Rohmi-Firin Diusung PKB, Tiga Pasangan Kantongi Tiket Maju Pilgub NTB

PKB ungkap pertimbangan mendukung Rohmi-Firin di Pilgub NTB

Mataram, IDN Times - DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memutuskan mengusung pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah - W. Musyafirin alias Rohmi-Firin di Pilgub 2024. Penyerahan SK dukungan PKB diserahkan Wakil Ketua Umum PKB Jazirul Fawaid kepada pasangan Rohmi-Firin di Jakarta, Jumat (2/8/2024).

Dengan adanya dukungan PKB, pasangan Rohmi-Firin telah mencukupi syarat untuk maju di Pilgub NTB 2024. Pasangan Rohmi-Firin diusung PDIP, Perindo, PBB dan PKB yang memiliki 14 kursi di DPRD NTB. Sehingga, sebanyak tiga pasangan Bacagub dan Bacawagub dipastikan telah mendapatkan tiket untuk maju di Pilgub NTB 2024.

1. PKB sebut Rohmi-Firin perpaduan sempurna

Rohmi-Firin Diusung PKB, Tiga Pasangan Kantongi Tiket Maju Pilgub NTBBakal pasangan calon Gubernur NTB, Rohmi Firin (dok. Istimewa)

Ketua DPW PKB NTB Lalu Hadrian Irfani, Jumat (2/8/2024) mengatakan partai pimpinan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin resmi mengumumkan dukungan kepada pasangan Rohmi-Firin pada Pilgub NTB 2024. Ia menyebut dukungan PKB sudah final dalam bentuk Surat Keputusan B1KWK.

Dukungan itu diberikan setelah melalui pertimbangan yang mendalam dan melihat tren kenaikan survei pasangan Rohmi-Firin. Hadrian mengatakan partainya melihat pasangan Rohmi-Firin merupakan perpaduan yang sempurna.

"Buk Rohmi memiliki karakter kuat sebagai tokoh perempuan yang terbukti mengawal pembangunan NTB selama lima tahun sebelumnya. Kemudian pak Musyafirin tokoh di Pulau Sumbawa yang sudah tidak kita ragukan lagi kemampuannua mengurus daerah," kata Hadrian.

Baca Juga: Survei Pilgub NTB: Zul-Uhel Teratas, Rohmi-Firin Ungguli Iqbal-Dinda

2. Pertimbangan PKB mendukung Rohmi-Firin

Rohmi-Firin Diusung PKB, Tiga Pasangan Kantongi Tiket Maju Pilgub NTBBakal calon Gubernur NTB, Siti Rohmi Djalilah (Screenshot Video/Istimewa)

Selain itu, DPP PKB melihat survei internal dan mengamati survei-survei yang dilakukan parpol lain. Sehingga, itu menjadi pertimbangan PKB mengusung pasangan Rohmi-Firin di Pilgub NTB 2024.

"Kemudian kegigihan beliau berdua berkomunikasi dengan PKB menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan," tambahnya.

Hadrian menjelaskan semua pasangan Bacagub dan Bacawagub NTB yang mendaftar di PKB dipertimbangkan dalam mengambil keputusan. Pada akhirnya, DPP PKB mengambil keputusan untuk mengusung Rohmi-Firin.

"Pada akhirnya kemarin malam, Ketua Umum mengambil keputusan menyakini bahwa pasangan ini akan memenangkan Pilgub NTB pada bulan November nanti," ujarnya optimis.

3. Perpaduan dua kekuatan ormas Islam di NTB

Rohmi-Firin Diusung PKB, Tiga Pasangan Kantongi Tiket Maju Pilgub NTBBupati KSB Musyafirin saat bertemu eks Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah. (dok. Istimewa)

Hadrian menambahkan bahwa dukungan kepada pasangan Rohmi-Firin sudah final. Dukungan yang diserahkan berupa Surat Keputusan B1KWK. Sehingga tinggal menunggu pendaftaran ke KPU NTB pada 27 Agustus mendatang.

Dikatakan, pasangan Rohmi-Firin merupakan perpaduan dua kekuatan ormas Islam terbesar di NTB yaitu Nahdlatul Ulama (NU) dan Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI). Rohmi sendiri merupakan representasi dari NWDI, sedangkan Musyafirin mewakili NU.

"Kami PKB akan menginstruksikan seluruh kekuatan anak ranting sampai DPW, seluruh kader, anggota Fraksi PKB yang terpilih menjadi anggota DPR untuk bergerak, mesin-mesin partai masih hangat," kata Ketua Komisi V DPRD NTB ini.

Saat ini, tinggal Partai Golkar yang belum mengeluarkan keputusan terkait Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yang diusung pada Pilgub 2024. Golkar merupakan parpol pemenang Pemilu di NTB dengan perolehan 10 kursi di DPRD NTB pada Pileg 2024.

Dua pasangan lainnya yang telah mengantongi tiket untuk maju Pilgub NTB 2024 yaitu, pasangan Iqbal-Dinda yang diusung Partai Gerindra, PPP dan PAN. Kemudian pasangan Zulkieflimansyah dan Suhaili FT aliaa Zul-Uhel yang diusung PKS, Hanura, Nasdem dan Demokrat.

Sedangkan pasangan Lalu Gita Ariadi - Sukiman Azmy alias Gasman belum mendapatkan dukungan dari parpol.

Eks Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi sendiri telah mendapatkan penugasan dari DPP Partai Golkar bersama tiga kader Golkar yaitu Mohan Roliskana, Suhaili FT dan Indah Dhamayanti Putri.

Namun, hingga saat ini, DPP Golkar belum mengeluarkan keputusan terkait Bakal Calon Gubernur NTB yang diusung pada Pilgub 2024.

Baca Juga: Langgar Netralitas, Sekda NTB Diminta Cuti atau Mundur dari ASN

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya