Ruas Jalan Lembar - Pelabuhan Gili Mas Ditargetkan Mulus Akhir 2023 

Disiapkan anggaran sekitar Rp91 miliar

Mataram, IDN Times - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) NTB memastikan perbaikan ruas jalan Lembar - Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat masuk dalam penanganan Inpres Jalan Daerah 2023. Jalan yang menjadi jalur logistik dan pariwisata sepanjang 7,5 kilometer itu ditargetkan bakal kembali mulus pada akhir 2023.

"Saya ditelepon beberapa orang. Memang rusaknya parah banget. Tapi insyaallah, itu masuk dalam penanganan Inpres Jalan Daerah," kata Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah dikonfirmasi di Mataram, Sabtu (27/5/2023).

1. Perbaikan menunggu revisi DIPA Balai Jalan Nasional

Ruas Jalan Lembar - Pelabuhan Gili Mas Ditargetkan Mulus Akhir 2023 Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah. (dok. Dinas PUPR NTB)

Ridwan menjelaskan penanganan jalan yang rusak parah di ruas Pelabuhan Lembar - Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat, tinggal menunggu revisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) NTB.
Pasalnya, ruas jalan provinsi itu akan ditangani Kementerian PUPR melalui BPJN NTB.

"Revisi DIPA di dalam bulan Juni ini selesai. Setelah itu mereka bekerja, insyaallah akhir tahun sudah selesai dikerjakan," ucap Ridwan.

Baca Juga: Gubernur Mutasi 8 Pejabat Eselon II, Kepala Disnakeswan NTB Diganti 

2. Ruas jalan rusak parah yang prioritas ditangani tahun 2023

Ruas Jalan Lembar - Pelabuhan Gili Mas Ditargetkan Mulus Akhir 2023 Ruas jalan Lembar - Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat yang rusak parah. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mantan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB ini menyebutkan ada empat ruas jalan rusak parah yang prioritas ditangani Kementerian PUPR melalui Inpres Jalan Daerah pada 2023. Yakni, ruas jalan Lembar - Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat sepanjang 7,5 km dengan anggaran sebesar Rp91 miliar.

Kemudian, ruas jalan Wilamaci - Karumbu dan ruas Karumbu - Sape di Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima dengan anggaran sebesar Rp92 miliar. Serta, ruas jalan di daerah Samota Kabupaten Sumbawa dengan anggaran sebesar Rp176 miliar.

3. NTB usulkan anggaran Rp1,5 triliun

Ruas Jalan Lembar - Pelabuhan Gili Mas Ditargetkan Mulus Akhir 2023 Tampak depan Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Lombok Barat. (IDN Times/Linggauni)

Ridwan menyebutkan Gubernur dan 10 Bupati/Walikota mengusulkan anggaran sekitar Rp1,5 triliun untuk perbaikan jalan rusak parah di NTB. Baik jalan provinsi maupun jalan kabupaten/kota. Beberapa waktu lalu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah bersama 10 kepala daerah menemui Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk menyampaikan usulan penanganan infrastruktur jalan.

Kementerian PUPR membuka pintu bagi Pemda untuk penanganan jalan yang rusak parah melalui Inpres Jalan Daerah. Pemprov NTB sudah mengusulkan ruas-ruas jalan rusak parah yang belum ditangani, begitu juga Pemda kabupaten/kota.

"Total usulan kita dari provinsi hampir Rp500 miliar, usulan dari kabupaten /kota rata-rata Rp100 miliar. Sehingga totalnya sekitar Rp1,5 triliun," sebut Ridwan.

Baca Juga: Ditawarkan Pemerintah Pusat, ASN Pemprov NTB Ogah Pindah ke IKN  

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya