Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 Dibuka Maret, ini Penjelasan BKD NTB! 

Kuota CPNS dan PPPK diperkirakan keluar Juni mendatang

Mataram, IDN Times - Beredar informasi pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dibuka bulan Maret 2024. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB menjelaakan bahwa sampai saat ini pemerintah daerah belum mendapatkan kuota CPNS dan PPPK 2024 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Kepala BKD NTB Muhammad Nasir mengatakan Pemprov telah mengusulkan sebanyak 500 formasi CPNS dan PPPK tahun 2024. Berkaca dari tahun sebelumnya, diperkirakan kuota CPNS dan PPPK untuk masing-masing pemerintah daerah akan keluar pada Juni - Juli mendatang.

"Maret itu masih perencanaan. Pelaksanaannya nanti sampai Desember. Pemerintah Pusat masih menghimpun semua usulan dari pemerintah daerah," terang Nasir dikonfirmasi di Mataram, Kamis (29/2/2024).

1. Kuota CPNS dan PPPK belum keluar

Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 Dibuka Maret, ini Penjelasan BKD NTB! ilustrasi ASN

Nasir menjelaskan sampai akhir Februari 2024, kuota CPNS dan PPPK untuk masing-masing Pemda belum keluar dari Kemen PAN-RB. Biasanya, Pemda akan diundang untuk menerima kuota CPNS dan PPPK oleh Kemen PAN-RB.

"Jadi setelah itu ditetapkan berapa kuota yang diberikan masing-masing daerah. Setelah ada penetapan baru kita umumkan penerimaan CPNS dan PPPK tahun 2024. Biasanya bulan Juni - Juli kita dikasih kuotanya berkaca dari tahun sebelumnya," tutur Nasir.

Baca Juga: Ribuan PPPK Pemprov NTB Hasil Rekrutmen 2023 Terima Gaji Mulai April

2. Hanya usulkan 500 formasi karena persoalan anggaran

Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 Dibuka Maret, ini Penjelasan BKD NTB! Kepala BKD NTB Muhammad Nasir. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Nasir menyebutkan Pemprov NTB hanya mengusulkan sebanyak 500 formasi CPNS dan PPPK tahun 2024 akibat kekurangan anggaran. Padahal, berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja (Anjab dan ABK), Pemprov NTB masih kekurangan sebanyak 2.232 Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dari 500 formasi yang diusulkan, sebanyak 60 persen untuk PPPK dan 40 persen CPNS. Ia menyebut anggaran yang dibutuhkan untuk pembayaran gaji sebanyak 500 formasi CPNS dan PPPK 2024 mencapai Rp26 miliar setahun.

Sehingga, meskipun pemerintah pusat membuka lowongan 2,3 juta CPNS dan PPPK 2024, tetapi kemampuan Pemprov NTB untuk pembayaran gaji pegawai hanya untuk penambahan 500 formasi CPNS dan PPPK.

3. Kekurangan 2.232 PNS

Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 Dibuka Maret, ini Penjelasan BKD NTB! Infografis PNS vs. Swasta (IDN Times/Aditya Pratama)

Berdasarkan hasil Anjab dan ABK, Pemprov NTB kekurangan sebanyak 2.232 PNS yang tersebar di seluruh perangkat daerah. Pemprov NTB akan lebih banyak mengusulkan formasi CPNS untuk tenaga bidang informasi dan teknologi (IT).

Hal ini sejalan dengan target pemerintah yang menghadirkan birokrasi bertaraf dunia dan NTB Emas 2045. Sehingga untuk formasi CPNS, akan banyak tenaga IT yang diusulkan.

Pemerintah telah mengumumkan rekrutmen 2,3 juta calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024. Terdiri dari 690 ribu formasi CPNS dan 1,6 juta formasi PPPK.

Baca Juga: Dugaan Kecurangan di Sekotong, Gerindra NTB Serahkan Bukti Satu Kardus

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya