Semakin Megah, Renovasi Kantor Gubernur NTB Dimulai Mei 2024 

Total anggaran renovasi sebesar Rp40 miliar

Mataram, IDN Times - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan pembangunan renovasi kantor gubernur bakal dimulai bulan Mei 2024 mendatang. Pada pekan ini, akan dilakukan lelang untuk pekerjaan manajemen konstruksi (MK).

Proyek renovasi Kantor Gubernur NTB dialokasikan anggaran sebesar Rp40 miliar pada APBD 2024. Ditargetkan, pembangunan akan rampung pada Desember 2024 mendatang.

"Minggu ini akan dilelang manajemen konstruksi. Nanti setelah itu baru kita lelang untuk pekerjaan fisik. Mulai awal proyeknya itu kira-kira awal mei. Kita rencanakan awal mei itu sudah mulai," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas PUPR NTB Lies Nurkomalasari di Mataram, Senin (29/1/2024).

1. Bagian depan kantor Gubernur NTB berubah total

Semakin Megah, Renovasi Kantor Gubernur NTB Dimulai Mei 2024 Plh Kepala Dinas PUPR NTB Lies Nurkomalasari. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Lies menjelaskan bagian depan kantor Gubernur NTB yang ada saat ini berubah total. Bagian depan Kantor Gubernur NTB akan tampak lebih megah dengan bangunan berbentuk lumbung di bagian tengah yang merupakan ikon NTB.

Pada bagian kanan bangunan tiga lantai merupakan ruang kerja Gubernur NTB berada pada bagian bawah. Sementara bagian kiri merupakan ruang kerja Wakil Gubernur NTB yang juga berada di bagian bawah. Di antara ruang kerja Gubernur dan Wakil Gubernur NTB dibangun lobi yang luas dan cukup representatif.

Kantor Gubernur NTB juga nantinya dilengkapi lift untuk menuju bangunan lantai 2 dan 3. Sedangkan di selasar bagian belakang juga akan dilakukan penataan.

"Jadi tampak depannya lebih bagus. Gedungnya nyambung nanti. Pengerjaannya sesuai dengan anggaran yang ada, karena sudah ada perencanaan dari tahun 2021," terang Lies.

Baca Juga: Desain Megah Kantor Gubernur NTB, Biaya Pembangunan Rp40 Miliar

2. Usia bangunan kantor Gubernur NTB telah mencapai 47 tahun

Semakin Megah, Renovasi Kantor Gubernur NTB Dimulai Mei 2024 Kantor Gubernur NTB yang sudah berusia 47 tahun. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Lies menambahkan renovasi kantor Gubernur NTB memang sudah selayaknya dilakukan. Karena usia bangunan sudah mencapai 47 tahun. Kantor Gubernur NTB yang berdiri saat ini diresmikan pada 1977 oleh Menteri Dalam Negeri Amir Machmud.

Dikatakan, renovasi Kantor Gubernur NTB sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu. Perencanannya sudah dibuat sejak 2021 lalu. "Biaya renovasinya Rp40 miliar, sudah termasuk perencanaan pengawasan, manajemen konstruksinya dan fisik," terangnya.

3. Bakal dijadikan ikon NTB

Semakin Megah, Renovasi Kantor Gubernur NTB Dimulai Mei 2024 Desain renovasi Kantor Gubernur NTB. (dok. Dinas PUPR NTB)

Penjabat Sekda NTB Ibnu Salim mengatakan kantor gubernur harus bisa menjadi ikon di NTB. Sama seperti ketika orang melihat Gedung Putih, bahwa itu menjadi ikon Amerika Serikat.

"Kantor Gubernur NTB harus menunjukkan simbolik yang jadi ikon daerah kita. Kantor Gubernur itu supaya dapat menjadi ikon kayak Gedung Putih," ujarnya.

Ketika orang berkunjung ke kantor Gubernur NTB, harus bisa meninggalkan kesan bagi pengunjung yang datang. "Nanti kalau orang melihat kantor Gubernur, itu Mataram NTB. Sama dengan Sirkuit Mandalika begitu melihat gambarnya bercorak batik, pasti itu sirkuit Mandalika," ucap Ibnu.

Apalagi NTB adalah daerah tujuan wisata super prioritas nasional. Akan banyak event-event nasional dan internasional yang tentunya berkorelasi dengan banyaknya tamu VVIP yang akan mengunjungi kantor Gubernur NTB.

Baca Juga: Jadwal Kapal DLU Surabaya - Lombok pada 29 Januari - 4 Februari 2024

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya