Rute Senggigi-Padangbai Dibuka, Kini Bali-Lombok Ditempuh 1 Jam Saja

Alternatif bagi wisatawan berkunjung ke Lombok Barat

Lombok Barat, IDN Times - Rute kapal cepat dari Pelabuhan Senggigi Lombok Barat - Pelabuhan Padangbai, Bali akhirnya resmi dibuka, Kamis (23/6/2022). Rute ini dilayani kapal cepat Eka Jaya setiap hari.

Pembukaan layanan kapal cepat Senggigi - Padangbai dilepas langsung Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid. Dengan dibukanya penyeberangan kapal cepat Senggigi - Padabgbai, kini Bali dan Lombok ditempuh selama 1 jam 10 menit. Sedangkan jika menggunakan kapal ferry dari Pelabuhan Lembar - Padangbai, jarak tempuhnya sekitar 4 jam.

1. Alternatif bagi wisatawan

Rute Senggigi-Padangbai Dibuka, Kini Bali-Lombok Ditempuh 1 Jam SajaKapal cepat Eka Jaya (Dok. Prokopim Lombok Barat)

Fauzan mengatakan dengan beroperasinya kapal cepat Eka Jaya setiap hari dengan waktu yang lebih cepat yakni sekitar 1 jam 10 menit diharapkan dapat memberikan alternatif baru bagi wisatawan untuk berkunjung ke Lombok Barat.

Selain itu juga merupakan upaya untuk mempercepat pengembangan pariwisata di Kabupaten Lombok Barat khususnya Senggigi dan destinasi lainnya dengan semakin ramainya pengunjung.

"Alhamdulillah ini surprise dari Eka Jaya membuka jalur kapal cepat dari Senggigi- Padangbai, Padangbai - Senggigi," kata Fauzan.

Baca Juga: Polisi Buru Mafia TKI NTB yang Menjadi Korban Kapal Tenggelam di Batam

2. Proses izin kapal cepat Gili Gde Sekotong - Nusa Penida

Rute Senggigi-Padangbai Dibuka, Kini Bali-Lombok Ditempuh 1 Jam SajaBupati Lombok Barat Fauzan Khalid. (Dok. IDN Times)

Selain membuka rute penyeberangan kapal cepat Senggigi -Padangbai kata Fauzan juga sedang diproses izin untuk rute kapal cepat Gili Gde Sekotong Lombok Barat - Nusa Penida Bali. Saat ini, kata Fauzan sedang diproses perizinannya.

"Untuk penyebrangan Gili Gde - Nusa Penida izinnya sedang diproses. Mudah-mudahan ini berkelanjutan dan Senggigi lebih ramai termasuk wisata yang ada di Lombok Barat," harapnya.

3. Terobosan mengembangkan sektor pariwisata Lombok Barat

Rute Senggigi-Padangbai Dibuka, Kini Bali-Lombok Ditempuh 1 Jam SajaPotret Pantai Senggigi (instagram.com/lombokhitz)

Sebelumnya, Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid mengajak rombongan Forkopimda, General Manajer (GM) hotel, Asisten I dan para OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Barat mencoba jalur kapal cepat yang menghubungkan Senggigi Kabupaten Lombok Barat dengan Nusa Penida Kabupaten Klungkung, Bali.

Uji coba jalur cepat ini dimulai dari Dermaga Pelabuhan Senggigi menuju Gili Gede, Sekotong kemudian ke Nusa Penida, Provinsi Bali. Selanjutnya dari Nusa Penida Bali kembali ke Pelabuhan Lembar, Sabtu (11/6/2022) lalu. Ia mengatakam pembukaan rute ini sebagai upaya untuk mempercepat pengembangan pariwisata di Kabupaten Lombok Barat.

Dengan adanya rute baru ini, kata Fauzan, pariwisata Lombok Barat khususnya wilayah Sekotong dan Senggigi dapat berkembang dengan cepat. Rute ini dikatakannya, sebagai terobosan baru yang dilakukan Dinas Pariwisata Lombok Barat untuk terus memgembangkan pariwisata yang ada di Lombok Barat.

“Ini salah satu upaya dan terobosan kami agar Pariwisata Lombok Barat terus berkembang dan maju,” ujarnya.

Tidak hanya itu, ia juga berharap pembukaan rute kapal cepat dari Bali menuju Lombok Barat ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Dengan adanya akses masuk dari Bali ke Lombok Barat dengan waktu yang lebih cepat yakni sekitar 1 jam 10 menit dapat memberikan alternatif baru bagi wisatawan untuk berkunjung ke Lombok Barat.

“Kita berharap pembukaan trayek baru ini akan meningkatkan jumlah wisatawan berkunjung ke Lombok Barat sehingga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat dan sektor lain di Lombok Barat," pungkas Fauzan.

Baca Juga: Hamil Muda dan Sakit, Dua Jemaah dari NTB Gagal Berangkat Haji 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya