Profil Cagub NTB Lalu Iqbal, Orang Praya yang Jadi Diplomat Kemlu

Pernah menjadi Duta Besar RI untuk Turki

Mataram, IDN Times - KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) NTB 2024. Salah satunya adalah bakal pasangan Cagub dan Cawagub NTB Lalu Muhamad Iqbal - Indah Dhamayanti Putri alias Iqbal-Dinda.

Pasangan Iqbal-Dinda diusung 10 partai politik, di antaranya Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gelora, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Prima dan Partai Garuda.

Lalu seperti apa sosok Cagub NTB yang biasa dipanggil Miq Iqbal ini. Berikut IDN Times merangkum riwayat pendidikan dan perjalanan karier mantan Duta Besar RI untuk Turki tersebut.

1. Lahir dari keluarga petani

Profil Cagub NTB Lalu Iqbal, Orang Praya yang Jadi Diplomat KemluBakal calon gubernur NTB, Lalu Iqbal (dok. Istimewa)

Lalu Muhamad Iqbal lahir tahun 1972 di kampung Ketejer, Praya, Lombok Tengah dari keluarga Tuan Guru dan petani. Ayahnya Drs. H. Lalu Ma’ruf Misbah dan Ibunya Ir. Alimah sangat menikmati aktivitas bertani dan lebih senang disebut petani.

Lalu Iqbal memiliki istri bernama Sinta Agathia Soedjoko dan 2 orang anak. Lalu Iqbal menyelesaikan pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Praya Lombok Tengah.

Pada usia 14 tahun, ia memulai perantauan di Pulau Jawa. Lalu Iqbal menyelesaikan studi jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam, Surakarta, Jawa Tengah tahun 1991.

2. Dapat gelar doktor ilmu politik di Universitas Bucharest Romania

Profil Cagub NTB Lalu Iqbal, Orang Praya yang Jadi Diplomat KemluPasangan Iqbal-Dinda saat mendaftar ke KPU NTB, Kamis (29/8/2024). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Setelah itu, Lalu Iqbal melanjutkan studi S-1 Jurusan Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, jurusan Sejarah Universitas Gadjah Mada (UGM) dan jurusan arsitektur Universitas Islam Indonesia.

Kemudian S-2 Hubungan Internasional di Universitas Indonesia. Lalu Iqbal kemudian melanjutkan studi S3 Ilmu Politik dan Kajian Strategis Universitas Bucharest, Romania. Lalu Iqbal juga menyelesaikan beberapa studi non-gelar di Universitas Hiroshima, Jepang, dan Universitas PBB di Tokyo.

3. Telah melanglang buana sebagai diplomat

Profil Cagub NTB Lalu Iqbal, Orang Praya yang Jadi Diplomat KemluIqbal-Dinda mendaftar di KPU NTB, Kamis (29/8/2024). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Lalu Iqbal menjadi diplomat di Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Sebagai diplomat, ia pernah ditempatkan di Romania, Austria dan Turki selain tugas singkat ke 72 negara. Terakhir, Lalu Iqbal menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Republik Turki.

Ia juga pernah menjabat sebagai sherpa Indonesia untuk Nuclear Security Summit atau KTT Keamanan Nuklir. Selain itu, pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Indonesia untuk Badan Tenaga Atom Dunia.

Pernah menerima sejumlah penghargaan antara lain Penghargaan PNS Eselon 2 Terbaik Nasional dari Menpan RB tahun 2018.

Jabatan terakhir Lalu Iqbal sebelum mundur sebagai ASN karena maju Pilgub NTB adalah Staf Khusus Menteri Luar Negeri bidang Infratstruktur Diplomasi merangkap Juru Bicara Kementerian Luar Negeri. Selain itu juga menjadi Ketua Umum Asosiasi Diplomat Indonesia (ADI) 2023-2025.

Baca Juga: Diusung 10 Parpol, Iqbal-Dinda Jalan Kaki 1,7 Km Daftar ke KPU NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya