Sapa Warga Mataram, Mentan Amran: Presiden Atensi Pertanian NTB

Potensi luas panen padi terbesar di Sumbawa

Mataram, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menyapa warga kota Mataram dengan didampingi Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersepeda santai keliling kota Mataram, Rabu (1/5/2024). Mentan terlihat berbincang dan tertawa hangat bersama presiden.

Kunjungan kerja (Kunker) Presiden Jokowi ke NTB untuk meresmikan proyek Inpres Jalan Daerah, Bendungan Tiu Suntuk hingga panen raya jagung di Kabupaten Sumbawa. Mentan mengatakan Presiden memberikan atensi terhadap perkembangan pertanian di NTB.

“Bapak Presiden tampak segar dan begitu hangat menyapa warga. Kebiasaan beliau apabila kunjungan kerja ke daerah selalu menyempatkan diri untuk menyapa rakyat, baik di pasar ataupun sekedar olahraga pagi,” tutur Amran.

1. Panen raya jagung besok di Sumbawa

Sapa Warga Mataram, Mentan Amran: Presiden Atensi Pertanian NTBPresiden Jokowi melakukan panen jagung dalam kunjungannya ke Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Senin (22/4/2024). (YouTube/Sekretariat Presiden RI)

Sejak selasa malam (30/4/2024), Mentan terlihat mendampingi Presiden Jokowi saat tiba di Bandara Internasional Lombok. Bahkan dalam perjalanan menuju makan malam, Mentan terlihat satu mobil bersama Presiden.

Mentan Amran mengatakan bahwa presiden sangat memberi atensi bagi perkembangan pertanian di Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Esok pagi, Presiden Jokowi akan panen jagung di Sumbawa bersama petani di sana. Kita tahu NTB menjadi salah satu produsen terbesar jagung nasional, dan kehadiran presiden mudah-mudahan akan terus memberi semangat bagi petani, dan menjaga harga jagung terus baik,” lanjut Amran.

Baca Juga: NTB Siapkan Kawasan Industri Halal Dukung KEK Mandalika

2. Luas panen jagung terbesar di Sumbawa

Sapa Warga Mataram, Mentan Amran: Presiden Atensi Pertanian NTBMenteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memaparkan materi dalam dialog kebangsaan di Universitas Hasanuddin, Makassar, Selasa (20/2/2024). YouTube/Unhas

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), panen jagung secara nasional pada Maret mencapai 2,29 juta ton di lahan 405 ribu hektare. Sementara pada April, panen jagung diperkirakan mencapai 1,76 juta ton pada luas lahan 318 ribu hektare.

Sementara potensi luas panen jagung di NTB pada April terbesar tersebar di 10 kabupaten, yaitu Sumbawa 39.632 hektare: Bima 29.957 hektare; Gunung Kidul 26.899 hektare; Dompu 17.060 hektare; Lampung Tengah 15.202 hektare; Wonogiri 15.200 hektar; Boalemo 12.280 hektare; Lampung Timur 12.030 hektare; Jeneponto 11.997 hektare; dan Malang 9.719 hektare.

“Kami bahagia di pertanian ini. Presiden sangat peduli dengan nasib para petani, makanya beliau aktif berkeliling menyapa petani-petani kita. Semangat mereka perlu kita jaga terus agar swasembada tercapai,” tegas Mentan.

Usai menyapa warga Kota Mataram, Presiden bersama rombongan kembali ke hotel tempat menginap untuk persiapan agenda resmi kunjungan kerja berikutnya. Dalam perjalanan menuju hotel, Presiden Jokowi masih menyempatkan diri menyapa dan berswafoto dengan masyarakat yang telah menunggu di sekitar hotel.

3. Jokowi akan main bola

Sapa Warga Mataram, Mentan Amran: Presiden Atensi Pertanian NTBMentan Andi Amran Sulaiman mendampingi Presiden Jokowi saat menyapa warga Kota Mataram, Rabu (1/5/2024). (dok. Istimewa)

Pada Rabu (1/6/2024) sore, Jokowi bersama rombongan direncanakan main bola di Lapangan Rembiga Kota Mataram. Di Kota Mataram, tidak ada agenda resmi Presiden Jokowi. Setelah itu, presiden bersama rombongan kembali ke hotel tempat menginap.

Sementara pada Kamis (2/4/2024), ada empat agenda kunker Jokowi di NTB. Pada pagi hari, Jokowi akan meresmikan proyek Inpres Jalan Daerah ruas Pelabuhan Lembar - Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat. Proyek sepanjang 7,5 kilometer ini dibangun pada 2023 dengan anggaran lebih dari Rp90 miliar.

Setelah itu, Jokowi bertolak ke Kabupaten Sumbawa Barat menggunakan helikopter. Di sana, Jokowi akan meresmikan Bendungan Tiu Suntuk Bendungan Tiu Suntuk yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dalam mendukung ketersediaan air dan ketahanan pangan di NTB.

Bendungan Tiu Suntuk memiliki kapasitas tampungan 55,90 juta m3 dan luas genangan 312,09 Ha. Bendungan Tiu Suntuk nantinya akan mampu menyuplai air baku sebesar 68 liter/detik dan menyuplai air bagi daerah irigasi seluas 1.900 Ha yang mencakup wilayah Kecamatan Taliwang dan Kecamatan Brang Ene.

Kedua kecamatan tersebut dinilai memiliki lahan pertanian yang cukup luas, namun sebagian besar lahannya sudah mengalami penurunan kinerja karena kekurangan suplai air. Dari Sumbawa Barat, kemudian melanjutkan kunker ke Kabupaten Sumbawa.

Jokowi akan meninjau Pasar Seketeng Sumbawa. Dengan agenda penyerahan bantuan modal dan bantuan langsubg tunai kepada pedagang. Kemudian Jokowi juga akan melakukan panen raya jagung di Samota Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga: 13 Kloter CJH NTB Siap Diberangkatkan, Jemaah Tertua Berusia Satu Abad

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya