Ribuan NI PPPK Guru Pemprov NTB 2022 Belum Ditetapkan BKN 

BKD NTB beberkan penyebabnya

Mataram, IDN Times - Ribuan Nomor Induk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (NI PPPK) Guru Pemprov NTB yang lulus seleksi pada rekrutmen tahun 2022, belum ditetapkan Badan Kepagawaian Negara (BKN). Berdasarkan data BKN Kantor Regional (Kanreg) IX Denpasar per 17 Juni 2023, Pemprov NTB mengajukan usulan penetapan NI PPPK sebanyak 2.323 orang.

Dari jumlah usulan tersebut baru ditetapkan sebanyak 358 NI PPPK guru . Sebanyak 25 Berkas Tidak Sesuai atau berkas usulan untuk NI PPPK tidak sesuai dengan ketentuan. Artinya, baru 15 persen usulan NI PPPK guru Pemprov NTB yang sudah ditetapkan BKN. Sementara ribuan NI PPPK guru honorer Pemprov NTB 2022 belum ditetapkan BKN.

1. BKD NTB sebut tenaga BKN Kanreg IX Denpasar terbatas

Ribuan NI PPPK Guru Pemprov NTB 2022 Belum Ditetapkan BKN Kepala Bidang Informasi Kepegawaian BKD NTB Samsul Buhari (Dok. BKD NTB)

Kepala Bidang Informasi Kepegawaian BKD NTB Samsul Buhari menjelaskan penyebab masih sedikitnya NI PPPK guru yang ditetapkan BKN. Dikatakan, usulan penetapan NI PPPK Guru 2022 diverifikasi oleh BKN Kanreg IX Denpasar.

BKN Kanreg IX Denpasar melakukan verifikasi usulan penetapan NI PPPK Guru dari tiga provinsi, yaitu Bali, NTB dan NTT termasuk Pemda kabupaten/kota. "Karena memang persoalan di sana, tenaganya kurang. Dan se-wilayah tingkat timur banyak pengajuan, itu saja. Kalau ada masalah pasti ada konfirmasi ke saya," kata Samsul dikonfirmasi di Mataram, Rabu (21/6/2023).

Baca Juga: Dua Jemaah Haji Asal NTB Meninggal di Arab Saudi 

2. Klaim tidak ada masalah

Ribuan NI PPPK Guru Pemprov NTB 2022 Belum Ditetapkan BKN Ilustrasi guru honorer Indonesia (Dok/Instagram @pppk.indonesia)

Samsul mengklaim tidak ada masalah terkait persyaratan administrasi pengusulan NI PPPK sebanyak 2.323 guru honorer yang lulus seleksi pada 2022. Dia mengatakan penetapan NI PPPK Guru 2022 sedang berproses di BKN Kanreg IX Denpasar.

"Jadi kalau di NTB, belum ada masalah. Tidak ada laporan, ini harus diganti datanya dan lain-lain, sementara ini belum ada. Artinya administrasi untuk pengajuan ini sedang berproses," terangnya.

Masih sedikitnya NI PPPK Guru Pemprov NTB yang sudah ditetapkan BKN karena harus dilakukan verifikasi. Pemprov NTB sendiri paling banyak usulan NI PPP Guru tahun 2022, yaitu sebanyak 2.323 orang. Sementara kabupaten/kota di NTB hanya ratusan usulan NI PPPK Guru 2022.

3. Penyebab usulan NI PPPK berkurang dari guru yang lulus seleksi

Ribuan NI PPPK Guru Pemprov NTB 2022 Belum Ditetapkan BKN Ilustrasi seleksi PPPK (IDN Times/Musthofa Aldo)

Samsul juga menjelaskan penyebab berkurangnya jumlah guru yang diusulkan penetapan NI PPPK. Sebagaibagaiaman diketahui, jumlah guru honorer Pemprov NTB yang lulus menjadi PPPK sebanyak 2.329 orang. Tetapi, jumlah yang diusulkan mendapatkan NI PPPK sebanyak 2.323 orang.

Penyebabnya, kata Samsul, ada yang mundur dan tidak sesuai legalitas."Ketika dia tidak cocok, dengan aturan terakhir dari Mendikbud yang menyebutkan pendidikan apa untuk legalitas. Itu akhirnya yang jadi masalah. Banyak juga kan yang gagal penempatan. Makanya guru ini krusial," tandas Samsul.

Baca Juga: Lowongan 1 Juta ASN 2023, Dikbud NTB Usulkan 1.200 Formasi Guru PPPK 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya