Rekrutmen 2,3 Juta ASN, NTB Bakal Buka Lowongan Lulusan SMP dan SMA

30 persen tenaga honorer Pemprov NTB lulusan SMP dan SMA

Mataram, IDN Times - Pemerintah Pusat telah mengumumkan rekrutmen 2,3 juta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024. Terdiri dari 690 ribu formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 1,6 juta formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB Muhammad Nasir menjelaskan pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) terkait percepatan usulan formasi CPNS dan PPPK 2024. Pemda diberikan tenggat waktu sampai 31 Januari 2024 untuk menyampaikan usulan formasi ke Kemen PAN-RB.

Nasir menjelaskan ada yang berbeda dalam rekrutmen CPNS dan PPPK 2024. Di mana, pemerintah membuka lowongan untuk lulusan SMP dan SMA sederajat.

"Sekarang ini diberikan ruang untuk tamatan SMA dan SMP lewat formasi PPPK. Persyaratannya kita turunkan, selain lulusan S1, ada juga untuk lukusan SMA dan SMP. Itu arahannya kemarin," ungkap Nasir dikonfirmasi di Mataram, Kamis (11/1/2024).

1. Ada 12.000 tenaga honorer, 30 persen lulusan SMP dan SMA

Rekrutmen 2,3 Juta ASN, NTB Bakal Buka Lowongan Lulusan SMP dan SMATenaga honorer yang lulus menjadi PPPK Pemprov NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Nasir menjelaskan tahun ini, Pemprov NTB akan membuka lowongan untuk lulusan SMP dan SMA sederajat. Pihaknya akan melihat database tenaga honorer lingkup Pemprov NTB.

Berdasarkan pendataan tenaga honorer atau non ASN yang dilakukan beberapa tahun lalu, jumlah tenaga honorer sebanyak 15.000 orang lebih. Namun, sekarang sekitar 3.000 orang telah lulus menjadi PPPK. Sehingga tenaga honorer yang tersisa sekitar 12.000 orang lebih.

Dari 12.000 tenaga honorer lingkup Pemprov NTB, sekitar 30 persen merupakan lulusan SMP dan SMA bahkan SD. Ia menyebut, tenaga honorer yang lulusan SMP dan SMA rata-rata di bagian Tata Usaha (TU) jenjang pendidikan SMA/SMK dan SLB yang berada di bawah Dinas Dikbud NTB.

"Ada jabatan tertentu yang lulusan SMA dan SMP. Makanya saya minta kepada Biro Organisasi pilahkan jabatan tertentu yang bisa diikuti tamatan SMA dan SMP," ucap Nasir.

Baca Juga: Pembangunan Proyek Kereta Gantung Rinjani Senilai Rp6 Triliun Molor

2. Usulan formasi CPNS dan PPPK disesuaikan kemampuan keuangan daerah

Rekrutmen 2,3 Juta ASN, NTB Bakal Buka Lowongan Lulusan SMP dan SMAilustrasi APBD (IDN Times/Aditya Pratama)

Nasir mengungkapkan Pemda diminta segera mengajukan usulan formasi CPNS dan PPPK 2024 ke Kemen PAN-RB. Untuk itu, BKD segera berkoordinasi dengan Biro Organisasi, Dinas Kesehatan dan Dinas Dikbud NTB untuk membahas jumlah kebutuhan formasi ASN 2024.

Setelah kebutuhan formasi dari masing-masing OPD disampaikan, maka BKD akan berkomunikasi dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) terkait kemampuan keuangan daerah membayar gaji para ASN yang akan direkrut.

"Kalau gajinya bisa dibayar 5.000 orang maka 5.000 formasi kita ajukan. Kalau kemampuan keuangan hanya 3.000 orang, maka itu kita ajukan," jelasnya.

3. Targetkan usulan formasi CPNS dan PPPK 2024 tuntas sebelum 31 Januari

Rekrutmen 2,3 Juta ASN, NTB Bakal Buka Lowongan Lulusan SMP dan SMAKepala BKD NTB Muhammad Nasir. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Nasir menjelaskan Pemprov NTB akan lebih awal menuntaskan usulan formasi CPNS dan PPPK 2024. Ia menargetkan usulan formasi akan disampaikan sebelum tenggat waktu pada 31 Januari 2024.

"Batas akhir usulan formasi pada 31 Januari 2024. Kalau lebih cepat lebih bagus. Makanya saya lebih awal rapat dulu. Setelah ada masukan dari OPD, mudah-mudahan tanggal 20 Januari ke atas, sudah tuntas," ucapnya.

Pemerintah memberikan kesempatan kerja bagi talenta muda Indonesia dengan membuka formasi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024.

Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menjelaskan bahwa pemerintah akan membuka rekrutmen CASN sebanyak 2,3 juta formasi. Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: NTB Serahkan Donasi Rp2 Miliar untuk Rakyat Palestina di Gaza

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya