Segera Dibuka, ini Rincian 1.171 Lowongan PPPK Kemenag NTB 

Kemenag NTB catat ada 10.000 tenaga honorer

Mataram, IDN Times - Selain Pemprov NTB dan 10 Pemda kabupaten/kota, Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTB juga segera membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Kanwil Kemenag Provinsi NTB akan membuka sebanyak 1.171 formasi lowongan PPPK untuk 10 jenis jabatan.

Pelaksana Tugas Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB Zamroni Aziz menyebutkan pihaknya mendapatkan kuota PPPK sebanyak 1.171 formasi pada tahun 2022. "Kami lagi menunggu jadwal untuk tes serentak secara nasional. Kuotanya 1.171 formasi," kata Zamroni dikonfirmasi di Mataram, Jumat (21/10/2022).

1. Rincian formasi PPPK yang dibutuhkan

Segera Dibuka, ini Rincian 1.171 Lowongan PPPK Kemenag NTB Plt Kepala Kanwil Kemenag NTB Zamroni Aziz. (dok. Kemenag Lombok Timur)

Zamroni menyebutkan 1.171 formasi PPPK lingkup Kemenag NTB yang dibuka tahun 2022. Yaitu, Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) sebanyak 233 formasi, Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) sebanyak 318 formasi.

Kemudian, Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) sebanyak 208 formasi, jabatan fungsional 104 formasi. Selanjutnya, penyuluh agama Budha 2 formasi, penyuluh agama Hindu 11 formasi, penyuluh agama Islam 136 formasi, penyuluh agama Katolik 3 formasi, penyuluh agama Kristen 20 formasi dan tenaga kantor urusan agama (KUA) sebanyak 136 formasi.

Baca Juga: Seorang Pria di Lombok Barat Tewas Tersambar Petir saat Memancing 

2. Tenaga honorer madrasah negeri dan Kemenag yang boleh ikut rekrutmen PPPK

Segera Dibuka, ini Rincian 1.171 Lowongan PPPK Kemenag NTB Pendataan tenaga honorer lingkup Kemenag Lombok Timur. (dok. Kemenag Lombok Timur)

Berdasarkan regulasi yang diterima dari Kemenag Pusat, tenaga honorer yang berada di madrasah negeri dan kantor Kemenag kabupaten/kota dan provinsi yang boleh ikut rekrutmen PPPK 2022. Artinya, bagi guru honorer yang berada di madrasah swasta tidak bisa ikut.

"Bukan semua guru honorer di madrasah ikut, itu regulasi. Karena kami hanya menjalankan kebijakan dari Kementerian Agama dan Kemen PAN-RB. Karena itu ketentuannya sudah jelas," kata mantan Kepala Kemenag Lombok Tengah ini.

3. Tercatat ada 10.000 tenaga honorer lingkup Kemenag NTB

Segera Dibuka, ini Rincian 1.171 Lowongan PPPK Kemenag NTB Tenaga honorer yang lulus menjadi Guru PPPK Pemprov NTB menerima SK pengangkatan. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Hasil pendataan yang dilakukan, tercatat ada 10.000 tenaga honorer di lingkup Kemenag Provinsi NTB. Artinya, jika melihat formasi yang diperoleh hanya sebanyak 1.171 formasi. Maka ribuan tenaga honorer terancam tidak akan terakomodir menjadi PPPK.

"Kami berharap semoga semua lulus dengan persyaratan yang ditentukan Kemenag dan Kementerian PAN-RB. Karena ini semua ada tesnya secara nasional, semua tenaga honorer bisa ikut bersaing," tandasnya.

Baca Juga: Ketua DPP PKS Dukung Yenny Wahid Jadi Cawapres 2024 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya