Rohmi-Firin Optimistis Dapat Rekomendasi PKB di Pilgub NTB 2024 

Tinggal PKB dan Golkar belum putuskan dukungan di Pilgub NTB

Mataram, IDN Times - Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah - W. Musyafirin alias Rohmi-Firin optimistis mendapatkan rekomendasi dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Pilgub 2024. Saat ini, pasangan Rohmi-Firin mengantongi dukungan dari Partai Perindo, PDIP dan PBB.

Dari tiga parpol tersebut, Rohmi-Firin baru mengantongi dukungan sebanyak 9 kursi dari persyaratan minimal 13 kursi untuk mendaftar ke KPU. Jika rekomendasi dukungan dari PKB diperoleh, maka syarat tiket maju Pilgub NTB 2024 akan mencukupi yaitu sebanyak 14 kursi.

"Kalau PBB sudah, tinggal PKB. Insyaallah kita menunggu keputusan PKB. Yang pasti mekanisme sudah dijalankan semua," kata Juru Bicara Pasangan Rohmi-Firin, M. Samsul Qomar dikonfirmasi IDN Times, Sabtu (27/7/2024).

1. Optimistis penuhi syarat dukungan 20 persen

Rohmi-Firin Optimistis Dapat Rekomendasi PKB di Pilgub NTB 2024 Wakil Ketua DPW Partai Perindo NTB M. Samsul Qomar. (dok. Istimewa)

Qomar mengatakan apa yang menjadi persyaratan dari PKB sudah dilalui. Seperti ikut penjaringan calon kepala daerah di DPW PKB NTB hingga DPP PKB.

"Dan semua dilengkapi termasuk hasil survei dan lain-lain. Kita opitmis mencukupi syarat 20 persen," tambahnya.

Qomar menyebutkan elektabilitas Rohmi-Firin dilaporkan terus mengalami peningkatan signifikan di berbagai wilayah.

Berdasarkan bocoran survei dari salah satu lembaga kredibel, pasangan ini mencatat kenaikan elektabilitas sebesar satu digit di wilayah Lombok Barat, Mataram, dan Lombok Utara.

Serta mencapai lebih dari 60 persen di Lombok Timur. Begitu juga di Pulau Sumbawa, tren positif peningkatan elektabilitas juga terlihat.

"Berdasarkan survei, Rohmi-Firin semakin melesat naik di berbagai wilayah, khususnya di Lombok Timur yang mencapai lebih dari 60 persen. Detail hasil survei nanti akan dirilis secara resmi," ujar Qomar.

Baca Juga: Realisasi KUR di NTB Menembus Rp2,8 Triliun

2. Jalin komunikasi dengan partai lain

Rohmi-Firin Optimistis Dapat Rekomendasi PKB di Pilgub NTB 2024 Baliho Rohmi - Firin. (dok. Istimewa)

Wakil Ketua DPW Partai Perindo NTB ini menambahkan segala sesuatunya dapat berubah hingga hari pendaftaran pada 27 Agustus mendatang. Untuk itu, pihaknya tetap berkomunikasi dengan parpol lain.

"Kami meyakini partai-partai akan mengusung calon berdasarkan data survei mereka, basis data, basis massa, serta basis logistik," ujarnya.

Qomar menyatakan pihaknya masih menjalin komunikasi intensif dengan partai lain seperti Golkar, Nasdem, bahkan Gerindra, dan Demokrat. Apalagi, elektabilitas pasangan Rohmi-Firin semakin meningkat.

3. Tinggal PKB dan Golkar belum mengeluarkan rekomendasi dukungan

Rohmi-Firin Optimistis Dapat Rekomendasi PKB di Pilgub NTB 2024 Bendera partai politik di Kantor KPU NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Saat ini, tinggal PKB dan Golkar yang belum mengeluarkan rekomendasi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yang diusung pada Pilgub 2024. Sebelumnya, PPP telah mengeluarkan rekomendasi dukungan kepada pasangan Lalu Muhamad Iqbal dan Indah Dhamayanti Putri alias Iqbal-Dinda.

Untuk dapat mengusung pasangan Cagub dan Cawagub pada Pilgub NTB 2024, minimal mendapat dukungan parpol sebanyak 13 kursi di DPRD NTB.

Adapun perolehan kursi parpol di DPRD NTB berdasarkan hasil Pileg 2024, yaitu Golkar 10 kursi, Gerindra 10 kursi, PKS 8 kursi, PPP 7 kursi, Demokrat 6 kursi, PKB 5 kursi, Nasdem 5 kursi, PAN 4 kursi, PDIP 4 kursi, Perindo 3 kursi, PBB 2 kursi dan Hanura 1 kursi.

Baru dua pasangan Cagub dan Cawagub telah mengantongi tiket untuk maju Pilgub NTB 2024. Yaitu, pasangan Iqbal-Dinda yang diusung Partai Gerindra, PPP dan PAN. Kemudian pasangan Zulkieflimansyah dan Suhaili FT alias Zul-Uhel yang diusung PKS, Hanura, Nasdem dan Demokrat.

Baca Juga: KPU NTB Bantah Ada Joki Pantarlih pada Proses Coklit Data Pemilih

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya