Sebelum Geber Motor, Rider MotoGP Tanam Terumbu Karang di Mandalika

Rider MotoGP juga akan ikut bersih-bersih Pantai Kuta

Mataram, IDN Times - Sebelum menggeber motor balap di Sirkuit Mandalika, para rider MotoGP akan melakukan aksi bersih pantai dan penanaman terumbu karang atau beach cleaning and coral planting di Pantai Kuta, Mandalika, Kamis (12/10/2023). Hal ini dilakukan sebagai aksi gerakan #waste4change untuk menunjukkan responsibilitas sosial korporasi (CSR) para rider MotoGP 2023 untuk mensupport kelanjutan lingkungan alam sekitar Lombok.

Kegiatan beach cleaning and coral planting di Pantai Kuta bersama para rider MotoGP bekerja sama dengan Fakultas MIPA Universitas Mataram (Unram). "Tujuan dilaksanakan transplantasi terumbu karang dan pembersihan pantai untuk membangun, memperkuat rasa cinta dan kepedulian para pembalap dunia terhadap lingkungan," kata Dosen Kelautan Fakultas MIPA Universitas Mataram, Hilman Ahyadi, Senin (9/10/2023).

1. Promosi peduli lingkungan lewat para rider MotoGP

Sebelum Geber Motor, Rider MotoGP Tanam Terumbu Karang di Mandalikailustrasi terumbu karang (unsplash.com/Hiroko Yoshii)

Hilman mengatakan kegiatan ini juga menjadi upaya promosi peduli lingkungan dengan para rider atau pembalap MotoGP yang mempunyai banyak penggemar sehingga mereka bisa menjadi teladan. Selain itu, kegiatan ini sebagai satu langkah kecil memperbaiki ekosistem terumbu karang di Kawasan Mandalika.

"Sehingga kita akan menggugah masyarakat untuk lebih sadar, di mana pembalap saja peduli, maka masyarakat lokal harus lebih peduli lagi. Dalam kegiatan ini alumni dan juga mahasiswa Unram akan turun bersama demi kelangsungan kegiatan ini," ucap Hilman.

Baca Juga: Cuaca saat MotoGP Diprediksi Cerah Berawan, Suhu hingga 34 Derajat

2. Rider MotoGP bakal disambut tarian tradisional

Sebelum Geber Motor, Rider MotoGP Tanam Terumbu Karang di MandalikaAtraksi tarian Gendang Beleq yang akan ditampilkan pada final race WSBK Mandalika, Minggu (13/11/2022) di Sirkuit Mandalika. (dok. MGPA)

Hilman menambahkan kegiatan ini bertujuan membantu kelestarian lingkungan dan mendorong rasa tanggung jawab terhadap keberlangsungan ekosistem terumbu karang di Pantai Kuta, Mandalika. Aksi ini akan dilaksanakan pada Kamis, 12 Oktober 2023 pada pukul 08.00 - 11.00 WITA.

Dimulai dari Hotel Pullman yang berjarak dari 5 menit sampai di Pantai Kuta. Para rider akan disambut dengan tarian selamat datang oleh penari – penari tradisional dari Lombok. Setelah itu, para rider jalan kaki menuju lokasi kegiatan bersih Pantai dan transplantasi terumbu karang menggunakan topi anyaman lontar sebagai salah satu ciri khas masyarakat lokal Kuta, Mandalika.

"Para rider yang ikut berpartisipasi akan diarahkan oleh alumni dan mahasiswa Universitas Mataram yang terlibat mengenai tata cara penanaman coral yang benar," terang Hilman.

3. Rider MotoGP juga akan bertemu UMKM lokal

Sebelum Geber Motor, Rider MotoGP Tanam Terumbu Karang di MandalikaBazaar Mandalika (Dok. ITDC)

Usai bersih pantai dan transplantasi terumbu karang, para rider akan diajak menuju Bazaar Mandalika melewati Kuta Lane. Kuta Lane merupakan Kawasan yang dibangun untuk menghubungkan Bazaar Mandalika dengan Pantai Kuta di Kawasan Mandalika. Di Bazaar Mandalika, para rider akan bertemu dengan UMKM lokal menunjukkan produk – produk tradisional khas Lombok.

Manager Marketing Commercial MGPA Norman Haka berharap melalui kegiatan ini para rider MotoGP dapat menjadi contoh dan mengajak masyarakat akan peduli terhadap lingkungan. Ia juga berharap antusisme maayarakat dalam meramaikan kegiatan tersebut. Kegiatan ini juga sebagai ajang mempromosikan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 yang digelar pada 13 – 15 Oktober.

Baca Juga: 22 Pembalap MotoGP Dipastikan Berlaga di Sirkuit Mandalika 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya