Rohmi Jawab Isu Patriarki dan Dukungan TGB di Pilgub NTB 2024

Patahkan isu patriarki dengan maju sebagai Cagub NTB

Mataram, IDN Times - Calon Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah merespons isu patriarki dan arah dukungan Tuan Guru Bajang (TGB) M. Zainul Majdi di Pilgub NTB 2024. Rohmi mengatakan isu patriarki akan dipatahkan dengan maju sebagai Cagub NTB.

"Justru bagi saya, isu patriarki itu saya patahkan dengan majunya saya di Pilkada NTB 2024. Saya ingin memberi harapan kepada seluruh masyarakat NTB bahwa perempuan memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun NTB. Perempuan bisa memberikan kontribusi terbaiknya," kata Rohmi saat memberikan keterangan pers usai mendaftar di KPU NTB, Rabu (28/8/2024) sore.

1. Janji perjuangkan hak perempuan, anak dan disabilitas

Rohmi Jawab Isu Patriarki dan Dukungan TGB di Pilgub NTB 2024Belasan ribu pendukung mengantar Rohmi-Firin mendaftar ke KPU NTB, Rabu (28/8/2024). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Rohmi berharap dengan maju sebagai Calon Gubernur NTB, bisa memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh perempuan di NTB untuk memberikan yang terbaik bagi daerah. Ia pun berjanji akan memperjuangkan hak perempuan, anak dan penyandang disabilitas jika diberikan amanah memimpin NTB lima tahun ke depan.

"Seperti saya, bisa menjadi Calon Gubernur NTB. Mudah-mudahan ini memberikan semangat kepada seluruh perempuan NTB untuk termotivasi memberikan yang terbaik bagi NTB," harapnya.

Baca Juga: Pasangan Rohmi-Firin Daftar ke KPU NTB Diiringi Musik Kecimol

2. Dukungan TGB

Rohmi Jawab Isu Patriarki dan Dukungan TGB di Pilgub NTB 2024Belasan ribu pendukung mengantar Rohmi-Firin mendaftar ke KPU NTB, Rabu (28/8/2024). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Terkait dukungan TGB pada Pilgub NTB 2024, Wakil Gubernur NTB 2018-2023 ini menyatakan bahwa TGB adalah adiknya. Rohmi juga mengaku sudah meminta restu kepada TGB untuk maju di Pilgub NTB 2024.

"Jadi, sudah bisa diterjemahkan sendiri," kata Ketua Dewan Pertimbangan DPW Perindo NTB ini.

Rohmi mengaku lebih optimistis menatap Pilgub NTB 2024 dibandingkan Pilgub 2018. Apalagi pada Pilgub 2024, dia menjadi Calon Gubernur. Sedangkan pada Pilgub 2018, dia menjadi Calon Wakil Gubernur mendampingi Zulkieflimansyah.

3. Janji lakukan keberlanjutan pembangunan

Rohmi Jawab Isu Patriarki dan Dukungan TGB di Pilgub NTB 2024Bakal calon gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Rohmi menegaskan pasangan Rohmi-Firin akan tetap melanjutkan pembangunan yang sudah baik dan memperbaiki program yang kurang pada periode 2018-2023. Ia mengatakan keberlanjutan pembangunan cukup penting untuk limantahun ke depan.

"Bukan berarti apa yang sudah dilakukan lima tahun tidak dilanjutkan. Apa yang bagus saya pastikan Rohmi-Firin akan lanjutkan. Tapi kalau ada hal-hal yang kurang itulah kita perbaiki," terangnya.

Ia mengaku sudah memiliki chemistry dengan Musyafirin. Sehingga keduanya akan membangun NTB dengan kebersamaan jika memenangkan Pilgub NTB 2024. Ditambahkan, pasangan Rohmi-Firin juga bertekad membangun NTB tanpa merusak lingkungan.

"Kalau bicara proyek kereta gantung Rinjani yang perlu diyakinkan adalah Amdalnya. Saya harus pelajari betul Amdalnya," tandas Rohmi.

Baca Juga: Diantar Belasan Ribu Pendukung, Pasangan Zul-Uhel Daftar ke KPU NTB 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya