden Jokowi untuk masyarakat Desa Ubung Lombok Tengah. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sedangkan untuk sapi kurban dari Presiden Joko 'Jokowi' Widodo disalurkan ke Masjid Alifurrahmah Desa Ubung Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Sapi kurban Presiden Jokowi dengan bobot 1,057 ton dibeli dari peternak asal Lombok Barat.

Sahnan menjelaskan alasan penyaluran sapi kurban dari Presiden Jokowi ke Lombok Tengah. Karena, tinggal Lombok Tengah dan Dompu yang belum mendapatkan penyaluran sapi kurban dari Presiden Jokowi.

"Penyalurannya bergantian setiap tahun ke kabupaten/kota. Tinggal Dompu tahun depan yang belum. Tahun ini disalurkan ke Lombok Tengah," tandas Sahnan.

Baca Juga: Daftar Nama 65 Anggota DPRD NTB Periode 2024-2029

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya